Inilah Cara Membuat Artikel Ilmiah Popular Yang Baik dan Benar

Home »  Blog »  Inilah Cara Membuat Artikel Ilmiah Popular Yang Baik dan Benar

Inilah Cara Membuat Artikel Ilmiah Popular Yang Baik dan Benar

Inilah Cara Membuat Artikel Ilmiah Popular Yang Baik dan Benar

Artikel ilmiah popular yaitu termasuk dari salah satu berbagai macam jenis karya tulis atau karya ilmiah. Artikel ilmiah ini pada umumnya dihargai dengan menggunakan 2 angka kredit. Akan tetapi, artikel ilmiah tersebut sebaiknya memenuhi kriteria tulsian ilmiah untuk pengembangan profesi guru. Guru juga bisa memilih jenis tulisan atau artikel tersebut sebagai karya tulis di dalam rangka untuk memenuhi angka kredit dari unsur kegiatan pengembangan profesi. Akan tetapi karya ilmiah ini tidak hanya sekedar untuk ditulis sampai bisa menjadi dokumen pribadi. Akan tetapi harus disebarkan dengan melalui media massa. Sebaiknya juga dikirim dan dimuat dalam surat kabar atau majalah, tabloid, jurnal dan lain lainnya. Koran artikel potongan yang dimuat pada media cetak menjadi bukti fisik pada saat mengajukan bahan kenaikan pangkat dari seorang guru. Kegiatan menulis ilmiah atau karya ilmiah telah menjadi suatu kewajiban bagi guru.

Jika seorang guru ingin menaikan pangkat/golongan menuju tingkat yang lebih tinggi, guru sebaiknya mengumpulkan angka kredit tertentu dari kegiatan pengembangan profesi. Guru yang tidak melaksanakan kegiatan pengembangan profesi tersebut, membuat tulisan/karya tulis ilmiah bisa menjadi suatu masalah kenaikan pangkat menuju tingkat yang selanjutnya. Biasanya, tidak disebabkan karena tidak mau melakukan kegiatan pengembangan profesi, akan tetapi disebabkan oleh kendala kemampuan menulis ilmiah. Bagi yang memiliki profesi sebagai seorang guru yang ingin mencoba karya tulis ilmiah kategori tulisan ilmiah popular. Berikut ini adalah 8 cara membuat artikel ilmiah yang perlu anda lakukan:

1. Memilih tema tulisan

Cara membuat artikel ilmiah pertama anda harus memilih tema tulisan. Tema tulisan merupakan pokok pembahasan pada sebuah artikel. Pilihlah tema yang mudah dan sudah anda kuasai. Contohnya seperti, motivasi belajar siswa, metode mengajar, prestasi belajar siswa, strategi dan lain sebagainya.

2. Menulis dengan kerangka

Sebaiknya anda terbisa sebelum menulis terlebih dahulu membuat kerangka tulisan. Anda harus menyiapkan kumpulan kalimat penting dengan garis besar atau menyiapkan hal-hal apa saja yang hendak ditulis. Contohnya, tema artikel prestasi belajar.

Dengan demikian poin-poin yang dibuat menjadi kerangka artikel yaitu : seperti apa prestasi belajar siswa? Mengapa prestasi belajar siswa tersebut bisa menurun? Bagaimana cara mengatasinya? Anda bisa memperdalam lagi dari tiga kalimat kerangka yang telah disediakan tersebut.

3. Membuat paragraf pembuka dengan baik

Kalimat yang ada di paragaf pembuka, memiliki peran yang sangat penting di dalam sebuah artikel. Tujuannya yaitu untuk menarik perhatian calon pembeli. Sama halnya dengan fungsi dari paragraf pembuka dalam sebuah artikel ilmiah.

4. Menuliskan gagasan pokok secara jelas

Tulisan ilmiah popular hanya berkisar antara 2,5 sampai dengan 3,5 halaman. Maka dari itu tuliskanlah gagasan pokok tulisan pada bagian awal paragraf. Dengan begitu para pembaca bisa menangkap apa yang akan disampaikan oleh para penulis.

5. Memberikan ilustrasi yang wajar

Apabila pada sebuah blog, ilustrasi yang menarik diperlihatkan berupa gambar maupun dengan foto yang bisa menjadi pendukung ulasan pada artikel postingan.

Akan tetapi dalam tulisan ilmiah popular, berbagai ilustrasi diperlihatkan pada rangkaian kalimat dalam paragraf. Ilustrasi yang dibuat sebaiknya juga yang wajar dan juga logis atau masuk akal.

6. Mempelajari cara dan gaya penulisan

Cara membuat artikel ilmiah juga harus mengerti cara menentukan tema, judul artikel dan juga gaya penulisan. Dan sebagai panduan bagi penulis yaitu media cetak mana yang kita pilih di dalam mengirim sebuah tulisan.

Setiap media cetak itu memiliki cara serta gaya penyajian yang berbeda. Dengan demikian anda harus mempelajari cara dan gaya penulisan media yang akan anda tuju.

7. Menutup artikel dengan paragraf yang kuat

Dalam membuat artikel tutuplah dengan paragraph yang kuat. Dalam hal ini anda bisa menggunakan kalimat yang berupa sebuah kesimpulan dari pembahasan artikel anda itu.

8. Menyunting artikel dengan seksama

Langkah selanjutnya menyunting artikel yang telah berhasil dibuat. Periksa lagi kata keseluruhannya, periksa juga kalimat dan paragraf yang ada. Begitu juga dengan ejaan dan tanda baca. Dengan disunting, artikel akan berkualitas dan juga enak dibaca.

Akan tetapi untuk Anda yang saat ini sedang membutuhkan jasa penulis artikel untuk berbagai keperluan seperti salah satunya penulisan artikel karya ilmiah, maka anda bisa menggunakan jasa kami untuk membuat segala jenis artikel sesuai keinginan Anda.