Mengenal Perbedaan Website Berita dan Website Portal

Mengenal perbedaan website berita dan website portal sangat penting sebelum memasan jasa penulis artikel seo. Terutama bagi Anda yang ingin membuat sebuah website untuk tujuan bisnis, seperti mengenalkan perusahaan maupun produk. Agar Anda memiliki jenis web yang tepat sehingga mampu menarik minat calon pembeli.

Website berita adalah sebuah situs yang menyediakan sebuah informasi dengan tema umum dan luas. Tema yang diangkat sangat bermacam-macam. Sementara untuk website portal umumnya dibuat lebih spesifik atau khusus. Misalnya situs yang berisi company profile perusahaan, visi misi, struktur organisasi, informasi mengenai penjualan produk perusahaan dan lain-lain.

Kita mengetahui bahwa di internet sangat marak adanya website portal yang memberikan informasi dari berbagai bidang. Tentunya dengan berbagai platform dan domain. Anda perlu memahami perbedaan website berita dan website portal agar bisa memilih jenis yang sesuai dengan kebutuhan usaha. Berikut beberapa perbedaan yang perlu Anda ketahui.

Website Berita dan Website Portal Memiliki Tujuan Pembuatan yang Berbeda

Salah satu perbedaan website berita dan website portal adalah setiap jenis memiliki tujuan pembuatan berbeda. Web berita dibuat dengan tujuan memberikan informasi dengan berbagai macam tema. Mulai dari informasi seputar pendidikan, gaya hidup atau lifestyle, olahraga, otomotif dan lain sebagainya.

Website Berita dan Website Portal Memiliki Tujuan Pembuatan yang Berbeda

Kita bisa melihat contoh web berita seperti Detik.com, Kompas.com, Antaranews.com dan lain sebagainya. Informasi dari situs tersebut pada umumnya adalah berita aktual atau terbaru. Fakta terbaru dari dunia penelitian dan lain sebagainya.

Sehingga membuat pembaca tidak ketinggalan informasi terbaru. Selain itu juga umumnya berita yang ada di situs tersebut mendatangkan narasumber kredibel di bidangnya. Sementara untuk web portal, tujuan dibuatnya khusus atau spesifik agar konsumen mendapatkan informasi tertentu. Hal ini adalah salah satu perbedaan website berita dan website portal yang mendasar.

Kita mengenal berbagai macam jenis web portal. Seperti web portal perusahaan, pelanggan, konsumen hingga organisasi. Misalnya portal perusahaan dibuat khusus yang berisi informasi mengenai badan usaha tersebut. Bisa berupa partner kerja sama perusahaan, tenaga kerja hingga akses yang diberikan oleh perusahaan kepada pengguna.

Akses data perusahaan seperti hasil penjualan produk, data keuangan dan lain-lain. umumnya user harus memasukkan nama dan kata sandi terlebih dahulu. Sementara jenis web portal lain seperti pelanggan adalah situs yang didesain pengguna untuk mengakses jasa maupun layanan nasabah.

Seperti web khusus untuk pelanggan bank. Pengguna umumnya juga harus log in terlebih dahulu untuk mengakses situsnya.

Perbedaan Website Berita dan Website Portal yang Terlihat dari Segi Fungsi

Salah satu perbedaan website berita dan website portal adalah dari segi fungsi. Setiap web dibuat dengan fungsi berbeda. Misalnya untuk web portal perusahaan fungsi pembuatannya adalah agar konsumen mengetahui produk, bisa mengakses fasilitas dan layanan perusahaan.

Perbedaan Website Berita dan Website Portal yang Terlihat dari Segi Fungsi

Dengan konsumen memahami layanan, produk maupun jasa perusahaan, maka konsumen akan semakin loyal dikarenakan mereka memahami dan mengenal badan usaha dengan baik.

Hal ini memberikan efek secara tidak langsung kepada perusahaan. Yakni konsumen loyal dan bersedia menggunakan produk yang ditawarkan. Dengan begitu penjualan produk perusahaan akan meningkat.

Sementara untuk web artikel berita dibuat dengan tujuan memberikan informasi kepada pembaca. Pembaca akan sering mengakses web berita jika mereka mendapatkan informasi sesuai kebutuhan. Jika hal tersebut konsisten terjadi, maka akan mendatangkan traffic tinggi untuk web.

Perbedaan yang ada dari Segi Layanan Website Berita dan Website Portal

Perbedaan website berita dan website portal yang lain adalah dari segi layanan. Untuk web portal layanan yang diberikan dapat bersifat khusus atau terbatas pada tema tertentu. Sementara untuk web berita layanan yang diberikan sifatnya umum kepada pembaca.

Untuk web portal, contoh layanan khusus atau terbatas adalah informasi mengenai mengenai tema spesifik, misalnya tema kesehatan. Seperti halnya website dinas kesehatan kota. Informasi yang disajikan seputar isu-isu kesehatan, fasilitas kesehatan yang dimiliki pemerintah kota hingga berita terbaru berhubungan dengan kesehatan.

Perbedaan yang ada dari Segi Layanan Website Berita dan Website Portal

Di sisi lain informasi penulis artikel terbatas juga bermakna hanya dapat diakses oleh orang tertentu. Misalnya keuangan, penjualan dari sebuah perusahaan. Anda adalah salah satu karyawan perusahaan dalam bidang keuangan, maka tidak mengherankan jika dapat mengakses informasi tentang keuangan perusahaan.

Contoh lain adalah Anda seorang nasabah dari sebuah bank di Indonesia. Tidak mengherankan jika Anda bisa mengakses fasilitas dan jasa yang diberikan bank. Umumnya Anda harus log in terlebih dahulu.

Di sisi lain, untuk web berita layanan yang diberikan kepada pengguna sifatnya umum. Yakni berita aktual dan update yang sudah terjadi. Anda tidak perlu log in untuk dapat mengakses berita yang disajikan.

Perbedaan dari Segi Pengguna atau User Website Berita dan Website Portal

Jenis pengguna atau user menjadi salah satu perbedaan website berita dan website portal. Untuk web berita yang menjadi pengguna atau user adalah masyarakat luas dan tidak memiliki karakteristik tertentu. Hal ini dikarenakan informasi yang disampaikan pada website berita sifatnya luas dan umum. Artinya siapa saja bisa mengakses situs tersebut.

Perbedaan dari Segi Pengguna atau User Website Berita dan Website Portal

Namun untuk web portal dikarenakan tujuan dibuatnya juga khusus, maka tentu target pengguna atau user juga sudah spesifik. Misalnya web portal mengenai fasilitas dan jasa bank. Tentu pengaksesnya adalah nasabah dari bank yang bersangkutan. Apalagi untuk menggunakan fasilitas dan jasa harus memasukkan username maupun password terlebih dahulu.

Dengan pesatnya perkembangan teknologi, tidak jarang banyak perusahaan mengembangkan bisnis dan produk yang dimiliki dengan pembuatan website. Hal ini juga dapat menarik pembeli. Namun Anda tidak boleh salah mempercayakan pembuatan website kepada perusahaan penyedia jasa secara sembarangan. SahabatArtikel bisa menjadi partner Anda.

Kami SahabatArtikel melayani jasa pembuatan konten website sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk melakukan pemesanan jasa bisa menghubungi kami melalui layanan telepon, SMS maupun Whatsapp di nomor 0857-7777-5545. Kami SahabatArtikel akan merespons dengan cepat.

Setelah Anda mengetahui perbedaan website berita dan website portal diatas, kami akan menyediakan artikel website anda sesuai kebutuhan.

Scroll to Top