Perbedaan Artikel SEO dan Artikel Biasa untuk Pemasaran Online

Bagi seorang penulis, memahami perbedaan artikel SEO dan artikel biasa adalah hal yang wajib. Begitu juga bagi Anda para pemilik website, blog atau toko online. Memahami jenis-jenis konten seperti ini akan memudahkan Anda dalam proses pengembangan web, atau toko online yang dimiliki.

Perbedaan Artikel SEO dan Artikel Biasa

Seperti kita ketahui, saat ini dunia internet sedang mengalami kemajuan yang sangat pesat. Ada banyak sekali orang yang menekuni bisnis online saat ini. Jenis bisnisnya sendiri sangat beragam dari mulai berjualan produk, jasa, atau bahkan bekerja sama dengan penyedia iklan CPC seperti Google Adsense.

Tentu saja semua bentuk usaha online tersebut bisa memberikan potensi penghasilan yang besar. Namun ada beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi untuk menghadapi persaingan di dunia maya yang sangat ketat. Salah satunya adalah konten artikel.

Konten ini terbagi menjadi dua jenis yakni konten SEO dan konten biasa. Apa sebenarnya perbedaan artikel SEO dan artikel biasa ini? Bagaimana dampaknya terhadap situs web anda? Mari kita bahas satu-persatu.

Penargetan Keyword atau Kata Kunci Pencarian

Penargetan Keyword atau Kata Kunci Pencarian

Perbedaan pertama yang dimiliki oleh konten SEO dan konten biasa terletak pada penargetan keyword atau kata kunci yang ada pada konten. Tulisan SEO pasti memiliki keyword yang ditargetkan pada setiap paragrafnya.

Keyword ini sederhananya adalah kata yang sering diketikkan oleh para pencari di kolom search engine seperti Google pada saat mereka mencari informasi tertentu. Jika keyword tersebut Anda sematkan pada tulisan secara natural, tentu saja konten Anda akan muncul pada pencarian tersebut.

Tidak hanya menyisipkan satu keyword saja, konten dari pakar SEO biasanya menyimpan beberapa keyword sekaligus. Penempatannya juga sangat tertata dari mulai pada judul, paragraf pertama, tengah dan paragraf akhir. Inilah perbedaan artikel SEO dan artikel biasa yang wajib Anda pahami.

Konten biasa tidak menggunakan penargetan keyword apapun. Penulisannya natural tanpa memikirkan penempatan keyword dan aspek SEO lainnya. Namun konten biasa seperti ini biasanya memiliki isi konten yang panjang.

Persaingan yang ada di Search Engine

Perbedaan artikel SEO dan artikel biasa selanjutnya terletak pada persaingan di search engine. Secara teknis, sudah tentu konten SEO jauh lebih unggul di hasil pencarian. Tulisan biasa akan sulit untuk muncul di halaman pertama pencarian Google. Kecuali kalau isi konten yang dibuat memang masih sangat jarang dibahas.

Namun konten biasa masih bisa mengandalkan algoritma Google yang terus mengalami perubahan. Inilah yang membuat konten biasa seringkali masuk ke dalam halaman utama pencarian. Pada fase perubahan algoritma, siklus pencarian di Google menjadi kacau karena mengalami refresh.

Pada momentum seperti ini seringkali konten biasa lebih tinggi posisinya dibandingkan artikel SEO. Hanya saja kondisi seperti ini tidak bertahan lama. Biasanya para penulis artikel SEO langsung melakukan optimasi terhadap konten mereka sehingga bisa memasuki halaman pertama pencarian Google lagi.

Target Pembaca Artikel SEO dan Biasa

Target Pembaca Artikel SEO dan Biasa

Perbedaan artikel SEO dan artikel biasa lainnya terletak pada target pembaca artikel itu sendiri. Konten SEO mampu menjangkau lebih banyak pembaca dari berbagai elemen. Karena menggunakan penargetan keyword, pembaca dari konten SEO bisa berasal dari mana saja.

Yang terpenting, mereka mengetikkan keyword yang ditargetkan pada artikel di kolom pencarian. Secara otomatis tulisan yang Anda buat akan muncul. Hal ini jauh berbeda jika dibandingkan dengan konten biasa.

Baca artikel kami lainya mengenai jasa penulis artikel SEO jogja

Artikel biasa umumnya dinikmati oleh mereka yang sudah berlangganan terhadap tulisan itu sendiri. Dalam hal ini, feed website atau layanan berlangganan konten memegang peranan besar. Jadi setiap kali ada konten baru, para pembaca secara otomatis akan mendapatkan notifikasi.

Jadi konten SEO ditujukan kepada para pembaca baru, sedangkan konten biasa umumnya ditujukan pada para pembaca yang memang butuh akan konten tersebut dan sudah loyal kepada situs web yang Anda miliki.

Niche atau yang bisa Disebut Pembahasan Artikel

Perbedaan artikel SEO dan artikel biasa selanjutnya terletak pada biche atau isi pembahasan konten. Konten biasa umumnya mengkhususkan diri pada satu niche pembahasan saja. Sedangkan artikel SEO bisa membahas niche apapun secara bebas, selama target keyword yang ada memang dicari oleh para pembaca.

Namun biasanya tulisan biasa memiliki konten pembahasan yang jauh lebih detail. Rata-rata artikelnya juga memiliki durasi baca yang lama. Karenanya mereka yang membuat konten biasa tentu harus memiliki kemampuan menulis yang baik dan tidak membosankan.

Sedangkan untuk artikel SEO, seringkali pembaca hanya melihat poin-poin utamanya saja. Namun ini memang tidak berbelakangan dengan tujuan pembuatan konten SEO Itu sendiri yang mengkhususkan diri untuk menjaring pembaca organik sebanyak banyaknya.

Dampaknya Terhadap Penjualan Produk Atau Jasa Secara Online

Dampaknya Terhadap Penjualan Produk Atau Jasa Secara Online

Perbedaan artikel SEO dan artikel biasa selanjutnya terletak pada dampaknya terhadap bisnis anda. Bagi Anda yang membutuhkan konten artikel untuk penjualan produk atau jasa, tentu saja konten SEO jauh lebih direkomendasikan dibanding tulisan biasa.

Dengan penggunaan konten SEO, jangkauan konsumen Anda jadi jauh lebih luas. Memiliki jangkauan konsumen yang luas, tentu saja potensi pembeli produk atau layanan jasa yang Anda sediakan jadi jauh lebih banyak. Sudah pasti ini akan mendatangkan keuntungan besar bagi bisnis yang sedang Anda jalankan.

Dalam penerapannya, Anda bisa mengandalkan jasa penulis konten yang banyak bertebaran di dunia maya saat ini. Tentunya mereka memiliki penulis dengan kemampuan di atas rata-rata. Pemahaman mereka terkait penulisan konten ini sudah tidak perlu diragukan lagi. Rekomendasi terbaik kami adalah SahabatArtikel.

Lebih dari 8 tahun kami melayani kebutuhan klien dalam dunia penulisan online. Ada banyak penulis berkualitas yang kami miliki untuk memaksimalkan web atau penjualan produk anda. Hubungi kami di 0857-7777-5545 dan konsultasikan kebutuhan penulis artikel atau konten Anda pada tim kami termasuk tentang perbedaan artikel SEO dan artikel biasa ini.

Scroll to Top