Simak Contoh Artikel SEO Friendly untuk Penulis Pemula

Mungkin sebagian besar dari Anda masih bertanya-tanya perihal seperti apa contoh artikel SEO friendly yang baik dan efektif agar mendapatkan peringkat teratas. Informasi ini terutama diperlukan oleh penulis atau content writer yang masih pemula.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa penulis artikel di era digital seperti sekarang memang semakin dibutuhkan. Banyak penulis yang ingin berpindah haluan ke platform digital seperti website atau blog guna menghasilkan rupiah.

Kendati demikian, orang yang memiliki kemampuan menulis jika ingin berpindah ke platform website juga tetap perlu beradaptasi. Hal ini karena penulisan konten di halaman situs perlu teknik khusus.

Contoh Artikel SEO Friendly untuk Website Bisnis

Apa lagi kalau bukan Search Engine Optimization alias SEO. Ya, teknik SEO adalah salah satu kunci kesuksesan halaman situs. Bagi Anda yang ingin mendapatkan uang dari internet, maka teknik penulisan artikel dengan SEO wajib dipahami.

Contoh Artikel SEO Friendly untuk Website Bisnis

Website merupakan platform digital berbasis internet yang kerap digunakan oleh berbagai jenis perusahaan untuk merepresentasikan institusinya. Di dalam website terdapat berbagai informasi dalam bentuk teks, gambar, video, infografis, dan sebagainya.

Melalui website, Anda dapat memperkenalkan perusahaan maupun bisnis kepada masyarakat luas. Menggunakan platform ini sebagai alat membangun brand awareness adalah salah satu kegunannya.

Agar mencapai tujuan-tujuan tersebut, contoh artikel SEO friendly mutlak diperlukan. Karena artikel SEO membantu situs web menempati peringkat teratas pada halaman utama mesin pencari.

Mengapa peringkat di mesin pencari menjadi penting? Proyeksikan diri Anda sebagai pengguna internet yang tengah mencari produk kebutuhan. Kemudian, Anda mulai membukan jendela mesin pencari lalu mengetikkan beberapa kata kunci.

Satu detik kemudian, mesin pencari akan menampilkan artikel yang dianggap paling relevan dengan kata kunci dari beberapa website, sebagai contoh jasa penulis artikel. Pertanyaannya adalah, apakah Anda akan menghabiskan waktu untuk mengklik konten di posisi terbawah?

Atau bahkan rela menghabiskan beberapa menit selanjutnya guna membuka halaman kedua? Sebagian besar orang akan memilih menjawab tidak. Deretan teratas pada halaman pertama tadi adalah contoh artikel SEO friendly.

Tulisan-tulisan tersebut dapat menempati rangking teratas karena memiliki kualitas tersendiri di mata mesin pencari serta memberikan informasi relevan sesuai kebutuhan pengguna. Untuk alasan itulah mesin pencari menempatkannya pada posisi teratas.

Maka, teknik SEO sangatlah penting supaya diterapkan pada konten Anda. Karena ini berkaitan langsung dengan penjualan produk dan bisnis online secara keseluruhan.

Artikel Unik dan Tidak Plagiat Menjadi Salah Satu Syarat Artikel SEO Friendly

Setiap karya yang unik tentu memiliki nilai tersendiri di mata para audiens, tidak terkecuali jika berbicara tentang tulisan. Menulis di situs web juga sangat disarankan menampilkan keunikan.

Artikel Unik dan Tidak Plagiat Menjadi Salah Satu Syarat Artikel SEO Friendly

Yang dimaksud unik disini yaitu tulisan Anda bukan merupakan copy paste dari tulisan orang lain. Tindakan copy paste juga disebut dengan plagiat yang tentunya memiliki dampak buruk.

Plagiasi terhadap tulisan dari website lain merupakan tindakan yang menyalahi etika karena mencomot konten pihak lain tanpa izin. Lebih parahnya lagi, plagiat juga sangat berbahaya bagi website Anda sendiri.

Melakukan plagiat berbahaya karena dapat dipandang buruk oleh mesin pencari. Apalagi jika halaman Anda sampai dilaporkan oleh pemilik konten asli. Maka ini bukanlah contoh artikel SEO friendly dan wajib dihindari.

Pastikan Anda selalu menulis konten secara unik tanpa plagiat agar aman dan lebih mendukung teknik optimasi mesin pencari secara optimal. Untuk memastikan keunikan tulisan, Anda dapat menggunakan tools cek plagiarisme secara gratis.

Baca juga tentang ciri artikel SEO Friendly

Tetap Menjaga Kualitas Tulisan Artikel SEO Friendly untuk Pembaca

Jangan biarkan teknik-teknik SEO sebagai alasan yang membuat Anda berhenti menulis dengan kualitas maksimal. Penggunaan kata kunci memang penting untuk konten situs web. Akan tetapi, penempatan secara berlebihan juga tidak akan efektif.

Mesin pencari menggunakan teknologi kecerdasan buatan untuk melakukan perayapan (crawling) terhadap halaman-halaman situs web. Yang perlu Anda ketahui adalah cara kerja kecerdasan buatan tersebut dari tahun ke tahun semakin canggih.

Kecerdasan buatan tersebut dirancang untuk memberikan hasil terbaik bagi pengguna internet yang adalah manusia. Maka, kunci membuat contoh artikel SEO friendly paling tepat yaitu tetap menjaga kualitasnya bagi para pembaca.

Biar bagaimanapun, tulisan yang Anda buat ditujukan untuk manusia sehingga sangat penting untuk memperhatikan kenyamanan mereka ketika membaca artikel. Ketika kualitas artikel Anda mumpuni, pengunjung rela menyediakan waktu untuk menelusuri halaman.

Ini tentu berdampak positif terhadap trafik website Anda. Dalam situs web bisnis, ini juga memberikan pengaruh terhadap kepercayaan konsumen sehingga mereka yakin untuk membeli produk Anda.

Mengkin anda ingin membaca tentang cara mudah menulis artikel agar seo friendly

Tools Periksa Plagiarisme Gratis agar Artikel SEO Friendly

Pada poin sebelumnya, kami telah menjelaskan bahwa contoh artikel SEO friendly yang tepat adalah tidak mengandung plagiarisme. Berikut ini beberapa tools yang dapat dipakai untuk mengecek plagiat secara gratis.

Tools Periksa Plagiarisme Gratis agar Artikel SEO Friendly

1. 1Text.com

Situs cek plagiat ini sangat jamak dipakai oleh para content writer karena dapat menampilkan hasil memuaskan. Di situs ini, Anda dapat mengecek artikel panjang dengan maksimal 1.500 kata.

Ini sangat membantu dalam penulisan konten panjang karena juga bagus bagi peringkat website. Situs 1Text juga mampu melakukan pengecekan grammar serta ejaan pada artikel berbahasa Inggris.

2. Smallseotools.com

SmallSeoTool juga merupakan salah satu tool gratisan untuk mengecek plagiat. Banyak juga penulis yang menggunakan situs ini sebelum menerbitkan artikel mereka ke halaman situs. Disini, Anda dapat mengecek artikel dengan panjang maksimal 1.000 kata.

3. Quetext.com

Content writer biasanya juga tidak asing dengan tool ini. Quetext dapat digunakan untuk mengecek plagiat pada sebuah artikel secara gratis meskipun fiturnya terbatas. Untuk menggunakan fiturnya secara maksimal, Anda dapat berlangganan versi premium.

Penulis artikel untuk situs web tidak hanya dituntut untuk dapat menghasilkan tulisan berkualitas bagi pembaca. Content writer juga perlu memiliki kemampuan dalam teknik optimasi untuk membuat contoh artikel SEO friendly.

Scroll to Top