Mengenal Ciri Artikel SEO Friendly Secara Lengkap

Ada beberapa ciri artikel seo friendly, seperti dalam judul artikel mengandung kata kunci dengan tujuan tertentu, memiliki subjudul hingga menggunakan meta deskripsi. Beberapa hal tersebut juga merupakan perbedaan antara artikel seo dan artikel biasa. Pengetahuan mengenai artikel SEO friendly sangat penting untuk orang yang ingin tulisannya ramah di mata mesin pencari.

Artikel seo friendly memang sangat penting untuk menunjang bisnis. Misalnya sebuah perusahaan ingin mengenalkan produk yang dimiliki, maka produk tersebut bisa dipromosikan dalam bentuk artikel dengan ketentuan SEO. Agar tulisan tersebut mudah ditemukan oleh pengguna atau calon customer di mesin pencari.

Untuk membuat artikel SEO friendly memang mudah. Asalkan mengetahui teknik dan ketentuannya. Namun jika Anda bingung, bisa menyerahkan urusan pembuatan tulisan kepada ahlinya. Saat ini memang banyak perusahaan yang menawarkan jasa pembuatan tulisan SEO friendly. Namun Anda tidak boleh sembarangan memilih. Berikut karakteristik tulisan SEO friendly yang perlu diketahui.

Ciri Artikel SEO Friendly harus Mengandung Kata Kunci dengan Target Tertentu

Ciri Artikel SEO Friendly harus Mengandung Kata Kunci dengan Target Tertentu

Salah satu ciri artikel SEO friendly adalah mengandung kata kunci atau keyword. Kata kunci atau keyword berfungsi untuk mengarahkan pembaca kepada tulisan yang dibuat. Sehingga pembaca akan mengunjungi dan membaca tulisan tersebut. Untuk memilih dan memasukkan kata kunci juga tidak bisa sembarangan. Namun ada teknik dan ketentuannya.

Untuk membuat kata kunci, penulis harus melakukan riset terlebih dahulu. Hal ini sebagai langkah untuk mengetahui kata kunci yang sering dicari oleh pembaca atau user. Jika memasukkan kata kunci yang sering dicari oleh pembaca, maka sangat berpotensi mesin pencari akan mengarahkan pengguna menuju website dan artikel.

Melakukan riset kata kunci sebagai ciri artikel yang berkualitas dan seo friendly, bisa dengan tools gratis yang ada di internet. Seperti Ubersuggest. Dengan menggunakan Ubersuggest kita bisa melihat data search volume dari sebuah kata kunci yang dimasukkan. Jika search volume nilainya tinggi, maka sangat berpotensi kata kunci tersebut banyak dicari pengguna.

Untuk tools Ubersuggest pada umumnya penggunaannya dibatasi. Misalnya dalam satu hari kita sudah menggunakan riset sebanyak lebih dari sepuluh kali, maka tools akan terkunci. Kita bisa menggunakannya esok lagi. Jika ingin terus menggunakan tanpa terbatas jumlah riset yang dilakukan, Anda bisa menggunakan tools premium atau berbayar.

Memiliki Aturan Jumlah Penggunaan Kata Kunci Juga Ciri dari Artikel SEO

Memiliki aturan penggunaan kata kunci adalah salah satu ciri artikel seo friendly. Kata kunci yang sudah ditentukan tidak ditulis sembarangan. Namun tetap memperhatikan jumlahnya. Hal ini justru akan mencegah tulisan kita terdeteksi oleh mesin pencari sebagai artikel stuffing atau bahkan spamming. Hal ini tidak bagus untuk tulisan SEO friendly.

Ketentuan jumlah kata kunci adalah tidak boleh lebih dari 1,5% dari total kata yang hendak ditulis. Misalnya Anda menulis sebuah tulisan sebanyak 500 kata, maka jumlah keyword yang ada sebaiknya minimal 5 dan maksimal 7 kali.

Memiliki Aturan Jumlah Penggunaan Kata Kunci Juga Ciri dari Artikel SEO

Judul Mengandung Keyword yang Bertujuan agar Kata Kunci Terdeteksi

Salah satu ciri artikel seo friendly adalah judul mengandung keyword. Hal ini untuk mendeteksi agar kata kunci yang diketikkan oleh pengguna di internet langsung mengarah pada tulisan yang ada pada website kita. Untuk menulis judul juga sebaiknya tidak terlalu pendek maupun panjang.

Ketentuan jumlah kata untuk judul adalah minimal 7 dan maksimal 9 kata. Selain itu judul dibuat semenarik mungkin agar pembaca tertarik untuk membaca tulisan yang disajikan di website.

Salah Satu Ciri Artikel SEO Memiliki Jumlah Kata yang Cukup

Memiliki jumlah kata cukup adalah salah satu ciri artikel SEO friendly. Sebuah artikel SEO friendly hendaknya dapat menyajikan informasi dengan baik, jelas dan runtut. Informasi yang disampaikan hendaknya detail dan tidak menyisakan pertanyaan di benak pembaca. Oleh karena itu tulisan memiliki jumlah kata cukup.

Jumlah kata umumnya 500 atau 600 kata agar bisa menyajikan informasi dengan jelas dan runtut. Pembaca juga tidak akan bertanya-tanya dan merasa bingung setelah membaca tulisan kita.

Menggunakan Meta Deskripsi yang Berisi Deskripsi Singkat Pada Isi Tulisan

Salah satu ciri penulis artikel seo friendly adalah menggunakan meta deskripsi. Meta deskripsi merupakan deskripsi singkat mengenai isi tulisan yang ada pada website. Meta deskripsi terletak di bawah judul artikel yang muncul di kolom pencarian. Meta deskripsi juga sebagai ajang promosi untuk membuat pembaca tertarik dan bersedia mengklik website tersebut.

Oleh karena itu pada umumnya deskripsi isi tulisan dibuat singkat dan terdiri dari kata-kata yang memukau. Deskripsi juga sebaiknya tidak terlalu panjang. Pada umumnya maksimal 160 karakter.

Berbentuk Subheading atau Berbentuk Listicle

Berbentuk Subheading atau Berbentuk Listicle

Tulisan SEO friendly pada umumnya berbentuk subheading atau listicle. Subheading atau listicle adalah poin-poin pembahasan mengenai isi tulisan. Hal ini sangat memudahkan pembaca. Pembaca juga bisa mengetahui secara cepat gambaran pembahasan pada artikel. Jika pembaca menggunakan teknik membaca secara cepat, maka bisa langsung melihat poin apa saja yang dibahas.

Untuk panjang subheading pada umumnya minimal lima kata. Sehingga dibuat tidak terlalu pendek agar pembaca tidak bingung dan justru multitafsir. Namun bisa menangkap poin yang disampaikan dengan baik. Berbeda dengan tulisan biasa yang dibuat dengan bentuk narasi atau pemaparan panjang tentang sebuah pembahasan atau topik.

Tidak dapat dipungkiri saat ini banyak perusahaan yang menawarkan jasa artikel seo friendly. Namun bisa jadi tidak semua perusahaan memberikan kualitas terbaik. Perusahaan yang memberikan kualitas penulisan artikel SEO friendly terbaik adalah SahabatArtikel. Kami memberikan jaminan artikel yang ditulis bebas plagiat dikarenakan memiliki SDM penulis handal dan berpengalaman.

Untuk melakukan pemesanan artikel SEO friendly bisa menghubungi kami di nomor 0857-7777-5545 melalui berbagai layanan, baik telepon, SMS maupun Whatsapp. Jangan ragu lagi mempercayakan konten website Anda karena kami akan menerapkan ciri artikel SEO friendly untuk penulisan artikel agar dapat teroptimasi dengan baik di mesin pencari.

Scroll to Top