Cara Mudah Riset Keyword untuk Artikel

Home »  Blog »  Cara Mudah Riset Keyword untuk Artikel

blog-thumbnail

Riset keyword untuk artikel merupakan pencarian kata kunci yang tepat untuk artikel website Anda. Pencarian kata kunci ini didasarkan pada jumlah kata kunci tertentu yang digunakan oleh banyak orang atau penulis artikel, sehingga mengetahuinya sama saja dengan mengetahui strategi pembuatan konten yang tepat serta strategi pemasaran secara keseluruhan. Lantas bagaimana cara riset keyword? Caranya cukup mudah, Anda bisa mengikuti langkah yang akan dijelaskan di bawah ini.

Riset keyword untuk artikel

Cara Riset Keyword Tanpa Keyword Tool

  • Membuat daftar topik penting dan relevan untuk website

Website selalu dibuat dengan tujuan tertentu, misal untuk berdagang, untuk membuka jasa, untuk memberi informasi berupa artikel dan lain sebagainya. Terlepas dari hal tersebut, website yang dibuat pasti akan fokus pada tema tertentu. Orang sering menyebutnya dengan istilah niche. Nah hal pertama yang harus Anda lakukan untuk riset keyword yaitu dengan mencari topik yang berhubungan dengan niche blog Anda.

Misalnya website tentang kecantikan dan hijab, maka topik yang dimaksud seperti model hijab, jenis hijab, bahan hijab, harga hijab, hijab syari dan lain sebagainya. Temukan topik sebanyak-banyaknya agar nanti lebih mudah saat ingin meriset keyword, dan keyword yang didapat juga bisa lebih banyak.
Membuat perkiraan kata kunci berdasarkan topik yang didapat

Dari banyaknya topik yang Anda ambil, Anda bisa membuat perkiraan kata kuncinya. Semisal untuk kata hijab di atas, Anda bisa mendapatkan beberapa keyword seperti hijab model terbaru, tutorial menggunakan hijab, jenis-jenis hijab, cara memilih hijab, rekomendasi hijab yang nyaman digunakan dan lain sebagainya. Anda bisa mendapatkan banyak kata kunci dari beberapa topik yang sudah Anda pilih sebelumnya.

  • Melihat kata kunci lain di searches relate

Apabila Anda merasa kesulitan memikirkan kata kunci yang mungkin dicari orang berdasarkan langkah kedua di atas, maka Anda bisa mendapatkan kata kunci dengan cara melihat istilah lain di google relate. Jadi di hasil pencarian google apabila Anda gulirkan kursornya ke bawah maka akan ditemukan yang namanya searches relate atau pencarian yang terkait.

Anda juga bisa mengunjungi jasa penulis artikel teknologi

Dari contoh ‘model hijab’ di atas, di pencarian google muncul penelusuran yang terkait dengan model hijab, seperti model hijab terbaru 2019, model hijab segi empat, model hijab 2019, model hijab wisuda, model hijab 2018 dan lain sebagainya. Anda bisa menggunakan kata kunci tersebut.
Apabila cara riset kata kunci tanpa tool terkesan repot dan agak sulit, Anda bisa mencoba riset kata kunci dengan tool di bawah ini.

Cara Mudah Riset Keyword dengan Keyword Tools

Riset keyword dengan keyword tool lebih banyak digunakan karena hasilnya yang lebih tepat dan ada informasi penting lain yang disajikan terkait volume pencarian, tingkat kesulitan keyword, keyword suggestion dan SERP. Nah berikut beberapa keyword tools yang bisa Anda gunakan.

  • Ubersuggest

Tool yang pertama adalah ubersuggest. Tool milik marketer ternama Neil Patel ini merupakan tool gratisan yang bisa Anda coba dengan mudah.

Cara menggunakan ubersuggest:

– Pada website Neil Patel Ubersuggest, pilih negara yang sesuai
– Masukkan topik kata kunci yang akan dicari
– Tunggu sebentar hingga muncul hasil
Hasilnya nanti berupa volume pencarian terkait kata yang Anda cari, SEO difficulty, paid difficulty, CPC dan ide keyword lainnya. Ide keyword lainnya tersebut bisa Anda jadikan patokan untuk memilih keyword lainnya.

  • Google Trend

Cara sederhana riset keyword selanjutnya dengan google trend. Tool satu ini menyediakan grafik naik turun keyword dari lima tahun terakhir hingga sejam terakhir. Dengan begitu Anda bisa mengetahui popularitas suatu keyword selama 5 tahun terakhir.

Cara menggunakan Google Trend:

– Pada website google trend, pilih negara yang sesuai
– Masukkan topik kata kunci yang akan dicari
– Tunggu sebentar hingga muncul hasilnya. Hasilnya nanti berupa grafik minat seiring waktu, minat menurut sub wilayah di Indonesia, topik yang terkait, dan kueri yang terkait. Hasil ini bisa Anda ubah-ubah waktunya, apakah ingin hasil satu jam terakhir, satu hari terakhir, satu bulan terakhir dan lain sebagainya. Hasil di kueri terkait itu bisa Anda jadikan keyword.

  • MOZ

Anda juga bisa menggunakan MOZ. Tool satu ini memberikan informasi yang cukup maksimal. Namun sayangnya berbayar, Anda hanya bisa mencoba gratis selama 30 hari saja dengan cara register terlebih dahulu.

Cara menggunakan MOZ:

– Pada website MOZ, Klik start my free trial
– Isi data yang dibutuhkan lalu klik sign up
– Setelah itu Anda bisa mulai riset keyword dengan mengetikkan kata yang Anda inginkan
– Tunggu sebentar hingga muncul hasilnya

Anda bisa mendapatkan informasi bermanfaat terkait keyword yang akan digunakan seperti informasi volume pencarian, difficulty, CTR organik, priority, saran keyword dan analisis SERP. Informasinya cukup lengkap, sayangnya hanya gratis selama 30 hari.

Sebenarnya masih banyak lagi keyword tools lain seperti KeywordTool, SEMrush, Keyword Shitter dan lain sebagainya. Cara menggunakannya hampir sama dengan ketiga tool di atas. Perbedaannya mungkin di informasi yang didapat. Untuk keyword shitter, Anda hanya mendapatkan informasi terkait saran keyword.

Jasa Riset Keyword dan Penulisan Artikel, SahabatArtikel

Bagi Anda yang merasa kesulitan riset keyword, Anda bisa memesan artikel di jasa kami, SahabatArtikel karena kami menyediakan artikel menarik dengan layanan riset keyword gratis bagi Anda yang memesan artikel di tempat kami. Untuk pemesanan bisa dengan menghubungi admin kami di nomor 0857-7777-5545. Kami sudah berpengalaman jadi jangan ragu untuk mempercayakan proses riset keyword untuk artikel di tempat kami.