Cara Mudah Menulis Artikel Agar SEO Friendly

Artikel SEO friendly sangat berpengaruh pada peringkat website di mesin pencarian. Ketentuan tentang penulisan artikel yang SEO friendly itu ternyata tidak sama, terus berubah-ubah mengikuti perkembangan atau pembaruan algoritma google. Kita pasti tahu kriteria artikel yang mendapat peringkat utama di tahun 2012 dan tahun ini berbeda.

Jika dulu, semakin banyak keyword dalam artikel maka peringkat di google semakin tinggi. Nah kini tidak lagi, artikel yang mendapat peringkat utama di mesin pencari google adalah artikel yang berkualitas dengan jumlah keyword yang wajar. Apabila Anda berniat menjadi penulis artikel yang menulis artikel SEO friendly, cara di bawah ini mungkin bisa membantu Anda.

artikel SEO Friendly

Melakukan Riset Kata Kunci

Sebelum mulai menulis artikel SEO, Anda harus melakukan riset kata kunci terlebih dahulu. Di uraian singkat di atas memang dikatakan bahwa banyaknya keyword tidak mempengaruhi peringkat di mesin pencarian. Namun keberadaan keyword masih sangat berarti. Adanya keyword membuat Anda mudah menentukan target pembaca yang diinginkan.

Cara mendapatkan keyword yaitu dengan menggunakan keyword tool yang kini banyak ditemukan di internet. Keyword tool biasanya gratis, yang berbayar adalah keterangan tentang competition, average monthly searchs, suggested bid dan lain sebagainya. Untuk competition, biasanya akan ada keterangan low, medium, high. Ketentuan tersebut bukan menggambarkan mudah tidaknya mendapat peringkat di google, tapi menggambarkan tingkat penawaran iklan pada setiap keyword nya.

Sedangkan average monthly searchs menggambarkan total pencarian dengan keyword tersebut setiap bulannya. Semakin tinggi pencarian, semakin besar peluang Anda untuk mendapatkan pengunjung. Namun website yang menggunakannya juga sangat banyak sehingga pesaing Anda cukup tinggi. Jadi untuk website baru disarankan memilih keyword yang pesaingnya kecil agar lebih mudah mendapatkan pengunjung yang tertarget.

Apabila Anda sudah mendapatkan banyak pengunjung di artikel dengan keyword persaingan kecil tersebut, Anda bisa mencoba keyword yang pesaingnya tinggi karena banyaknya pengunjung di satu artikel itu berpengaruh pada peringkat website sehingga artikel baru yang diposting, peluang mendapatkan peringkat utamanya lebih tinggi dibanding saat belum mendapatkan banyak pengunjung di artikel lain dalam satu website.

Ada juga yang menyarankan untuk menggunakan long tail keyword daripada hanya fokus pada keyword utama. Hal tersebut boleh-boleh saja karena nantinya target pengunjung menjadi lebih banyak. Jadi penggunaan keyword itu sangat berpengaruh pada peringkat artikel Anda di mesin pencari. Carilah keyword yang tepat untuk website Anda dahulu sebelum memulai menulis artikel SEO. Jika sudah mendapatkan keyword yang tepat, kita lanjut ke cara mudah menulis artikel yang SEO friendly.

Baca juga tentang cara mendapatkan uang dari menulis artikel di internet

Cara Menulis Artikel SEO

Bagi Anda yang sedang belajar menulis artikel SEO, simak langkah-langkah di bawah ini.

  • Berpikir sebelum menulis

Membuat artikel SEO tidak sembarangan, Anda tetap harus memikirkan inti dari artikel yang Anda tulis, apa poin utama yang ingin Anda sampaikan pada pembaca dan tujuan penulisan artikel. Dengan memikirkan hal ini, artikel yang ditulis nanti jelas tujuannya dan tidak melebar penjelasannya.

  • Membuat struktur tulisan

Struktur yang dimaksud adalah pengantar, isi dan penutup. Buatlah kerangka atau inti yang akan Anda tuliskan di ketiga bagian tersebut. Memang ada yang berpendapat bahwa menulis itu dibiarkan mengalir apa adanya, tidak perlu dibuat kerangka. Hal ini boleh juga, tapi lebih mudah jika dibuat kerangka tulisan jadi yang akan Anda bahas jelas, tidak merembet kemana-mana.

  • Memaksimalkan tulisan tiap paragraf

Cara menulis artikel SEO selanjutnya adalah dengan memaksimalkan tulisan di tiap paragrafnya. Terlalu banyak kalimat dalam paragraf pasti membuat pembaca agak kesulitan dan kadang malas juga untuk membaca, sedangkan terlalu sedikit kalimat rasanya kurang pas. Jadi sebaiknya tidak menuliskan kata terlalu sedikit dan terlalu berlebihan, secukupunya saja.

  • Menggunakan sub heading

Sub heading tidak hanya meningkatkan keterbacaan, tapi juga membantu Google memahami topik utama dari sebuah artikel khususnya artikel yang panjang jadi sangat membantu menaikkan peringkat Anda di mesin pencari. Akan lebih maksimal lagi jika Anda menggunakan kata kunci di sub heading.

  • Mencantumkan kata kunci secara merata

Saat menulis, jangan lupa juga untuk mencantumkan kata kunci. Namun ingat jangan berlebihan dan harus merata. Pastikan juga kata kunci terlihat serasi dengan kata lainnya sehingga tulisan terlihat natural dan nyaman dibaca.

  • Meminta orang lain membaca artikel Anda

Setelah Anda selesai menulis, cara menulis artikel SEO selanjutnya adalah dengan meminta orang lain membaca artikel yang Anda tulis. Ketahuilah bahwa kita tidak bisa menilai tulisan sendiri. Mungkin kita merasa artikel yang ditulis sudah tepat padahal belum tentu. Harus ada orang lain yang membantu mengoreksi sehingga nanti artikel benar-benar berkualitas dan SEO friendly.

  • Mengoptimalkan panjang artikel

Panjang artikel juga mempengaruhi SEO. Buatlah tulisan dengan panjang minimal 300 kata. Google lebih menyukai artikel yang panjang, tapi jangan terlalu panjang juga jika hanya membahas tema yang terbatas karena takutnya tulisan malah diulang-ulang dan membosankan.

Menggunakan Jasa Penulisan Artikel SEO, SahabatArtikel

Bagi Anda yang tetap merasa kesulitan menulis artikel SEO setelah membaca cara menulis di atas, maka solusinya yaitu dengan memesan artikel di jasa penulis SahabatArtikel. Kami merupakan jasa penulis yang sudah lama berdiri sehingga memiliki banyak pengetahuan tentang artikel SEO dengan harga artikel yang wajar. Apabila Anda berminat memesan, Anda bisa menghubungi admin kami di nomor 0857-7777-5545. Kami akan mengusahakan segala cara agar artikel SEO, jadi percayakan artikel SEO Anda di tempat kami.

Mungkin Anda juga mencari jasa pembuatan proposal 

Scroll to Top