Cara Menentukan Alur Cerita Novel Bagi Seorang Novelis

Pentingnya cara menentukan alur cerita novel menjadi bahasan yang terus diperbincangkan. Alur atau populer dikenal plot dalam novel memegang peran penting serta tidak dapat digantikan. Alur merupakan jalan di mana ingin disampaikan penulis artikel dari awal sampai berakhir cerita. Serta jalan cerita memiliki beragam jenis wajib diketahui.

Tanpa alur maka inti serta gagasan cerita tidak dapat tersampaikan dengan baik. Selain itu, hadirnya alur yang baik juga mampu membuat cerita semakin menarik ketika dibaca. Pembaca dapat merasakan bagaimana jalan ceritanya sehingga kadang kala ikut larut seolah berada di dalamnya. Pencapaian seperti inilah yang cukup sulit dicapai.

Cara menentukan alur cerita novel memang bukanlah hal gampang. Seorang novelis dituntut mampu menciptakan jalan cerita runtut serta rapi. Baik ketika mengenalkan tokoh, awal mula muncul masalah hingga puncak klimaks cerita. Semua harus tersaji secara runtut meski dalam novel kerap memberi kebebasan bagi penulis.

Mengenal Ragam Alur Cerita Novel Agar Menjadi Penulis Hebat

Kebebasan yang dimaksud di sini ialah penulis memiliki kesempatan luas mengembangkan cerita sesuai dengan imajinasinya. Mengingat novel merupakan kategori fiksi maka imajinasi serta ide penulis menjadi begitu penting. Bahkan di beberapa cerita tidak masuk akal akan dimaklumi selama masih menarik dibaca.

Mengenal Ragam Alur Cerita Novel Agar Menjadi Penulis Hebat

Sebelum Anda menjadi seorang novelis hebat, ada baiknya tahu cara menentukan alur cerita novel. Dikarenakan jalan cerita sangat menentukan seberapa menariknya kisah yang disampaikan. Anda dapat memilih alur mana yang dipilih sesuai dengan keinginan mengingat banyak sekali ragam jenisnya seperti ulasan ini.

1. Alur maju (progresif)

Sesuai namanya, alur progresif dicirikan dengan jalan cerita awal sampai berakhir secara runtut. Mulai dari pengenalan tokoh, hadirnya konflik, hingga penyelesaian. Alur seperti ini paling sering dipilih lantaran mudah diterapkan. Meski begitu, jalan ceritanya mudah sekali ditebak oleh pembaca.

2. Alur mundur

Kebalikan dengan alur maju, jenis mundur jalan ceritanya cenderung akhir ke awal. Di mana konflik diperkenalkan di awal, baru kemudian hadir penyelesaiannya. Secara sederhana masa lalu tokoh dimunculkan terlebih dahulu. Baru kemudian adanya penyelesaian di masa sekarang. Inti berada di belakang cerita bukan di depan layaknya alur maju.

3. Alur kombinasi atau campuran

Alur kombinasi sering kali digunakan oleh jasa penulis artikel seo atau novelis profesional. Alur kombinasi adalah perpaduan maju serta mundur sehingga sulit sekali ditebak. Ada kalanya jalan ceritanya maju namun, tiba-tiba mundur. Begitu juga sebaliknya, sehingga memahami cerita beserta konflik tokoh butuh waktu lama.

Apabila Anda seorang pemula maka cara menentukan alur cerita novel ada baiknya memilih maju karena cenderung lebih mudah. Paling penting Anda mampu mengembangkan cerita menjadi lebih menarik dibaca. Mengingat banyak penulis sering kehabisan ide di tengah cerita.

Tahapan Umum Cara Menentukan Alur Cerita Novel agar Menarik Pembaca

Tahapan Umum Cara Menentukan Alur Cerita Novel agar Menarik Pembaca

Memunculkan cerita menarik bagi pembaca maka wajib perhatikan tahapan alurnya. Secara umum ada enak tahapan yakni eksposisi, hadirnya konflik, masalah meningkat, klimaks, anti klimaks, serta resolusi. Masing-masing mempunyai peran penting pada sebuah cerita. Ketika keenam tahap alur menarik dapat dipastikan pembaca akan betah membaca karyamu.

Hadirnya konflik menjadi paling ditunggu pembaca. Tanpa konflik cerita seakan kurang greget sehingga bagus tidaknya masalah sangat menentukan. Ketika mampu memunculkan konflik bagus maka jalan cerita akan kian menarik. Membuat pembaca semakin penasaran bagaimana kelanjutannya. Maka dari itu penting penulis memahami cara menentukan alur cerita novel.

Klimaks menjadi puncak masalah dalam cerita. Biasanya pembaca akan merasakan ketegangan luar biasa serta sering kali terbawa emosi. Pada tahap klimaks inilah tokoh benar-benar memainkan peran terbaik yang mampu mengaduk emosi pembaca. Serta tokoh akan berperan kuat sesuai karakter yang diperankan.

Resolusi adalah proses cara menentukan alur cerita jasa pembuatan novel paling akhir. Penyelesaian masalah akan muncul pada tahapan ini. Dapat dikatakan konflik pada tahap ini akan selesai entah berakhir manis atau menyedihkan. Sering kali pembaca juga dibuat kaget hingga bingung dengan alur yang ada.

Menentukan Alur Cerita Novel Runtut dengan Cara Berikut

Sebagai novelis atau penulis novel maka penting membuat alur yang runtut terlepas dari jenisnya. Memang tidak mudah menentukannya namun, ketika Anda serius menggelutinya maka bukan tidak mungkin akan mahir dengan sendirinya. Hanya butuh ketelatenan agar mampu sampai ke tahap ini.

Menentukan Alur Cerita Novel Runtut dengan Cara Berikut

1. Bangun kerangka serta diagramnya

Cara menentukan alur cerita novel agar selalu runtut dan mampu menarik pembaca, langkah pertama buat kerangka hingga diagramnya. Sejenis pondasi dasar guna membangun sebuah cerita agar mudah nantinya ketika dikembangkan. Kerangka ini mencakup tokoh, latar cerita, dan unsur intrinsik hingga ekstrinsik lainnya.

2. Lakukan identifikasi peristiwa

Identifikasi tersebut bertujuan mencari tahu peristiwa apa yang mampu menjadi pemicu guna mengubah kehidupan tokoh. Hadirnya keseruan cerita dimulai dari sini sehingga penulis harus tahu mana tokoh yang berpotensi menjadi pemicu munculnya peristiwa baru. Biasanya diambil tokoh utama sebagai penentu cerita.

3. Munculkan tanjakan cerita

Tanjakan pada cerita dapat disebut proses menuju klimaks. Biasanya ada beberapa kejadian hingga mampu menguras emosi pembaca. Serentetan peristiwa ini justru menjadi bagian paling seru ditunggu para pembaca. Cerita tanpa tanjakan maka ibarat makanan tanpa penyedap sehingga hambar rasanya.

4. Hadirnya klimaks hingga resolusi

Kedua tahap ini juga berperan penting membuat cerita kian menarik. Ketika emosi pembaca terombang-ambing maka adanya klimaks serta resolusi seolah membuat peristiwa selesai. Segala masalah selesai begitu saja, sehingga membuat pembaca sering kali kurang puas. Justru ini yang diharapkan.

Beberapa contoh artikel di atas begitu menarik serta Anda dapat memperolehnya dengan mudah dengan memesan pada kami SahabatArtikel. Ada beberapa paket jasa penulis artikel jogja dengan harga terjangkau menanti Anda. Segera hubungi di nomor 0857-7777-5545 guna dapatkan artikel layaknya cara menentukan alur cerita novel.

Scroll to Top