Pengertian Artikel, Fungsi, Jenis, Ciri dan Tujuannya

Alangkah baiknya Anda mengetahui pengertian artikel dan ciri-cirinya agar dapat menghasilkan karya tulis yang berkualitas. Untuk memahami arti dari sebuah artikel, kita bisa menjumpainya di berbagai sumber atau literatur tepercaya. Misalnya kamus, buku hasil penelitian hingga buku mengenai artikel yang ditulis oleh dosen atau peneliti dan lain-lain.

Karya dalam bentuk tulisan saat ini digunakan untuk berbagai keperluan, terutama untuk tujuan bisnis. Seperti tulisan mengenai profil sebuah perusahaan, produk perusahaan yang dituangkan dalam bentuk tulisan. Hingga tulisan dibuat dengan tujuan menarik calon pembeli agar bersedia menggunakan sebuah produk.

Dari kasus tersebut kita bisa melihat bahwa tulisan memiliki fungsi sangat luas. Mulai dari hanya memberikan informasi tertentu kepada pembaca hingga tujuan persuasif atau mempengaruhi pembaca agar tertarik untuk menggunakan sebuah produk. Karya tulis tersebut juga bisa menciptakan reputasi baik bagi perusahaan.

Pengertian Artikel

Tidak mengherankan jika saat ini banyak perorangan maupun perusahaan yang menawarkan jasa pembuatan artikel. Dengan jenis, topik, dan harga sangat bervariasi sesuai kebutuhan dan budget dari konsumen. Berikut beberapa hal terkait dengan artikel yang perlu diketahui.

Pengertian Artikel yang Harus Diketahui

Kita mengenal bermacam-macam pengertian artikel review. Dengan berbagai macam sumber tepercaya. Artikel adalah sebuah karya tulis berisi gagasan secara lengkap. Gagasan yang diungkapkan bisa berbentuk pendapat atau opini, fakta, hingga berita aktual atau sedang hangat terjadi.

Ide menjadi nyawa atau hal utama dari sebuah karya tulis. Bentuk karya tulis sangat umum kita jumpai adalah esai. Selain itu tulisan yang ditayangkan dalam sebuah website atau portal berita tertentu. Untuk tema tulisan juga sangat beragam. Tergantung dengan kebutuhan pembaca. Mulai dari tema kesehatan, gaya hidup, pendidikan dan lain-lain.

Artikel adalah sebuah karya tulis yang dibuat dengan bahasa mudah dipahami pembaca. Untuk tulisan dalam bahasa Indonesia, tentu menggunakan aturan atau kaidah bahasa Indonesia. Pemanfaatan tulisan saat ini umum untuk isi atau konten website maupun blog. Jika Anda seorang blogger, tentu tulisan menjadi sangat penting untuk konten blog.

Begitu halnya dengan website perusahaan, tulisan bisa menjadi sumber informasi tepercaya bagi konsumen terkait produk. Hal ini dikarenakan konsumen mendapatkan informasi dari sumber utama. Selain itu mencegah konsumen mendapatkan informasi tidak sesuai.

Fungsi Artikel yang Sangat Beragam

Artikel memiliki bermacam macam fungsi. Mulai dari menyampaikan gagasan kepada pembaca, wadah untuk publikasi ide, sebagai sarana untuk melatih kemampuan berpikir kritis, bentuk aktualisasi diri hingga treatment pelepas stres. Tidak mengherankan jika menulis sebuah karya tulis dapat memberikan dampak yang luas biasa bagi penulis.

Fungsi Artikel

Sudah bukan menjadi hal asing jika sebuah tulisan dapat berfungsi sebagai sarana menyampaikan informasi kepada pembaca. Misalnya tulisan tentang cara membuat kuliner soto ayam. Dari topik tersebut, tentu pembaca akan memperoleh informasi mengenai bahan dan bumbu untuk membuat soto hingga cara memasak soto.

Fungsi artikel adalah sebagai wadah untuk memublikasikan ide yang dimiliki. Misalnya kita melakukan penelitian tentang jumlah anak kecil yang sudah bisa menggunakan smartphone di kota Surabaya. Maka hasil tulisan tersebut bisa dipublikasikan dalam bentuk jurnal sehingga akan lebih banyak pembaca mengetahui fakta tersebut.

Di sisi lain, jika kita sering menulis maka secara perlahan akan melatih kemampuan berpikir kritis. Hal ini dikarenakan kita memulai dengan memikirkan sebuah permasalahan. Kemudian kita mencari data akurat serta berpikir bagaimana solusi dari masalah yang diangkat.

Selain itu menulis artikel bisa membuat kita melepas stres atau beban pikiran. Misalnya kita mengangkat tema tentang pengalaman wisata. Selain kita membagikan pengalaman, pikiran kita menjadi tenang serta bahagia dengan mengingat perjalanan wisata.

Ciri Artikel yang Ditulis dala Rangka Memenuhi Apa yang Dibutuhkan

Ciri artikel yang perlu diketahui adalah hasil karya tulisan orisinal dan ditulis dalam rangka memenuhi apa yang dibutuhkan. Sebuah tulisan hendaknya dibuat berdasarkan dengan pemikiran sendiri, bukan menjiplak karya orang lain dan mengakuinya sebagai milik pribadi.

Sebuah tulisan dibuat tentu untuk memenuhi kebutuhan pembaca. Misalnya penulis artikel berpikir pembaca akan sangat membutuhkan informasi mengenai cara pengelolaan finansial yang baik. Hal ini dikarenakan penulis melihat realitas banyak orang yang sudah berpenghasilan namun tidak bisa menabung dan mengelola dana yang dimiliki.

Tujuan Artikel yang Sangat Beragam

Tujuan artikel sangat banyak. Tujuan tulisan juga tergantung dengan jenis yang dibuat. Misalnya jenis tulisan deskriptif, yakni tulisan yang berisi memaparkan sebuah gagasan tertentu. Sebuah perusahaan perawatan kulit memiliki produk terbaru dan ingin agar konsumen mengetahuinya dan kemudian tertarik membeli.

Ciri dan Tujuan Artikel

Perusahaan bisa memberikan deskripsi secara detail mengenai manfaat produk skin care facial foam untuk merawat wajah. Selain itu kandungan atau bahan apa saja yang ada pada facial foam tersebut, hingga aturan penggunaan agar mendapatkan hasil optimal. Tulisan dibuat detail untuk menjelaskan isi produk. Hal ini yang disebut tujuan memberikan informasi.

Sebuah tulisan bisa dibuat dalam rangka berbagi pengalaman. Misalnya berbagi pengalaman mendapatkan beasiswa di luar negeri. Hal ini membuat pembaca mengetahui dinamika dan gambaran dari kejadian yang dialami penulis. Artikel juga dibuat dengan tujuan berbagi tutorial membuat sesuatu, seperti kuliner atau masakan.

Tidak hanya itu, sebuah tulisan juga dibuat untuk memberikan pemecahan masalah. Misalnya penulis membahas mengenai cara asyik membuat nafsu makan anak meningkat. Pada tulisan yang diangkat, penulis bisa mengungkapkan langkah dalam mengkreasikan masakan.

Untuk membuat hasil karya tulis berkualitas, Anda dapat menggunakan jasa artikel seo SahabatArtikel. Kami memberikan jaminan artikel yang ditulis merupakan karya orisinal. Staf dan manajemen siap memberikan pelayanan memuaskan untuk Anda.

Untuk memesan artikel, Anda dapat menghubungi 0857-7777-5545 melalui berbagai layanan, baik telepon, SMS maupun Whatsapp. Anda tidak perlu khawatir dengan hasil penulisan. Karena kami akan memberikan hasil karya tulis sesuai dengan tujuan artikel yang diinginkan.

Scroll to Top