Cara Menulis Artikel SEO Friendly Agar Muncul di Page One

Menguasai cara menulis artikel SEO friendly agar muncul di page onne google, merupakan suatu kewajiban bagi content writer. Sesuai namanya, content writer bertugas untuk membuat konten berupa tulisan yang selanjutnya akan ditampilkan pada halaman situs web.

Namun, tugas seorang content writer tidak hanya sebatas membuat konten artikel saja. Mereka juga dituntut untuk memahami prinsip-prinsip optimasi mesin pencari agar artikel yang dibuat mampu menempati peringkat teratas.

Jika Anda menginginkan menjadi content writer professional, maka teknik-teknik Search Engine Optimization dalam artikel harus dikuasai. Dengan begitu, situs web dapat menempati halaman pertama dan posisi teratas.

Caranya memang tidak mudah, tetapi bukan berarti writer tidak dapat mempelajarinya. Nah, kali ini kami akan membagikan beberapa cara efektif dalam menulis konten yang bagus untuk optimasi agar dapat segera dipraktekkan.

Cara Menulis Artikel SEO Friendly Agar Muncul di Page Onne dengan Keyword Sesuai Target 

Cara Menulis Artikel SEO Friendly Agar Muncul di Page Onne dengan Keyword Sesuai Target

Ketika membuat konten pada halaman website maupun blog, mata keyword adalah sesuatu yang tidak bisa dipisahkan. Website perusahaan memerlukan kunjungan dari audiens tertarget sesuai bisnis Anda.

Sebagai contoh, jika bisnis Anda bergelut di bidang alat-alat kecantikan maupun kosmetik, maka target audiensnya tentunya orang-orang yang berminat pada topik kecantikan.
Berbeda halnya jika menjalankan bisnis di bidang otomotif.

Target market Anda tentunya adalah orang-orang yang menyukai dunia motor, mobil, modifikasi, dan sejenisnya. Pemahaman ini sangat penting dimiliki agar dapat membuat tulisan beserta kata kunci relevan.

Bayangkan Anda adalah target market, kemudian pikirkan apa yang sekiranya akan diketikkan oleh mereka di mesin pencari. Target market pada bisnis kecantikan kemungkinan akan mencari informasi seputar topik tersebut.

Cara menulis artikel SEO friendly utamanya adalah meriset kata kunci berdasarkan topik. Misalnya cara mengatasi jerawat, mencerahkan kulit, tips makeup untuk acara pernikahan, dan sebagainya.

Ini akan berbeda kalau bisnis Anda bergerak di bidang otomotif. Kata kunci yang mungkin berlaku misalnya cara modifikasi mobil, tips merawat mesin, dan sebagainya. Maka riset keyword harus disesuaikan dengan target market.

Baca juga tentang cara mudah menulis artikel agar seo friendly

Cara Menulis Artikel SEO Friendly dengan Menempatkan Kata Kunci Secara Wajar

Setelah menemukan apa kata kunci terbaik untuk konten Anda, pastikan menempatkannya secara wajar. Jangan beranggapan jika jumlah keyword kian banyak maka semakin bagus juga kualitas artikel.

Anggapan tersebut sangat keliru karena penempatan kata kunci berlebihan justru dianggap spam oleh search engine. Agar halaman Anda berada page one mesin telusur, gunakan kata kunci secara wajar.

Perhatikan juga penempatannya, contohnya pada judul konten, sub judul, kalimat pertama, hingga meta deskripsi. Ini sangat berguna untuk membuat konten lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari.

Cara menulis artikel SEO friendly tidak hanya fokus pada satu keyword saja. Anda sebaiknya mempertimbangkan juga penempatan keyword pendukung yang masih terkait pada keyword utama.

Misalnya untuk tulisan bertopik kecantikan kulit, alangkah baiknya tambahkan kata-kata contohnya kulit cerah, glowing, kulit tidak berjerawat, dan sebagainya. Keyword tambahan itu membuat tulisan Anda dianggap paling relevan.

Agar Muncul di Page One Pastikan Artikel Bermutu sehingga Dapat Dinikmati Pembaca

Artikel yang dinilai paling relevan akan memperoleh posisi terbaik di halaman satu search engine. Ini sangat baik karena menjadikan trafik website Anda semakin tinggi. Dengan trafik tinggi, tentunya berdampak positif bagi perusahaan.

Agar Muncul di Page One Pastikan Artikel Bermutu sehingga Dapat Dinikmati Pembaca

“Memberi makan” mesin pencari bukan berarti menurunkan kualitas tulisan Anda bagi pembaca. Sebaliknya, tulisan yang akan mendapat rangking terbaik oleh search engine justru ketika memberikan informasi sesuai keinginan user.

Dengan kata lain, cara menulis artikel SEO friendly yaitu selalu memastikan bahwa konten tersebut memiliki mutu terbaik dan layak dibaca oleh pengunjung. Maka dari itu, Anda perlu memerlukan waktu untuk menuliskannya.

Jika anda menyediakan jasa penulis artikel maka, lakukan juga editing secara mandiri untuk memastikan bahwa artikel tersebut sudah memenuhi kaidah-kaidah penulisan secara baik dan benar. Dengan demikian, pengunjung akan nyaman ketika membaca konten tersebut.

Kenyamanan pengunjung dalam menikmati artikel baik di website perusahaan maupun blog pribadi juga dapat berpengaruh pada peringkat. Kunjungan dalam waktu lama menandakan bahwa konten Anda ditulis secara profesional.

Ini akan membuat mesin pencari menganggap situs web berkualitas karena memberikan apa yang pengguna inginkan. Dengan penulisan berkualitas, tidak sulit mendapatkan kunjungan sehingga trafik website juga berkualitas.

Agar Artikel SEO Friendly Muncul di Halaman Utama Google perlu Menempatkan Tautan Internal Maupun Eksternal

Cara menulis artikel SEO friendly yaitu bisa menempatkan tautan baik internal atau eksternal. Internal link yaitu tautan yang mengarahkan pembaca pada halaman lain website Anda. Sedangkan tautan eksternal mengarahkan pembaca pada halaman situs lain.

Kedua jenis tautan atau link tersebut juga mampu membuat peringkat yang lebih baik. Di dalam sebuah konten, Anda dapat menambahkan tautan dengan topik yang berkaitan dengan konten itu sendiri.

Lama kunjungan pada situs web akan menjadikan trafik Anda lebih berkualitas dan dianggap sebagai situs berkualitas juga. Penempatan link internal juga dapat membuat search engine tahu bahwa situs tersebut mengarah ke topik tertentu.

Sementara link eksternal bisa diarahkan ke tulisan lain yang sesuai dengan topik Anda pada situs berbeda. Konten tersebut bisa berupa hasil penelitian, survey, atau lainnya yang meyakinkan pembaca bahwa tulisan Anda tidak dibuat sembarangan.

Optimasi Artikel SEO Friendly Setiap Elemen pada Halaman Website Anda

Optimasi Artikel SEO Friendly Setiap Elemen pada Halaman Website Anda

Cara menulis artikel SEO friendly juga tidak boleh mengabaikan elemen-elemen lain pada halaman situs. Elemen ini antara lain link URL, meta deskripsi, judul, heading, hingga gambar.

Setiap elemen tersebut mampu memudahkan konten Anda dikenali mesin pencari dan mendapatkan rangking teratas. Usahakan membuat judul menarik yang mengandung keyword dan isinya juga harus relevan.

Tantangan penulis konten website memang tidak mudah. Akan tetapi, dengan panduan cara menulis artikel SEO friendly di atas, Anda dapat mengaplikasikannya agar memperoleh posisi halaman pertama.

Jika saat ini anda masih kesulitan dalam membuat artikel yang seo friendly dan berkualitas, maka kami juga menyediakan jasa artikel pilar untuk keperluan content utama website anda dengan harga yang terjangkau.

Scroll to Top