Cara Membuat Landing Page di Wordpress dengan Cepat dan Mudah

Banyak orang tidak memahami bagaimana cara membuat landing page di wordpress dengan benar. Kebutuhan marketing yang semakin meningkat, mendorong optimalisasi landing page jadi semakin dibutuhkan.

Para marketer memang dipermudah dengan adanya jasa penulis artikel dan berbagai platform digital. Akses tidak terbatas ini membuat kebanyakan orang mulai aktif di dunia digital. Termasuk juga para digital marketer untuk memaksimalkan conversion rate.

Namun, tidak semua marketer mampu memahami bagaimana cara kerja landing page. Bahkan, cara membuatnya saja banyak orang masih belum memahami. Hal ini membuat kebanyakan marketer harus bekerja lebih keras.

Namun, dengan adanya cara membuat landing page di wordpress ini, Anda dapat belajar secara perlahan. Anda bisa membuat sebuah landing page yang cepat dan sederhana tanpa butuh waktu lama.

Perbedaan Landing Page dengan Homepage

Sebelum menuju ke cara mudah membuat landing page di wordpress, ada baiknya jika Anda memahami perbedaan antara landing page dengan homepage. Keduanya sebenarnya berbeda, tapi tidak bisa dipisahkan.

cara membuat landing page di wordpress

Bahkan, beberapa orang tidak bisa membedakan mana landing page dan mana homepage. Hal ini jelas akan menghambat seseorang untuk menawarkan produknya. Bisa jadi juga karena memang belum memahami perbedaan keduanya.

Perlu disadari bahwa homepage adalah halaman depan saat Anda membuka sebuah website. Saat mengetikan domain di mesin pencarian, pasti akan muncul beberapa situs. Halaman depan itulah yang disebut sebagai homepage.

Secara umum, homepage dirancang untuk memberikan deskripsi secara umum dari website tersebut. Itulah mengapa homepage biasanya juga dilengkapi dengan fitur Sign Up, About Us, hingga fitur Contact Us.

Sedangkan untuk landing page merupakan salah satu domain turunan dari homepage tersebut. Bisa jadi halaman turunan ini adalah halaman pertama dari pihak ketiga seperti iklan PPC hingga email marketing.

Mungkin Anda membutuhkan jasa pembuatan sales letter landing page

Landing page biasanya dibuat untuk menjelaskan produk tertentu dengan lebih jelas. Tentu tidak hanya penjelasan produk. Namun, ada beberapa hal lain tergantung dari jenis landing page yang digunakan.

Artinya, satu landing page akan fokus pada topik tertentu dari website tersebut. Contohnya adalah laman untuk domain katalog produk. Bisa juga berupa laman untuk deskripsi produk.

Sederhananya, homepage bertujuan untuk memberikan gambaran seluruh bisnis sehingga calon konsumen bisa mempelajarinya. Sedangkan untuk landing page dirancang untuk menghasilkan sebuah conversion rate berupa pembelian hingga subscribe newsletter.

Macam-macam Landing Page yang Perlu Diketahui

Perlu dipahami bahwa saat ini ada 2 jenis landing page yang sering digunakan. Namun, perlu dipahami juga bahwa Anda hanya akan memiliki 1 halaman utama.

Meskipun begitu, Anda tetap bisa membuat domain turunan sebanyak-banyaknya. Anda bisa membuat satu domain untuk satu topik. Jadi, setiap domain akan memiliki topik berbeda-beda tergantung dari kebutuhan yang Anda inginkan.

cara mudah membuat landing page di wordpress

Dua jenis landing page yang saat ini sering dipakai adalah Lead Generation dan Click Through. Fungsi keduanya sebenarnya berbeda. Namun, antara Lad Generation dan Click Through saling berhubungan.

1. Lead Generation

Seperti Namanya, Lead Generation memiliki fungsi untuk mengumpulkan beberapa data sebagai sumber informasi. Data-data tersebut didapatkan dari calon konsumen atau leads melalui beberapa cara, misalnya pengisian form online.

Data potensial dari calon konsumen ini bisa berupa email aktif, nomor telepon, nama, hingga akun sosial media. Namun, penyedia domain akan memberikan imbalan tertentu berupa ebook gratis atau sejenisnya.

2. Click Through

Lead Generation akan membuat calon konsumen menjadi konsumen melalui Click Through Landing Page. Dalam domain ini akan muncul beberapa kalimat ajakan atau call to action dalam beberapa bentuk.

Beberapa contoh kalimat call to action bisa berupa “Solusi terbaik untuk semua masalah Anda”. Itu adalah salah satu call to action yang paling banyak dijumpai di berbagai website.

Jadi, landing page dibuat dengan berbagai macam tujuan. Salah satunya adalah untuk mempermudah monitoring terhadap aksi calon pelanggan (required action). Dengan begitu Anda bisa memiliki kesempatan lebih besar.

Cara Mudah Membuat Landing Page di WordPress

Seperti yang sudah Anda ketahui, wordpress menyediakan berbagai plugin untuk membantu banyak orang. Setiap orang bisa melakukan kustomisasi tata letak tanpa perlu melakukan coding ulang.

Karena ada banyak plugin, maka untuk membuat sebuah landing page juga cukup mudah. Misalnya, Anda bisa menggunakan Beaver Builder. Berikut cara mudah membuat landing page di wordpress dengan Beaver Builder.

1. Install WordPress

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menginstall wordpress terlebih dahulu. Dengan menginstallnya, maka pekerjaan ini akan jauh lebih mudah. Itulah mengapa banyak orang menyarankan menggunakan wordpress.

cara membuat landing page di wordpress professional

2. Install Beaver Builder

Langkah kedua adalah melakukan install pada Beaver Builder. Jika sudah, silahkan buka menu Settings untuk melakukan konfigurasi. Masukan license key melalui “Enter License Key” untuk mendapatkan kode lisensi Anda.

3. Membuat Kerangka Landing Page

Buka menu Pages dan pilih Add New. Silahkan pilih tema yang sesuai dengan kebutuhan antara page builder atau full width. Tulis judul landing page Anda kemudian klik Save untuk menyimpan.

Beaver Builder sendiri telah menyediakan beberapa template siap pakai. Pilih template yang paling sesuai dengan kebutuhan. Ini merupakan salah satu cara membuat landing page di wordpress professional.

4. Ubah Konten Landing Page

Pada tahap ini, Anda bisa menambah atau mengurangi poin pada template tersebut. Ada beberapa tab sekaligus seperti tab Rows, Modules, dan sebagainya. Di sini Anda bisa melakukan pengubahan konten.

5. Memaksimalkan CTA

Setiap landing page wajib memiliki call to action atau CTA. Anda bisa menggunakan beberapa kalimat ajakan sederhana, tapi efektif. Salah satu contohnya adalah “Segera miliki sekarang juga”.

Cara Membuat Landing Page di WordPress Profesional

Untuk mengoptimalkan sebuah landing page jadi layaknya profesional memang membutuhkan waktu. Anda perlu belajar bagaimana pemilihan setiap poin. Namun, Anda bisa mengikuti beberapa cara ini untuk menjadikannya lebih profesional.

1. Buat Tampilan yang Rapi

Meskipun Anda ingin menyampaikan pesan ajakan, tapi perhatikan juga desain yang Anda buat. Calon konsumen akan berpikir 2 kali jika tampilannya berantakan. Itulah mengapa Anda harus membuatnya lebih rapi.

Cara Membuat Landing Page di WordPress Profesional

2. Usahakan untuk Memanfaatkan Header

Cara membuat landing page di wordpress profesional selanjutnya adalah memanfaatkan Header. Apapun tujuannya, Header berperan penting untuk menekankan pesan Anda. Misalnya, buat promosi saat ada hari besar.

3. Masukkan Form Sederhana

Form sederhana ini bertujuan untuk mengumpulkan semua data dari pengunjung. Buatlah beberapa form pendek, misalnya nama dan alamat email. Nantinya, Anda bisa melakukan follow-up kembali.

4. Masukkan Trust Signal Jika Ada

Trust Signal merupakan segala hal tentang informasi tingkat ketepercayaan landing page Anda. Trust Signal bisa berupa testimoni dari pelanggan, daftar klien, hingga liputan dari berbagai media masa.

5. Buat Domain yang Mobile Friendly

Lebih dari 90% pengguna internet menggunakan perangkat mobile untuk melakukan aktifitasnya. Artinya, landing page harus mendukung perangkat tersebut. Jadi, semua orang bisa mengaksesnya tanpa adanya kesulitan atau loading time.

Pada dasarnya tidak ada yang sulit dalam membuat landing page. Hanya saja dibutuhkan waktu untuk membuat sesuai keinginan. Itulah mengapa cara membuat landing page di wordpress professional ini penting.