Cara Menulis dan Membuat Sales Letter yang Baik

Cara menulis atau membuat sales letter yang baik merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh para pebisnis, khususnya bisnis online. Sekarang ini, kita dipermudah dalam menjalankan bisnis karena adanya teknologi yang bisa dimanfaatkan, baik untuk menawarkan produk, melakukan transaksi hingga melakukan promosi seperti jasa pembuatan artikel kepada target pasar.

Promosi atau pemasaran menjadi bagian penting dalam bisnis untuk memperkenalkan produk atau jasa yang ditawarkan. Bagi pelaku bisnis online, cara paling efektif tentunya melakukan promosi secara online. Berbagai metode bisa dilakukan sesuai dengan kebutuhan bisnis dan salah satu bentuk promosi online adalah membuat sales letter.

Sales letter atau surat penjualan merupakan surat yang berisi tulisan untuk menawarkan suatu produk agar penjualan meningkat. Penawaran ini sangat penting karena bukan hanya mengajak penerima surat untuk membeli produk atau menggunakan jasa yang ditawarkan, tapi juga memberikan edukasi mengenai apa yang ditawarkan.

Membuat Headline yang Menggebrak dan Berbeda dengan yang Lain

Cara Menulis dan Membuat Sales Letter yang Baik

Headline merupakan bagian pertama dari surat yang memiliki pengaruh besar, apakah calon pembeli tertarik untuk membaca surat penawaran tersebut. Anda mungkin sudah sering menerima sales letter dari berbagai produsen karena persaingan bisnis online yang semakin ketat sehingga wajar jika kita sudah bosan dengan surat tersebut.

Cara membuat sales letter paling tepat adalah membuat headline yang memukau dan berbeda dari lainnya. Pastikan headline membuat penasaran bagi mereka yang membacanya sehingga akan lanjut membaca semua isi dari surat tersebut. Tapi, apa yang dituliskan pada headline juga harus sesuai dengan kenyataan.

Buatlah Paragraf Pengantar menuju Penawaran Produk

Langkah selanjutnya yang harus dipersiapkan saat membuat sales letter adalah membuat paragraf pengantar. Tidak mungkin jika Anda langsung menuliskan penawaran produk di awal surat karena hal ini membuat pembaca tidak tertarik, apalagi jika sudah terlihat produk atau jasa yang ditawarkan tidak sesuai dengan kebutuhan.

Mungkin anda membutuhkan jasa penulis artikel jogja bisa menghubungi kami

Cara menulis sales letter yang tepat adalah membuat paragraf pengantar sebelum membahas tentang produk yang ditawarkan. Di bagian ini, Anda bisa memaparkan fakta-fakta menarik mengenai produk agar pembaca semakin tertarik membelinya. Cukup fakta menarik dan jelaskan secara singkat agar pembaca tidak kehilangan ketertarikan.

Deskripsikan Produk Secara Lengkap dan Jelas

Deskripsikan Produk Secara Lengkap dan Jelas

Bagian inti yang tidak boleh luput dari perhatian adalah bagian deskripsi produk. Di sini, Anda harus menjelaskan produk secara spesifik, mulai dari kelebihan, fasilitas produk, fitur produk, komposisi, bahan pembuatan hingga harga jika memang diperlukan. Pastikan Anda menuliskannya secara lengkap dan jelas.

Cara membuat sales letter agar menarik tentu Anda harus lebih fokus pada kelebihan yang dimiliki produk tersebut. Bukan hanya kelebihan secara teoritis tapi kelebihan secara nyata sehingga pembaca dapat menggambarkan apa saja keuntungan yang didapatkan. Dengan begitu, sales letter dapat meningkatkan penjualan dalam bisnis Anda.

Tuliskan Daftar Manfaat dari Produk

Pembaca terkadang tidak tahu apa manfaat dari produk yang ditawarkan untuk dirinya. Jika ditampilkan manfaat yang bisa didapatkan, pembaca akan menyadari bahwa produk tersebut dibutuhkan. Namun, Anda harus bisa menjelaskan manfaatnya secara nyata di kalangan yang menjadi target pasar, seperti mahasiswa, karyawan dan lainnya.

Semakin banyak manfaat yang bisa Anda jelaskan, maka pembaca akan semakin mudah tertarik untuk membelinya. Tapi, pilih manfaat yang sesuai dengan kenyataan dan tidak memberikan kesan mengada-ada. Disarankan cara penulis artikel sales letter dengan merangkum manfaat utamanya menjadi 3-4 point saja agar tidak terlalu banyak.

Tambahkan Testimoni yang Berasal dari Produk

Memberikan informasi atau manfaat secara teori mungkin kurang memberikan dampak bagi pembaca. Untuk itu, Anda harus bisa menampilkan bukti bahwa manfaat yang disampaikan memang benar dan sudah banyak orang yang membuktikannya sendiri. Dalam hal ini, Anda harus menyertakan testimoni produk dari pembeli sebelumnya.

Cara membuat sales letter terbaik tentu harus menyertakan testimoni produk, bahkan wajib. Tanpa adanya bagian ini, pembaca mungkin belum yakin dengan manfaat yang ditawarkan. Oleh karena itu, Anda bisa memanfaatkan efek psikologis calon pembeli agar semakin yakin dan percaya untuk membeli produk tersebut.

Apabila produk yang Anda tawarkan berkualitas, tentu banyak pembeli yang bersedia memberikan testimoninya. Dari sekian banyaknya testimoni, Anda bisa memiliki testimoni mana yang paling menarik dan memberikan efek psikologis bagi calon pembeli agar semakin yakin.

Menampilkan Bukti Keberhasilan dari Produk

Menampilkan Bukti Keberhasilan dari Produk

Beberapa produk mungkin membutuhkan bukti keberhasilan yang nyata agar pembaca semakin yakin dengan manfaat dari produk tersebut, misalnya saja untuk produk pelangsing dan kecantikan. Cara paling efektif adalah menunjukkan kondisi sebelum dan setelah pemakaian produk sehingga terlihat jelas bagaimana manfaat dari produk yang digunakan.

Bagian ini juga bisa disertakan dalam cara menulis sales letter untuk produk digital, seperti menunjukkan track record prestasi yang sudah populer atau berhasil dengan produk sebelumnya. Bukti keberhasilan ini membuat pembaca semakin ingin membeli produk yang ditawarkan karena mereka ingin secepatnya mendapatkan keberhasilan serupa.

Mengakhiri dengan Call to Action

Ternyata bukan hanya bagian headline yang memiliki peran penting, tapi juga bagian akhir sales later. Bagian akhir seharusnya lebih kuat agar pembaca semakin yakin untuk membeli produk yang ditawarkan dalam surat tersebut. Oleh sebab itu, disarankan untuk menggunakan call to action atau ajakan bertindak.

Pada bagian call to action ini, Anda mengajak pembaca agar melakukan tindakan setelah selesai membaca penawaran. Tindakan yang dimaksud adalah membeli produk, berbagi informasi, meninggalkan komentar dan lain sebagainya. Call to action merupakan cara paling elegan dan cantik untuk meyakinkan pembeli untuk segera membeli.

Pentingnya sales letter dalam bisnis, tentu Anda harus membuatnya dengan baik. Cara terbaik adalah dengan mempercayakannya jasa pembuatan sales letter pada SahabatArtikel yang sudah berpengalaman dalam menulis sales letter melalui tim writer dan editor terpercaya. Langsung saja hubungi nomor 0857-7777-5545 (telepon/sms/WA) sebagai cara membuat sales letter terbaik.

Scroll to Top