Cara Menambah Penulis atau Author Baru di WordPress dengan Mudah

Untuk bisa update tulisan tanpa membebani satu orang, pemilik blog tidak jarang melakukan cara menambah penulis di WordPress. Langkah tersebut dilakukan sekaligus memberikan kesempatan kepada para penulis yang tidak memiliki blog, namun terdapat potensi bagus.

Dunia blogger sudah ada sejak lama, meskipun sekarang telah muncul video blog, namun bagi penulis, blog tetap pilihan terbaik. Ada beberapa orang dengan ide fantastis di kepalanya, namun tidak menginginkan publikasi wajah sehingga jasa penulis artikel adalah solusinya.

Selain itu, menulis tidak begitu membutuhkan banyak modal seperti vlogging. Yang dibutuhkan adalah laptop dan jaringan internet. Sementara untuk vlogging, mesti ada kamera, serta setelah video direkam, harus melalui proses editing dulu baru diunggah.

Namun, semua itu kembali kepada kenyamanan dan pilihan masing-masing. Hanya saja, jika Anda termasuk salah satu pemilik wordpress, namun terkendala posting berkala karena kesibukan, maka ada cara menambah author di wordpress untuk menghidupkan blog Anda.

Cara Menambah Author Baru di WordPress

Cara Menambah Penulis Baru di WordPress

Menambah author atau penulis pada blog tentu dilandasi oleh kesepakatan antara kedua belah pihak. Pemilik dan penulis blog akan mendapatkan keuntungan seimbang dengan apa yang mereka lakukan.

Penting adanya perjanjian jelas di awal sebelum mulai bekerja sama. Tanpa perlu berlama-lama, kami merangkum berbagai cara menambah penulis baru di wordpress melalui berbagai langkah berikut ini:

  1. Masukkan username dan password untuk masuk ke blog wordpress.
  2. Di sebelah kiri ada berbagai menu, pilih User untuk melanjutkan.
  3. Untuk menambah penulis, klik Add New.
  4. Akan muncul form meminta pengisian data seputar author baru, diantaranya username, email, nama pertama, nama terakhir, alamat web, password, dan konfirmasi password.
  5. Password yang Anda buat tadi bisa langsung terkirim ke email terdaftar atau email writer dengan mencentang perintah setelah mengisi biodata.
  6. Role atau peran dapat memilih antara subscriber, author, editor, kontributor, dan administrator.
  7. Karena di sini bicara soal cara menambah author baru di wordpress maka pilihannya author.

Dari sekian role yang disebutkan, ada baiknya tidak memilih administrator lain demi keamanan. Terutama jika orang tersebut belum terlalu dikenal. Namun, untuk orang yang dikenal sekalipun jika terdapat data penting dalam blog, sebaiknya tidak dibagikan.

Baca juga tentang cara menghilangkan tulisan wordpress di footer

Macam-macam Peran untuk Akses Blog

Selain bicara soal cara membuat akses penulis di wordpress, kami juga menyinggung perihal role dalam mengakses blog. Diantaranya sudah disebutkan ada author, subscriber, editor, administrator, dan juga kontributor. Kami akan mengulasnya dengan penjelasan berikut ini:

Administrator atau Admin

Memiliki hak lebih tinggi dari peran lainnya karena tugas utamanya sudah dimulai sedari mengunduh dan membuat akun. Kasarnya, administrator adalah pemilik asli dari blog tersebut sebelum merekrut banyak role.

Editor

Adalah gawang dari setiap tulisan yang dikirimkan oleh penulis setelah melakukan pemeriksaan dan perbaikan jika diperlukan. Editor juga bisa mengunggah tulisannya sendiri jika merasa diperlukan.

Author

Adalah pemilik kendali atas konten dalam blog. Seorang writer harus selalu up to date, mau berinovasi, dan senantiasa terus belajar untuk konten unik. Writer memiliki hak mempublikasikan sendiri tulisan atas nama mereka.

Contributor

memiliki role yang tidak kalah jauh dari author. Perbedaannya adalah tidak memiliki hak memposting tulisan mereka sama sekali. Biasanya contributor berkomunikasi dengan pihak kesekian, bukan dengan administrator langsung,

Subscriber

memiliki hak paling kecil diantara lainnya karena hanya bisa mengubah foto profil saja.

Seorang writer akan diperkenankan mengakses informasi seputar blog selama diberikan cara membuat akses author di wordpress oleh pemilik. Khusus untuk administrator sebaiknya dipegang oleh satu orang, tanpa perlu menginformasikan banyak hal rahasia di dalamnya.

Kami juga menyediakan jasa penulis artikel jogja yang bisa Anda coba.

Tujuan Utama dari Menambahkan Author Baru

Setiap pemilik blog asli memiliki berbagai alasan kenapa harus merekrut orang demi menjalankan berbagai peran. Apabila web tersebut dikelola sendiri secara fokus, besar kemungkinan tidak memerlukan bantuan orang lain.

Cara Menambah Penulis Baru di WordPress dengan Mudah

Namun, berbeda jika pemiliknya adalah pekerja kantoran yang memanfaatkan waktu demi keuntungan. Semua berkesempatan sama, itu sebabnya ada cara menambah author di wordpress.

Hal ini untuk menambah traffic kunjungan dari konsistensi posting konten setiap hari. Bila bicara soal tujuan, setidaknya kami merangkum berbagai poin penting, seperti:

  1. Dengan role berbeda-beda yang disebar ke beberapa orang, Anda bisa lebih fokus memantau perkembangan blog. Lebih cepat juga untuk membuat pengunjung lebih sering mengakses informasi berkat adanya tugas dari masing-masing role.
  2. Selain memberikan dampak baik terhadap peningkatan jumlah pengunjung, penambahan peran juga bagus guna eksistensi blog. Posting setiap hari berpotensi agensi periklanan mau menyimpan iklan berbayar di blog tersebut.
  3. Semakin banyak postingan diunggah dan semakin sering frekuensinya mengantarkan blog pada perkembangan yang baik. Secara tidak langsung, branding blog Anda juga diperbaiki seiring waktu.

Tiga tujuan di atas hanya referensi karena setiap blogger memiliki tujuan spesifiknya tersendiri. Namun, secara tidak langsung ketiga hal di atas akan didapatkan oleh semua blogger. Terutama manfaatnya akan besar pada para pemilik yang tidak selalu on screen.

Seleksi Writer untuk Blog yang Berpengalaman

Tema blog ada banyak, namun kali ini kami akan menggambarkan jika blog Anda adalah website jual beli online. Semakin banyak konsumen berlangganan, maka semakin besar traffic web.

Sekaligus harus semakin intens Anda melakukan update postingan. Pekerjaan membuat konten adalah tugas kontributor, writer, dan editor. Ketiganya harus bekerja sama, namun karena di sini pembahasannya lebih detail ke cara menambah penulis baru di wordpress.

Maka tips memilih penulis untuk web akan kami perjelas. Jangan sampai salah memilih dan pastikan Anda memperhatikan beberapa kriteria berikut:

  • Seleksi penulis adalah langkah utama yang tidak boleh dilewatkan. Dari sini Anda bisa mengetahui sejauh mana bakat kepenulisan calon writer baru, mulai dari penggunaan tanda baca, tata bahasa, typo, dan juga penguasaan bahasa asing.
  • Menulis saja tidak menguntungkan terlalu banyak, meskipun memiliki ide brilian, namun tetap harus menguasai SEO. SEO merupakan kunci supaya artikel sekaligus halaman web Anda tampil di empat besar tampilan mesin pencari Google.
  • Karena tujuannya untuk web jual beli, maka penulis harus memiliki jiwa persuasif yang secara halus mempengaruhi pembaca untuk menjadi klien dan berlangganan produk maupun jasa.
  • Writer dengan kemampuan menulis terbaik senantiasa melakukan riset sebelum menuangkan ide. Berbagai kriteria untuk cara menambah penulis baru di wordpress ini wajib diaplikasikan demi keberlangsungan update berkala.
  • Tugas sebagai writer bukan menjadi gawang terakhir postingan blog. Maka selain memiliki insting dan kemampuan andal, penting juga memiliki jiwa besar supaya tulisannya bersedia direvisi editor apabila diperlukan.

Ada banyak cara untuk tetap membuat keberadaan website Anda tetap memiliki traffic bagus. Salah satunya dengan update konten konsisten serta berkala.

Tidak ada alasan lagi tidak bisa karena kendala keterbatasan waktu. Saat ini sudah ada cara menambah author baru di wordpress yang bisa menambahkan lebih dari satu penulis untuk membuat konten.

Scroll to Top