Contoh Artikel yang Menarik Untuk Dibaca

Home »  Blog »  Contoh Artikel yang Menarik Untuk Dibaca

blog-thumbnail

Kali ini kita akan membahas tentang contoh artikel yang menarik. Artikel yang menarik pasti akan membuat pembaca tergerak untuk membaca artikel tersebut dan semisal isi di dalam artikel benar-benar menarik dan berkualitas, pembaca pun dengan suka rela akan memberikan feedback pada artikel tersebut. Bagi Anda sebagai penulis artikel yang penasaran bagaimana contoh artikel yang menarik untuk dibaca, langsung saja simak penjelasan di bawah ini.

contoh artikel yang menarik

Keuntungan Menulis Artikel yang Menarik untuk Dibaca

Sebelum membahas tentang contoh artikel menarik, ada baiknya kita mengetahui dahulu keuntungan menulis artikel yang menarik agar Anda tidak berpikir ulang jika diminta untuk menulis artikel menarik. Jika artikel yang Anda tulis ditujukan untuk tugas kuliah, maka artikel yang menarik bisa membuat Anda mendapatkan nilai tinggi.

Jika artikel ditujukan untuk diterbitkan di media cetak, maka artikel yang menarik mampu membuat para pembaca berlangganan media cetak yang dimaksud. Jika artikel ditujukan untuk diposting di website, maka artikel yang menarik bisa mendatangkan banyak pengunjung. Website Anda juga akan dikenal sebagai website yang kontennya berkualitas sehingga banyak pembaca yang akan merekomendasikannya pada pembaca yang lain.

Artikel yang menarik biasanya juga informatif jadi pembaca akan merasa terbantu dengan adanya artikel Anda. Sebenarnya jika dirinci secara mendetail masih banyak keuntungan dari pembuatan artikel yang menarik. Dari keuntungan yang disebutkan di atas saja, Anda sudah bisa memperkirakan banyaknya keuntungan yang didapat bukan?

Cara Menulis Artikel yang Menarik Beserta Contohnya

Setelah mengetahui keuntungannya dan berniat membuat artikel, cara beserta contoh artikel menarik di baca berikut ini mungkin dapat Anda coba.

  • Membuat judul yang menarik

Judul sangat berpengaruh pada ketertarikan orang untuk membaca suatu artikel jadi pastikan Anda membuat judul yang mampu menarik banyak calon pembaca. Judul yang menarik adalah judul yang jelas menggambarkan isi artikel, terlihat memberikan manfaat, membangkitkan perasaan dan membuat pembaca merasa terlibat.

Banyak penulis yang selalu menyantumkan kata-kata ajakan atau seruan, menyantumkan angka, keyword dan lain sebagainya untuk membuat judul yang bisa memikat hati calon pembaca. Anda juga harus melakukannya. Agar lebih paham, Anda bisa melihat contoh di bawah ini.

Contoh:
Judul biasa:
1. Cara Move On
2. Penyebab Blog Sepi Pengunjung
3. Tempat Wisata Romantis di Korea

Judul menarik:
1. 10 Tips Move On dari Mantan Tanpa Harus Galau
2. Blog Anda Sepi Pengunjung? Mungkin 5 Hal Inilah Penyebabnya
3. 7 Tempat Wisata Romantis di Korea untuk Kamu dan Si Dia

  • Menggunakan kalimat aktif

Tulisan yang menggunakan kalimat pasif terkesan lebih formal dan seperti ada jarak, maka dari itu disarankan untuk menulis dengan kalimat aktif.

Contohnya:
Kalimat pasif: Kesembuhan bisa didapat secara instan dengan obat ini.
Kalimat aktif: Anda bisa meredakan gejala sakit Anda secara instan dengan obat ini.
Kalimat yang menggunakan kalimat aktif teras lebih ramah bukan?

  • Menggunakan kalimat yang lebih pendek

Kalimat yang pendek itu lebih mudah dipahami daripada kalimat yang panjang. Jadi usahakan Anda menyusun kata-kata sebaik mungkin sehingga menghasilkan kalimat pendek yang lebih bermakna.

Contoh:
Kalimat panjang: Anak yang menggunakan seragam putih biru itu masih berubah-ubah pemikirannya dalam mengambil suatu keputusan.
Kalimat pendek: Anak SMP itu masih labil saat mengambil suatu keputusan.

  • Menulis Paragraf yang Pendek

Contoh artikel yang menarik dibaca selanjutnya bisa dilihat dari jumlah kata per paragrafnya. Semakin panjang paragraf, biasanya akan semakin membosankan. Anda cukup menuliskan maksimal tiga kalimat panjang dalam sebuah paragraf. Membaca banyak kalimat dalam sebuah paragraf juga membuat mata lelah, apalagi bagi pembaca dengan media smartphone. Jadi berikan jeda agar pembaca tidak kelelahan saat membaca. Tulisan Anda pun terlihat lebih menarik dan enak dibaca saat satu paragrafnya tidak terlalu panjang.

Contoh artikel:

Paragraf panjang:
Depresi merupakan masalah yang cukup serius. Anda tidak boleh mengabaikan orang yang merasakan depresi. Anda mungkin bisa berkata pada orang yang depresi untuk mengingat keluarga dan orang-orang penting yang selalu mendukung mereka, pengorbanan yang telah dilakukan oleh mereka. Namun pengidap depresi tidak semudah itu disembuhkan dengan kata-kata. Kata-kata motivasi yang berhubungan dengan orang lain tidak akan mampu menyembuhkan mereka karena mereka tidak membutuhkannya, mereka hanya perlu diberitahu tentang hal yang berhubungan dengan diri mereka seperti tujuan mereka hidup di dunia. Mereka yang deperesi perlu didekatkan dengan Sang Pencipta agar bisa sembuh.

Paragraf pendek:
Depresi merupakan masalah yang cukup serius. Anda tidak boleh mengabaikan orang yang merasakan depresi. Anda mungkin bisa berkata pada orang yang depresi untuk mengingat keluarga dan orang-orang penting yang selalu mendukung mereka, pengorbanan yang telah dilakukan oleh mereka. Namun pengidap depresi tidak semudah itu disembuhkan dengan kata-kata..
Kata-kata motivasi yang berhubungan dengan orang lain tidak akan mampu menyadarkan mereka karena mereka tidak membutuhkannya, mereka hanya perlu diberitahu tentang hal yang berhubungan dengan diri mereka seperti tujuan mereka hidup di dunia. Mereka yang depresi perlu didekatkan dengan Sang Pencipta agar bisa sembuh.

Lebih mudah dibaca yang bawah bukan?

  • Membuat Sub Judul

Sub judul itu bisa membuat artikel terbagi menjadi beberapa pokok penting sehingga pembaca bisa membedakan setiap pembahasannya. Artikel dengan sub heading juga terlihat lebih menarik untuk dibaca.

  • Mencantumkan bullet and numbering

Untuk artikel yang berisi list atau daftar hal tertentu akan lebih cocok jika ditulis dalam bentuk daftar nomor atau tanda tertentu. Hal ini mampu memudahkan para pembaca yang ingin membaca cepat pokok pentingnya.

  • Menandai kalimat yang penting

Beberapa artikel menarik kalimat pentingnya dibuat tebal atau kadang dibuat seperti suatu kutipan menarik dengan ukuran huruf yang lebih besar.

  • Terhindar dari typo

Artikel yang menarik kebanyakan terhindar dari typo sehingga para pembacanya akan merasa nyaman saat membaca.

Jasa Penulisan Artikel Menarik, SahabatArtikel

Bagi Anda yang berminat untuk memesan artikel menarik, Anda bisa memesannya di tempat kami, SahabatArtikel. Untuk pemesanan bisa menghubungi admin kami di nomor 0857-7777-5545. Kami akan memberikan pelayanan terbaik dan garansi untuk Anda. Anda juga bisa meminta contoh artikel menarik di baca yang pernah kami tulis sebagai bahan pertimbangan. Jadi jangan ragu memesan artikel di tempat kami.