Cara Agar Koneksi Internet Stabil saat Bermain Game Online PC

Cara agar koneksi internet stabil saat bermain game online PC adalah hal yang penting untuk diketahui. Terutama jika Anda merupakan penggemar jasa penulis artikel maupun pemain game berbasis internet yang dimainkan melalui perangkat komputer atau PC. Apalagi kini permainan video game secara online semakin berkembang dengan berbagai jenis keseruan.

Cara agar Koneksi Internet Stabil saat Bermain Game Online PC

Berkat perkembangan game online ini, maka jumlah pemain yang turut meramaikan pun semakin meluas. Kecintaan masyarakat akan game online pun tak jarang membuat mereka tanpa ragu membeli perangkat canggih untuk mendukung performa permainan. Selain dukungan berupa komputer yang memadai, tentu Anda pun memerlukan koneksi internet.

Sambungan internet saat bermain game sangat penting karena dapat berpengaruh pada permainan Anda. Apabila tidak stabil alias terjadi lagi, tentunya hal ini akan sangat mengganggu. Oleh sebab itu diperlukan pengetahuan tentang cara agar koneksi internet stabil saat bermain game online PC agar bisa berjalan baik dan memuaskan.

Sayangnya terkadang koneksi internet tidak stabil atau naik turun. Sehingga mau tak mau menjadikan permainan Anda menurun kualitas performanya. Jika sambungan internet tidak stabil, jangan menyerah terlebih dahulu. Ada beberapa upaya yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi hal ini. Berikut adalah beberapa tips yang bisa diikuti.

Melakukan sebuah Aktivitas PING Saat Bermain Game Online

Cara agar koneksi internet stabil saat bermain game online PC pertama adalah dengan melakukan aktivitas ping. Ping sendiri merupakan kependekan dari Packet Internet Gopher. Ping adalah suatu perangkat dalam sistem operasi Windows yang berfungsi untuk mengecek sambungan atau koneksi pada sebuah jaringan komputer.

Cara kerja ping yakni dengan mengirimkan paket data ke suatu server tertentu. Dari sini dapat diketahui jumlah data yang dikirimkan (sent), diterima (received), dan hilang (lost). Semakin kecil data yang hilang, maka semakin baik pula kualitas koneksinya. Pada dasarnya, ping memang bisa digunakan untuk menguji konektivitas.

mungkin anda membutuhkan jasa penulis artikel di bukittinggi yang menawarkan harga murah pengerjaan cepat dan bergaransi, silahkan hubungi kami

Akan tetapi, cara ini rupanya juga efektif untuk menstabilkan koneksi internet di PC yang Anda gunakan. Aktivitas ping secara berkala efektif sebagai cara agar koneksi internet stabil saat bermain game online PC. Langkah yang perlu dilakukan, pertama membuka command prompt (CMD). Tekan Windows pada keyboard dan R secara bersamaan.

Setelah menekan Windows+R, kemudian ketikkan cmd lalu Ok. Setelah itu, masukkan perintah ping, yakni dengan mengetik: “ping(spasi)www.namasitus.com(spasi)-t”. Kemudian klik tombol enter. Sesudah melakukan perintah ping tersebut, koneksi internet Anda akan tetap stabil. Dengan begitu, game online yang dimainkan tidak mudah terputus dari sambungan internet.

Mengubah Setting atau Pengaturan DNS agar Internet Stabil

Cara agar koneksi internet stabil saat bermain game online PC berikutnya yang bisa Anda coba adalah dengan mengubah pengaturan atau settingan DNS. DNS merupakan kependekan dari Domain Name Server. DNS sendiri adalah suatu sistem yang menerjemahkan url menjadi IP address sehingga dapat dibaca oleh komputer.

Idealnya, untuk mengakses suatu situs tertentu, Anda perlu mengetahui IP address situs tersebut. Tentunya, hal ini akan sangat merepotkan jika Anda harus menghafalkan alamat IP satu per satu. Dan untuk membuka sebuah website pun akan begitu kesulitan. Namun dengan adanya DNS pekerjaan ini menjadi lebih mudah.

mungkin anda mencari jasa artikel jogja bisa hubungi team SahabatArtikel

Karena DNS bekerja dengan membaca nama domain atau url lalu menerjemahkannya menjadi IP address situs yang dituju. Dengan begitu, seseorang hanya perlu memasukkan nama domain maupun url website yang ingin dikunjungi. Nah, jika aktivitas di DNS sangat padat, maka akan terjadi kemacetan lalu lintas internet.

Akibatnya, kecepatan internet menjadi naik turun dan tidak stabil sehingga akan mengganggu kegiatan gaming Anda. Untuk itu, lakukan cara agar koneksi internet stabil saat bermain game online PC dengan mengubah pengaturan DNS secara manual. Pertama, buka control Panel di komputer Anda lalu pilih menu Network and Internet.

Kemudian pilih menu Network and Sharing Center. Setelah itu, pilih sambungan internet yang Anda gunakan dan hendak dikonfigurasikan pengaturan DNS-nya. Pada tab selanjutnya, pilih menu Properties. Lalu pilih Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) – Properties. Pada kolom Preferred DNS Server ketik 8.8.8.8. Pada kolom Alternate DNS Server ketik 8.8.4.4 lalu Ok.

Penyebab Internet yang Tidak Stabil saat Bermain Game Online

Selain mencari tahu bagaimana cara agar koneksi internet stabil saat bermain game online PC, Anda juga perlu mengetahui penyebab ketidak stabilan koneksi tersebut. Ada beberapa penyebab yang memicu sambungan internet tidak lancar. Nah, sebelum melakukan ping atau mengkonfigurasikan DNS, periksa apakah terdapat beberapa masalah seperti berikut.

1. Update Aplikasi Otomatis

Penyebab koneksi tidak stabil salah satunya adalah mengaktifkan fitur update aplikasi secara otomatis. Jika fitur ini aktif, maka aplikasi di komputer Anda akan melakukan update secara langsung saat tersambung ke internet. Nah, jika ingin membuat koneksi lebih lancar dan stabil, alangkah baiknya Anda menonaktifkan fitur ini.

2. Sinyal Buruk

Buruknya sinyal juga sangat berpengaruh pada kelancaran internet. Saat ini, provider telekomunikasi di Indonesia menggunakan teknologi 3G dan 4G. Jaringan 4G memiliki kecepatan yang lebih bagus. Namun jika lokasi Anda tidak terjangkau dengan baik, maka koneksi pun akan buruk. Cuaca buruk juga bisa mempengaruhi kualitas sambungan.

Berbagai informasi mengenai teknologi bisa diperoleh melalui website. Tentunya Anda akan cenderung memilih artikel yang bagus dan enak dibaca. SahabatArtikel merupakan jasa penyedia artikel berkualitas yang mencakup berbagai niche dan dengan harga artikel terjangkau. Hubungi Telepon/SMS/WA 0857-7777-5545 untuk memesan artikel teknologi berkualitas seperti cara agar koneksi internet stabil saat bermain game online PC.

Scroll to Top