Cara Menjadi Penulis Lepas Bagi Pemula

Bagi pemula yang sedang mencari cara menjadi penulis artikel lepas, maka Anda telah mengunjungi situs yang tepat. Karena kali ini kita akan membahas tentang cara mudah menghasilkan uang dengan tips menjadi penulis lepas. Alasan membahas masalah ini karena banyaknya pemilik website yang tidak memiliki waktu luang, untuk menulis artikel yang akan diposting di website mereka.

Cara Menjadi Penulis Lepas Bagi Pemula

Hal tersebut tentu membuka peluang bagi mereka yang ingin menjadi penulis artikel lepas. Namun tidak semua orang yang ingin menjadi penulis lepas tahu cara menulis artikel, sehingga perlu adanya panduan khusus. Jika Anda termasuk para pemula yang ingin belajar menjadi penulis lepas, simak penjelasan di bawah ini.

Keuntungan Menjadi Penulis Lepas

Sebelum membahas tentang cara menjadi penulis freelance, kini kita akan membahas tentang keuntungannya terlebih dahulu, agar Anda lebih yakin saat menekuni bidang satu ini. Menulis artikel online itu tidak mudah, perlu mengetahui beberapa syarat yang membuat artikel bisa menempati peringkat utama di mesin pencarian.

Karena itulah Anda perlu tahu keuntungannya agar tidak mudah menyerah saat menghadapi masa-masa sulit di awal mulai menulis artikel. Langsung saja, berikut beberapa keuntungannya.

1. Bisa dikerjakan kapan saja dan dimana saja

Keuntungan pertama yaitu dalam hal tempat dan waktu yang fleksibel. Jadi Anda bebas mengerjakan artikel kapan saja dan dimana saja, asal tetap memperhatikan tenggat waktu yang diberikan.

2. Berpotensi mendapat penghasilan besar

Meskipun sebagai tenaga freelance, peluang mendapatkan banyak uang jika menjadi penulis lepas untuk pemula sangat besar. Hal tersebut dikarenakan kebutuhan akan jasa penulis artikel online yang semakin banyak setiap harinya. Penghasilan akan lebih besar lagi jika menulis Anda jadikan pekerjaan utama.

3. Bisa dijadikan pekerjaan sampingan

Bagi yang sudah memiliki pekerjaan tetap, menulis artikel bisa dilakukan sebagai pekerjaan sampingan. Misalnya pagi sampai sore hari Anda bekerja dan malamnya bisa digunakan untuk mengerjakan artikel.

4. Menambah pengetahuan

Biasanya penulis artikel itu harus bisa menulis artikel berbagai tema, sehingga mau tidak mau penulis akan mempelajari tema yang belum dipahaminya. Hal ini bisa dikategorikan sebagai media penambah informasi dan pengetahuan.

Cara Menjadi Penulis Lepas Khusus Pemula

Setelah mengetahui banyaknya keuntungan menjadi penulis lepas, sekarang mari kita bahas step demi step untuk menjadi seorang penulis lepas berikut ini.

1. Membaca beberapa artikel online

Ada banyak jenis artikel online, Anda bisa membaca di website-website agar mempunyai gambaran bagaimana cara penulisan artikel yang diterbitkan di internet. Ada artikel yang isinya mengajak, artikel yang berisi deskripsi suatu produk, artikel berita dan masih banyak lainnya. Anda harus membacanya dan melihat apa saja yang membedakan.

2. Membaca pedoman cara menulis artikel SEO

Artikel yang di internet biasanya tidak terlepas dari yang namanya SEO atau Search Engine Optimization. Agar Anda lebih memahami apa itu SEO, Anda bisa membaca pedoman yang ada. Ketentuan SEO selalu diperbarui mengikuti pembaruan algoritma google atau mesin pencari lainnya. Jadi pastikan Anda membaca pedoman menulis SEO yang terbaru.

3. Mencari lowongan penulis

Setelah mengetahui sedikit tentang cara menulis artikel online, cara menjadi penulis lepas selanjutnya adalah mencari lowongan penulis di jasa pembuatan artikel. Banyak sekali jasa pembuatan artikel, Anda bisa mengunjungi website-nya lalu melihat apakah ada lowongan untuk menjadi penulis freelance atau tidak. Jika ada maka Anda bisa langsung melamar pekerjaan di tempat tersebut.

Bisa juga bergabung dengan situs marketplace khusus tenaga lepas. Namun untuk pemula biasanya tidak mudah mendapatkan project, karena kalah dengan penulis yang berpengalaman. Semisal bisa mendapatkan pun, paling yang bayarannya sangat rendah.

4. Belajar banyak di jasa penulis

Jasa penulis pasti memiliki ketentuan terkait artikel yang harus Anda tulis. Mematuhi ketentuan tersebut sama saja dengan belajar menulis artikel online yang tepat. Jadi jika diminta untuk melakukan perbaikan jangan mengeluh, karena untuk menjadi bagus perlu proses yang tidak sebentar.

Hanya dengan melakukan empat cara di atas, Anda sudah bisa menjadi penulis lepas. Awalnya memang sangat sulit tapi nanti lama kelamaan Anda akan terbiasa. Apabila Anda bingung mencari tempat yang sedang membutuhkan jasa penulis artikel bahasa inggris, informasi di bawah ini mungkin dapat membantu.

Tempat Menjadi Penulis Lepas Untuk Pemula

Penulis pemula pasti akan sulit mendapatkan tempat menulis pada awalnya, padahal sangat banyak wadah yang mau menampung tulisan Anda. Tempat yang dimaksud antara lain yaitu jasa penulis artikel, marketplace freelancer, website berita, website khusus yang menerima penulis tamu, dan situs toko online.

Di Indonesia sudah ada beberapa marketplace freelancer, Anda bisa bergabung dengan salah satunya. Jika merasa banyak saingannya dan tidak mungkin dipilih menjadi penulis, Anda bisa menggunakan trik menurunkan harga. Turunkan ke harga terendah karena Anda posisinya memang baru belajar. Saat Anda sudah merasa ahli, baru boleh menaikkan harga.

Untuk website berita dan website khusus yang menerima penulis tamu, Anda bebas mengirim artikel tapi biasanya masih diseleksi apakah artikel Anda masuk kriteria atau tidak. Jika tidak masuk, maka ya artikel tidak dipublish dan Anda tidak mendapatkan bayaran. Menjadi penulis lepas untuk pemula kesannya sangat sulit bukan?

Namun jangan langsung menyerah karena ada jasa penulis artikel seperti sahabat artikel. Sahabat artikel merupakan jasa penulis terpercaya dan sudah banyak dikenal oleh para pengguna internet karena memberikan harga artikel yang kompetitif, jadi setiap hari selalu mendapatkan pesanan artikel. Sehingga Anda memiliki peluang untuk bergabung di dalamnya.

Jika Anda ingin bergabung dengan sahabat artikel, Anda bisa mendaftar di sahabat artikel melalui email. Jika ingin memesan artikel atau bertanya lebih lanjut tentang pemesanan artikel, Anda bisa menghubungi admin sahabat artikel di 0857-7777-5545. Demikian sedikit penjelasan tentang cara menjadi penulis lepas bagi pemula. Semoga bisa bermanfaat.

Scroll to Top