cara mengecek plagiat

Untuk memiliki konten website berkualitas dan orisinil, Anda perlu mengetahui cara mengecek plagiat sebelum mempublikasikan sebuah artikel. Plagiat merupakan tindakan meniru atau menjiplak sebuah karya baik itu berupa tulisan maupun non tulisan.

Oleh karena itu tindakan ini merupakan perilaku negatif karena tidak menghargai dan mengapresiasi karya orang lain.

Saat membuat sebuah konten artikel pilar dengan susah payah, tentu Anda berharap pembaca menikmati tulisan tersebut serta memperoleh manfaat darinya.

Namun apa jadinya jika ada pihak lain yang ternyata diam-diam menjiplak hasil tulisan Anda lalu diposting ke platform miliknya. Bahkan mengaku bahwa tulisan tersebut adalah hasil pekerjaannya sendiri.

Tentunya hal tersebut sangat merugikan Anda pribadi. Belum lagi apabila situs milik pelaku plagiarisme mendapatkan ranking lebih baik dari situs pemilik tulisan aslinya.

Di sisi lain, menjiplak artikel selain merugikan orang lain, juga dapat merugikan diri sendiri bahkan merusak kualitas website maka harus dihindari. Berikut beberapa cara terhindar dari plagiat.

Cara Cek Tulisan Plagiat atau Tidak Menggunakan Layanan dari Situs Copyscape

Cara Cek Tulisan Plagiat atau Tidak Menggunakan Layanan dari Situs Copyscape

pertama cara mengecek plagiat dengan mudah menggunakan layanan dari website Copyscape. Ini merupakan salah satu website terkenal untuk melakukan pengecekan plagiarisme konten artikel.

Anda dapat memanfaatkan layanan pengecekan tersebut secara gratis hanya dengan mengunjungi websitenya. Caranya sangat mudah, salin alamat URL kemudian masukkan pada kotak yang tersedia.

Selanjutnya Copyscape akan melakukan pengecekan jika terdapat kesamaan dengan konten tersebut pada situs lain.

Jika terdapat tulisan dengan kesamaan pada artikel, maka hal ini bisa berpengaruh buruk pada website Anda. Misalnya dinilai sebagai kanal bereputasi buruk atau bahkan menghancurkan peringkat pada mesin pencari.

Meski demikian, layanan Copyscape tanpa bayar tentunya memiliki berbagai keterbatasan dalam mengakses layanannya. Maka dari itu, ada baiknya Anda menggunakan Copyscape premium sehingga dapat mengakses fitur yang lebih menguntungkan.

Misalnya fitur plagiarism banner, pengecekan dengan jumlah tanpa limit, dan sebagainya.

Cara Cek Plagiat pada Artikel Menggunakan Layanan Quetext Plagiarism Checker

Cara cek tulisan plagiat atau tidak memakai Quetext termasuk yang direkomendasikan. Platform ini mampu mendeteksi peniruan pada artikel sebelum Anda menerbitkannya pada blog maupun website bisnis.

Akurasi pada platform Quetext Plagiarism Checker dinilai mumpuni sebagai pegangan agar terhindar dari penjiplakan.

Cara Cek Plagiat pada Artikel Menggunakan Layanan Quetext Plagiarism Checker

Anda dapat mengakses layanan pada Quetext Plagiarism Checker secara gratis tanpa berlangganan. Akan tetapi tentunya layanan gratis pada situs tersebut memiliki sejumlah keterbatasan.

Misalnya hanya mendeteksi 500 kata pertama pada sebuah artikel. Hal tersebut tentu tidak menjadi soal jika tulisan tidak lebih dari 500 kata.

Namun apabila ingin membuat konten dengan panjang tulisan lebih dari itu, otomatis pengecekan tidak bisa dilakukan dengan maksimal.

Tetapi tenang saja, Anda dapat berlangganan Quetext sehingga akses layanannya tidak terbatas pada 500 kata saja. Di samping itu, jumlah sesi pengecekan juga lebih banyak.

Memanfaatkan Situs DupliChecker untuk Mengecek Plagiat Naskah atau Dokumen

Cara cek plagiat pada artikel lainnya bisa dilakukan dengan DupliChecker. DupliChecker memungkinkan penggunanya untuk mengecek naskah ataupun dokumen secara langsung.

Anda hanya perlu mengunjungi halaman DupliChecker lalu menginput artikel pada form yang sudah disediakan. Platform ini dapat dipakai untuk mengecek konten hingga maksimal 1000 kata.

Memanfaatkan Situs DupliChecker untuk Mengecek Plagiat Naskah atau Dokumen

Kemudian DupliChecker akan menampilkan hasil berupa seberapa besar tingkat kesamaan tulisan dengan yang sudah ada dalam persentase.

Apabila karya Anda benar-benar orisini, maka halaman akan menampilkan keterangan “No Plagiarism Detected”. Artinya tulisan tersebut tidak terindikasi adanya kesamaan atau plagiat dengan konten manapun.

DupliChecker tidak hanya menyajikan layanan pengecekan plagiarisme. Platform ini juga memiliki fitur lain yang memungkinkan memeriksa grammar (pada konten berbahasa Inggris), fitur parafrase, pengecekan backlink, posisi kata kunci, dan sebagainya.

Berbagai layanan tersebut tentu memberikan kemudahan pagi penulis konten.

Cek Duplikat Tuliasan dengan Small SEO Tools

Situs Small SEO Tools dapat dimanfaatkan untuk cara cek plagiat pada artikel. SmallSEOTools merupakan salah satu platform paling familiar dan populer bagi para pembuat konten artikel untuk website.

Hal ini karena situs tersebut menawarkan berbagai fitur menarik. Selain itu, mengecek dengan Small SEO Tools juga sangat mudah dan simple.

Baca juga: cara membuat copywriting yang menarik

Cek Duplikat Tuliasan dengan Small SEO Tools

Anda tidak diharuskan mendaftarkan diri terlebih dahulu melainkan langsung dapat memanfaatkan fitur-fiturnya secara gratis. Pemeriksaan plagiarisme dengan Small SEO Tools memungkinkan untuk teks maksimal 1000 kata.

Menariknya, Anda dapat memakai layanan plagiarism checker tanpa limitasi alias tidak terbatas. Itulah mengapa platform satu ini banyak menjadi opsi bagi para content writer.

Small SEO Tools tidak hanya menjadi cara cek tulisan plagiat atau tidak. Tetapi website menarik ini juga menyediakan layanan lain seperti grammar check, parafrase ulang, penghitungan kata, reverse image search, dan masih banyak lagi.

Tentunya hal ini sangat membantu dan memberi keuntungan tersendiri bagi para penulis.

Memanfaatkan Layanan dari 1Text Plagiarism Checker untuk Cek Kesamaan Artikel

Situs 1Text adalah solusi cara mengecek plagiat dengan mudah. Situs ini memungkinkan Anda untuk memeriksa keunikan artikel yang telah dibuat.

Jika terdapat kesamaan dengan konten lain, 1Text akan menampilkan informasinya dengan persentase. Di samping itu juga menampilkan referensi situs dimana indikasi plagiarisme tersebut terdeteksi.

Memanfaatkan Layanan dari 1Text Plagiarism Checker untuk Cek Kesamaan Artikel

Tidak hanya memeriksa indikasi plagiarisme, 1Text juga menyediakan fitur word counter serta pemeriksaan grammar dan pengejaan. Fitur tersebut sangat berguna khususnya untuk penulisan artikel dalam bahasa Inggris.

1Text bisa digunakan dengan atau tanpa registrasi dan gratis. Namun untuk mengakses pengecekan plagiat secara bebas, sebaiknya Anda melakukan registrasi.

Untuk membuat artikel tanpa plagiarisme memang membutuhkan kemampuan menulis yang orisinil. Sebagai solusinya, tidak ada salahnya Anda menggunakan jasa penulis artikel SahabatArtikel karena hasil tulisannya sudah teruji kualitasnya.

Jika berminat Anda bisa menghubungi tim kami via WA, SMS, atau telepon 0857-7777-5545. Jadi, tidak perlu repot melakukan cara cek tulisan plagiat atau tidak.