Cara Menstabilkan Ping Game Online di Mikrotik

Cara menstabilkan ping game online di mikrotik sangat membantu kita untuk bisa bermain game dengan lancar. Sekarang ini, banyak game online yang bisa kita mainkan di kala waktu senggang dan tidak sedang menulis artikel seo friendly. Bahkan, beberapa orang menjadi gamers profesional dan mendapatkan penghasilan dari bermain game online tersebut.

Bayangkan saja jika Anda sedang asyik-asyiknya bermain game online kemudian koneksi mengalami masalah atau lag. Maka Anda akan tertinggal momen seru saat bermain game online dan hal ini sangatlah menjengkelkan. Oleh karena itu, koneksi internet menjadi bagian penting agar kita bisa bermain game online lancar.

Sayangnya, traffic internet yang besar ternyata juga dapat menghambat kelancarannya sehingga game online mudah mengalami lag. Kondisi ini erat kaitannya dengan ping yang terjadi pada koneksi Anda. Untuk mendapatkan koneksi internet bermain game yang lancar, tentu Anda harus bisa menstabilkan ping game online.

Sebenarnya, tidak sulit untuk melakukan cara menstabilkan ping game online di mikrotik asalkan Anda mengikuti panduan yang ada. Sudah banyak gamers yang menerapkan cara ini agar terhindar dari masalah koneksi saat bermain game. Jadi, tidak ada salahnya Anda juga menerapkan cara ini selama bermain game.

Menstabilkan Ping Game Online di Mikrotik

Apa Itu yang Dimaksud dengan Ping?

Membahas tentang koneksi game online tentu tidak akan bisa terlepas dari yang namanya ping. Beberapa dari Anda mungkin masih awam dengan istilah satu ini, tapi ping merupakan respon antara internet dengan game sehingga dapat memengaruhi lancar atau tidaknya koneksi internet saat bermain game online.

Sebelum mengetahui cara menstabilkan ping game online di mikrotik, Anda harus tahu apa yang dimaksud dengan ping. Untuk mengetahui lancar atau tidaknya koneksi internet saat bermain game, maka Anda dapat melihat berapa nilai ping. Biasanya, standar nilai ping memiliki kategorisasi tersendiri.

Umumnya, apabila ping masih berada pada angka 1ms sampai 50ms, maka koneksi bermain game online lancar jaya alias tidak terganggu sama sekali. Namun, jika nilai ping sudah menyentuh angka 50ms sampai 100ms, maka koneksi akan mengalami lag, meskipun hanya sesekali saja jadi tidak begitu mengganggu.

Baca juga artikel kami tentang apa itu copywriting

Namun, jika nilai ping sudah mencapai 100ms lebih, maka koneksi game online akan lebih sering mengalami lag atau bahkan koneksi terputus. Apabila nilai ping sudah lebih dari 100ms, maka permainan game online akan sangat terganggu, bahkan membuat kita enggan untuk meneruskan permainan.

Beberapa game online sudah dilengkapi dengan fitur ping agar memudahkan Anda melakukan cara menstabilkan ping game online di mikrotik. Beberapa game online tersebut antara lain PUBG, Mobile Legends dan masih banyak game online lainnya jadi Anda bisa melakukan pengecekan kemudian menstabilkannya dengan lebih mudah.

Manfaat dari Penggunaan Router Mikrotik

Sebenarnya, Anda bisa menstabilkan ping game online dengan berbagai cara, namun mengapa kita harus memiliki mikrotik, tentu ada alasannya. Router mikrotik dihadirkan dengan teknologi yang semakin canggih sehingga Anda akan mendapatkan berbagai manfaat apabila menggunakannya untuk memperlancar koneksi internet saat bermain game online.

Manfaat dari Penggunaan Router Mikrotik

Manfaat pertama cara menstabilkan ping game online di mikrotik adalah mendapatkan aces point yang mumpuni dan handal pada jaringan Wi-Fi. Router ini memiliki interface wireless dengan cakupan sangat luas sehingga cukup efektif dan efisien saat digunakan. Proses instalasinya juga jauh lebih mudah dan memuaskan.

Manfaat kedua dari mikrotik adalah bisa digunakan sebagai internet gateway bagi LAN sehingga jaringan lokal dapat bekerja secara maksimal. Bahkan, mikrotik juga akan membantu pengatur konten untuk membuat konten bisa diakses atau tidak oleh client. Anda juga bisa memanfaatkan PC Mikrotik router OS untuk konfigurasi.

Baca juga cara agar koneksi internet stabil saat bermain game online pc

Manfaat selanjutnya adalah mikrotik dapat digunakan sebagai virtual private network atau VPN sehingga mampu menjalankan fungsi penghubung atau mengoneksikan satu jaringan dengan jaringan lainnya. Penggunaan VPN ini membuat keamanan data lebih terjamin sehingga hanya pihak tertentu yang bisa mengakses data atau file tersebut.

Cara menstabilkan ping game online di mikrotik juga bisa memberikan manfaat, yaitu memisahkan bandwith traffic yang berasal dari luar atau internasional maupun yang berasal dari dalam negeri atau lokal. Dengan begitu, proses aksesnya menjadi terpusat sehingga pengguna jaringan lebih mudah menggunakan sistem pada router mikrotik.

Langkah Menstabilkan Ping Game Online di Mikrotik dengan Mudah

Koneksi internet yang terganggu selama bermain game online pasti sangat menjengkelkan sehingga harus segera diperbaiki agar kita bisa bermain game dengan lancar dan tanpa khawatir. Salah satu cara agar terhindar dari masalah koneksi ini adalah dengan menstabilkan ping game online melalui mikrotik.

Langkah Menstabilkan Ping Game Online di Mikrotik dengan Mudah

Sebelum melakukan cara menstabilkan ping game online di mikrotik, Anda diwajibkan memiliki winbox terlebih dahulu. Namun, jika belum ada winbox pada perangkat Anda, maka langsung download karena nantinya akan digunakan dalam menstabilkan ping game online agar berjalan dengan lancar, tanpa gangguan koneksi internet.

Setelah selesai mendownload, buka winvox tersebut lalu buka pada bagian New Terminal. Kemudian, Anda bisa meng-copy paste script PING_STABIL yang sudah disediakan ke dalam New Terminal tersebut. Apabila sudah selesai, kemudian enter untuk melanjutkan ke script selanjutnya, yaitu script PING_PAKET.

Copy paste script tersebut seperti langkah pertama tadi, lalu lakukan enter lagi. Setelah itu, masih ada satu script yang harus Anda copy paste pada New Terminal, yaitu script PING_MULUS. Lakukan lagi enter setelah copy paste selesai dilakukan. Script ini menjadi script terakhir lalu klik selesai.

Bagi Anda yang ingin membuat artikel seperti ini, percayakan saja pada SahabatArtikel. Kami siap membantu Anda, untuk membuat artikel seperti cara menstabilkan ping game online di mikrotik yang anda baca diatas. Langsung saja hubungi kami di nomor 0857-7777-5545 untuk mendapatkan informasi mengenai harga penulis artikel yang kami tawarkan.

Scroll to Top