Mengenal Perbedaan Website Web Page dan Homepage

Perbedaan website web page dan homepage perlu diketahui oleh Anda yang ingin membuat dan mengembangkan wesbite. Dikarenakan beberapa unsur tersebut berperan penting dalam menyukseskan tujuan dibuatnya website. Di era perkembangan teknologi seperti saat ini, website memiliki peran penting untuk menyukseskan bisnis yang dibangun.

Website berperan penting mengenalkan sebuah perusahaan dan produk yang dimiliki. Hal ini dikarenakan profil perusahaan, produk, portofolio, testimoni, hingga contact person seperti jasa penulis artikel seo ada di sana. Membuat calon pembeli mengetahui secara detail bagaimana reputasi dan profil perusahaan. Tidak hanya itu produk yang ditawarkan perusahaan berpotensi besar menarik minat pembeli.

Untuk membuat website bisa dilakukan dengan berbagai cara. Anda bisa membuatnya secara mandiri atau menggunakan jasa pembuatan website. Pada umumnya perusahaan tersebut menawarkan beragam keuntungan maupun kelebihan yang bisa dinikmati pembeli.

Perbedaan Web Page dan Home Page yang ada dari Segi Tujuan

Namun Anda perlu mengetahui bagian umum pada sebuah website terlebih dahulu seperti perbedaannya seperti web page serta home page. Agar Anda bisa mendesain website dengan baik dan bisa menarik calon pembeli agar menggunakan produk yang ditawarkan. Berikut di antaranya perbedaan web page dan home page.

Perbedaan Web Page dan Homepage yang ada dari Segi Tujuan

Salah satu perbedaan website web page dan home page yang mendasar atau fundamental adalah tujuan. Tujuan pembuatan kedua halaman web tersebut jelas berbeda. Home page dibuat agar pembaca memiliki ketertarikan di awal terhadap website sebuah perusahaan. Untuk membuatnya dibutuhkan usaha ekstra keras dikarenakan menjadi daya tarik awal bagi konsumen.

Salah satu pendorong konsumen tertarik membeli sebuah produk dikarenakan home page dari website didesain sangat menarik dan informatif. Seperti didesain dengan pemberian informasi yang jelas. Kata kata singkat dan persuasif juga menjadi kunci. Artinya pembeli akan terdorong membeli sebuah produk dikarenakan kata-kata yang disajikan oleh pengelola web.

Baca juga perbedaan website berita dan website portal berita

Pada halaman muka, perusahaan akan memberikan informasi mengenai seluruh produk yang dimiliki. Inilah yang menjadi perbedaan website web page dan home page. Konsumen langsung memiliki gambaran seluruh produk. Pada halaman muka juga bisa dicantumkan informasi mengenai keunggulan perusahaan atau alasan mengapa pembeli harus menggunakan produk dan jasa yang ditawarkan.

Home page juga bisa menampilkan informasi mengenai kontak perusahaan yang bisa dihubungi untuk pemesanan produk maupun jasa. Hal ini membuat pembeli langsung mengetahui apa yang harus dilakukan jika tertarik menggunakan produk maupun jasa. Bahkan ada sebuah layanan live chat yang memungkinkan pembeli bisa berkomunikasi secara real time.

Sementara untuk web page dibuat dengan tujuan memberikan informasi lebih detail kepada pengunjung atau pembeli. Misalnya penjelasan lebih rinci untuk produk dan jasa yang ditawarkan, macam-macam paket harga, atau informasi lain seperti kumpulan artikel. Web page atau halaman web dibuat layaknya bab pada buku. Sehingga terdapat pengelompokan kategori.

Home Page Dibuat Lebih Elegan untuk Menarik Pembaca

Perbedaan website web page dan home page yang lainnya adalah tampilan halaman muka dibuat lebih elegan. Hal ini dikarenakan sesuai dengan tujuan pembuatannya, yakni menarik pembeli agar membeli dan menggunakan produk. Pada halaman muka juga bisa menampilkan informasi berupa teks, gambar atau bahan video.

Home Page Dibuat Lebih Elegan untuk Menarik Pembaca

Misalnya halaman muka untuk perusahaan dengan produk bibit pertanian unggul. Maka untuk menarik pembeli, bisa dicantumkan mengenai gambar atau foto bibit pertanian unggul. Selain itu bisa dengan video tanaman yang sudah tumbuh besar, berbuah dari hasil menanam bibit unggul. Hal ini semakin menguatkan pembeli agar membeli produk.

Memang salah satu perbedaan website web page dan home page adalah dari segi desain tampilan halaman. Untuk halaman web bisa juga didesain menarik atau sederhana. Tergantung sesuai dengan kebutuhan dan keinginan perusahaan.

Untuk pemilihan warna pada latar belakang halaman muka web hendaknya juga dibuat senada. Transisi konten satu dan lainnya tidak kontras atau mencolok. Sementara untuk judul konten pada halaman muka dan deskripsi singkat juga dibuat berbeda. Misalnya untuk judul konten ukuran dibuat lebih besar dibandingkan dengan dengan deskripsi.

Untuk pemilihan warna pada latar belakang halaman web tidak membutuhkan desain yang ekstra keras. Artinya pemilihan warna untuk halaman web bisa dibuat sederhana saja. Misalnya berwarna putih. Sehingga jika di halaman web terdapat gambar, hasilnya tidak akan kontras dan gambar juga tetap terlihat.

Perbedaan Web Page dan Home Page dari Segi Isi Informasi

Perbedaan website web page dan home page yang selainnya adalah isi halaman muka dibuat lebih umum. Hal ini dikarenakan halaman muka adalah tampilan awal yang dilihat konsumen. Sehingga desainnya bisa dibuat untuk menampilkan informasi yang umum tapi menyeluruh.

Perbedaan Web Page dan Home Page dari Segi Isi Informasi

Berbeda halnya dengan halaman web. Halaman web sifatnya adalah memberikan informasi yang lebih detail dan bahkan kategorinya dibuat lebih spesifik. Misalnya halaman web kategori portofolio, isinya tentu daftar hasil karya dari sebuah perusahaan. Sementara halaman web kategori paket harga, tentu akan menampilkan list harga yang bisa dipilih oleh konsumen.

Saat ini penggunaan website untuk tujuan memperkenalkan perusahaan maupun produk menjadi hal yang umum. Mengingat cara promosi secara online dapat menjangkau konsumen secara lebih luas. Tidak terbatas wilayah tertentu.

Jika Anda ingin membuat sebuah website untuk mengembangkan produk dan layanan perusahaan. Anda bisa memilih SahabatArtikel. Hal ini dikarenakan kami memiliki SDM yang ahli dan kompeten di bidang pembuatan artikel website.

Kami memberikan layanan jasa pembuatan konten website dengan berbagai macam topik. Untuk memesan jasa kami, Anda dapat menghubungi kami melalui SMS, telepon, atau Whatsapp di nomor 0857-7777-5545. Tim customer service akan merespons dengan cepat. Setelah mengetahui perbedaan website web page dan home page, kami siap melayani pembuatan website dengan desain impian.

Scroll to Top