Cara Mudah Menulis Buku, Pemula Wajib Tahu

Mengetahui cara mudah menulis buku tentunya akan sangat menguntungkan bagi para penulis pemula. Pada dasarnya semua orang bisa menulis, tetapi tidak semua tulisan kualitasnya bagus.

Membuat sebuat tulisan berkualitas seperti perusahaan penulis artikel memang diperlukan banyak hal, misalnya kemampuan menulis, pengalaman, kekayaan bacaan, pengetahuan luas, dan sebagainya.

Untuk membuat naskah pendek seperti artikel atau cerpen saja mungkin membutuhkan usaha besar bagi seorang penulis. Apalagi jika Anda berniat membuat sebuah buku dimana tentunya jumlah halaman lebih banyak.

Diperlukan kekuatan dalam kemampuan kepenulisan untuk dapat mengarang sebuah buku apapun jenisnya, apakah itu novel, tutorial, biografi, dan sebagainya.

Namun jangan terlebih dahulu pesimis dan berpikir bahwa Anda tidak dapat membuat tulisan yang bagus. Setiap pengarang terkenal tentu pernah ada di tahap sebagai pemula dengan pengalaman minim.

Untuk itu, jangan ragu mengasah kemampuan dalam bidang ini. Berikut adalah beberapa tips serta strategi dalam membuat sebuah buku.

Cara Mudah Menulis Buku dengan Menentukan Tema yang Benar

Cara Mudah Menulis Buku dengan Menentukan Tema yang Benar

Tips pertama cara mudah menulis buku adalah menentukan tema apa yang akan Anda angkat. Jangan berpikir bahwa penulisan buku hanya seputar novel atau buku cerita saja.

Tetapi bisa juga membuat karangan non fiksi seputar teknologi, bisnis, marketing, parenting, dan lain sebagainya.

Karena sifatnya yang luas, maka sangat perlu menentukan tema secara lebih spesifik. Dengan begitu tulisan yang dibuat akan lebih terkonsentrasi pada kesesuaian tema.

Sebagai contoh Anda ingin membuat buku mengenai bisnis. Karena bisnis sifatnya sangat luas, maka diperlukan pengerucutan tema. Misalnya fokus pada strategi bisnis kuliner di era digital.

Selain memudahkan penulisan, penentuan tema juga nantinya mampu dijadikan strategi memasarkan buku tersebut. Untuk tema strategi bisnis kuliner di era digital tentu memiliki target lebih spesifik.

Misalnya anak muda milenial yang tertarik mengembangkan usahanya pada bidang kuliner. Lebih lanjut lagi, Anda dapat mempergunakan gaya bahasa secara tepat.

Melakukan Sebuah Riset Seputar Tema Sebelum Menulis Buku

Cara mudah menulis buku selanjutnya adalah dengan melakukan riset serta pengumpulan bahan sesuai tema. Langkah ini sangat penting karena akan menentukan kualitas tulisan.

Melakukan Sebuah Riset Seputar Tema Sebelum Menulis Buku

Untuk membuat karangan non fiksi tentang teknologi, tentu Anda harus mencari bahan sesuai tema tersebut. Begitu juga untuk tema-tema lainnya.

Tidak hanya karangan non fiksi, naskah fiksi juga tidak bisa terlepas dari riset. Sebagai contoh Anda ingin membuat novel yang latar belakang ceritanya menggunakan setting pesantren.

Mau tidak mau Anda harus melakukan riset tentang bagaimana kehidupan di pesantren. Mulai dari kebiasaan para santri, budaya yang berlaku, dan data pendukung lainnya.

Dengan melakukan riset, berarti Anda mempertanggung jawabkan tulisan tersebut. Alangkah lebih baiknya jika Anda membuat naskah tentang pengetahuan sesuai expertise.

Dengan begitu, proses penulisan bisa lebih cepat dan mudah. Namun tidak ada salahnya juga mengeksplor berbagai tema. Kuncinya adalah rajin melakukan riset serta mengumpulkan data.

Cara Mudah Menulis Buku dengan Menyusun Pokok-Pokok atau Kerangka Tulisan

Cara mudah menulis buku berikutnya yaitu menyusun kerangka alias outline. Ini merupakan langkah awal yang memudahkan Anda dalam menjadikan satu karangan panjang.

Cara Mudah Menulis Buku dengan Menyusun Pokok-Pokok atau Kerangka Tulisan

Sebelum menulis secara rinci, penulis perlu melakukan mind mapping sehingga tulisan lebih terarah dan sistematis. Outline atau kerangka merupakan gambaran awal seperti apa nantinya buku Anda.

Setelah memetakan poin-poin apa yang akan ditulis, Anda bisa lebih mudah dan fokus pada poin tersebut. Sebenarnya ini merupakan teknik dasar dalam sebuah penulisan apapun.

Tidak hanya buku, pembuatan kerangka juga berlaku untuk penulisan essay, jurnal, skripsi, dan berbagai karya tulis artikel ilmiah populer lainnya.

Mungkin Anda akan berpikir bagaimana cara membuat kerangka untuk karya fiksi. Jenis karya fiksi memang lebih mengandalkan daya imajinasi. Namun penulis bisa saja mengembangkan tema dan menyusun plot atau alur cerita sejak awal.

Penyusunan plot juga bisa dibilang strategi pembuatan kerangka. Meskipun pada praktiknya seringkali penulis mengembangkan ide yang berbeda.

Mulai Menulis dengan Cara Konsisten untuk Menghasilkan Buku Berkualitas

Setelah menentukan tema, melakukan riset atau mengumpulkan data, dan juga menyusun kerangka, kini saatnya Anda mulai menulis.

Mulai Menulis dengan Cara Konsisten untuk Menghasilkan Buku Berkualitas

Adanya outline akan sangat membantu ketika menuliskan berbagai hal secara lebih rinci. Cara mudah menulis buku hingga selesai tentu harus dilakukan dengan konsisten.

Pada suatu titik seorang penulis mungkin akan terjebak pada blank idea alias tidak memiliki ide untuk melanjutkan tulisannya. Ini merupakan hal wajar yang kerap dialami para penulis, bahkan penulis berpengalaman sekalipun.

Namun sebaiknya Anda tidak berhenti begitu saja. Sebaliknya, rangsang pikiran untuk mengeksplorasi lebih banyak hal.

Tidak ada salahnya mencoba hal baru dalam tulisan selama masih relevan dengan tema yang diangkat. Salah satu cara menstimulus pikiran adalah dengan membaca berbagai literatur, baik yang berhubungan dengan karangan Anda atau tidak.

Yang tidak kalah penting yaitu terus menulis sehingga akan menjadi kebiasaan dan meningkatkan kualitas Anda.

Membaca Kembali Hasil dari Tulisan Buku yang Anda Buat

Cara mudah menulis buku yang tidak kalah penting yaitu membaca kembali hasil naskah. Membaca kembali berarti Anda juga dapat memposisikan diri sebagai pembaca.

Membaca Kembali Hasil dari Tulisan Buku yang Anda Buat

Ini juga merupakan strategi penyuntingan atau editing yang dapat menentukan kualitas karangan pada akhirnya. Sebelum mengirimkan pada penerbit atau editor, baca kembali naskah Anda.

Saat membacanya kembali, mungkin Anda akan menemukan kesalahan pengetikan alias typo, pemilihan diksi yang kurang sesuai, atau kalimat tidak koheren.

Dengan begitu karangan bisa segera diperbaiki sehingga tidak hanya berisi materi bermanfaat tetapi juga enak dibaca.

Kemampuan menulis seseorang tidak bisa disamakan. Ada orang-orang yang memang memiliki skill mumpuni untuk menghasilkan naskah berkualitas seperti jasa penulisan artikel SahabatArtikel.

Anda bisa mengetahui kualitasnya dengan menghubungi 0857-7777-5545 (WA/SMS/Telp). Hasil tulisan penulis SahabatArtikel merepresentasikan cara mudah menulis buku dengan tepat.

Scroll to Top