Cara Membuat Artikel yang Menarik Untuk Dibaca

Home »  Blog »  Cara Membuat Artikel yang Menarik Untuk Dibaca

blog-thumbnail

Bagi Anda yang memiliki website, membuat artikel menarik dan enak dibaca sangat disarankan karena artikel yang seperti itu mampu meningkatkan jumlah pengunjung website. Sebenarnya tidak hanya bagi pemilik website, hal ini berlaku untuk semua penulis artikel jenis apapun. Semakin menarik artikel, semakin besar orang yang tertarik untuk membacanya. Apabila Anda ingin membuat artikel yang menarik untuk dibaca, cara di bawah ini mungkin dapat membantu.

membuat artikel menarik

Cara Membuat Artikel Menarik

Cara yang akan dijelasakan berikut ini bisa diterapkan pada pembuatan semua jenis artikel. Langsung saja, ini dia uraiannya.

  • Tertarik dengan apa yang ingin ditulis

Saat membaca artikel Anda pasti merasakan mana artikel yang terasa lebih hidup dan mana yang tidak. Artikel yang terasa hidup dan menarik ternyata kebanyakan ditulis oleh penulis yang menyukai topik atau tema artikel tersebut. Penulis yang tertarik dengan apa yang ditulis pasti secara tidak langsung akan membuat sebuah tulisan terasa lebih hidup dan antusiasme penulis akan tersalurkan pada para pembaca.

Saat menulis Anda pasti juga merasakan perbedaan menulis topik yang disukai dan yang tidak. Menulis topik yang disukai lebih mengalir tulisannya dan hasil tulisan pun tidak akan mengecewakan. Berbeda jika Anda tidak menyukai topik yang disediakan. Menulis pasti terasa membosankan dan akibatnya tulisan yang dihasilkan terasa datar, tidak menarik.

Bagi yang diharuskan menulis suatu topik tapi tidak tertarik dengan topik tersebut, Anda bisa menggunakan beberapa kiat seperti menyesuaikan pola pikir Anda, memikirkan pembaca tulisan Anda, dan mencoba bergabung dengan orang-orang yang menyukai topik tersebut. Dengan ketiga hal ini, Anda akan merasakan sedikit ketertarikan dan kepedulian pada topik yang hendak Anda tulis.

Baca juga mengenai cara membuat artikel untuk tugas kuliah

  • Membuat detail yang menarik

Saat menulis artikel, pastikan membuat detail yang lebih menarik. Detail ini bisa diterapkan pada judul tulisan, sub heading, ataupun kata yang digunakan setiap kalimatnya. Pemilihan kata yang bagus dan membuat penasaran pasti lebih menarik banyak pembaca daripada kata yang datar dan umum digunakan.

Untuk judul, para penulis biasanya menambahkan angka-angka ataupun kata seru yang menarik perhatian. Hindari kalimat yang biasa dan terkesan datar. Namun jangan sampai Anda berlebihan membuat judul sehingga judul dan isi tidak berkaitan. Saat ini banyak sekali judul artikel yang terlihat wah dan menarik, tapi ternyata isinya tidak nyambung sama sekali. Anda jangan melakukan hal yang seperti itu.

  • Meniru gaya penulisan yang cukup menarik

Cara membuat artikel enak di baca selanjutnya adalah dengan menirukan gaya tulisan menarik penulis lain. Bagi yang sudah ahli tidak memerlukan cara satu ini. Cara ini ditujukan pada penulis yang belum memiliki gaya tulisan tertentu atau gaya tulisannya membosankan. Saat seseorang menulis, secara tidak langsung mereka akan menulis sesuai dengan gaya tulisan dari sumber yang dibaca. Karena itulah sebisa mungkin Anda harus mencari sumber informasi yang gaya tulisannya menarik untuk dibaca agar bisa mempengaruhi gaya tulisan Anda.

  • Menulis dengan kalimat aktif

Mungkin kelihatannya penggunaan kalimat pasif dan aktif tidak terlalu berpengaruh, tapi ternyata penggunaan kalimat aktif bisa membuat tulisan lebih rapi, elegan, ringkas dan menarik untuk dibaca.

Menggunakan kalimat yang kontroversial atau membuat penasaran di awal
Awal kalimat sangat mempengaruhi kelanjutan untuk membaca tulisan. Jika awal kalimat saja dibuat kontroversial atau membuat penasaran maka pembaca akan tertarik untuk membaca kelanjutan artikel.

  • Menggunakan kalimat komunikatif

Menulis dengan menambah kata-kata yang komunikatif akan membuat pembaca tidak mudah bosan. Penulis juga merasa berkomunikasi dengan pembaca berkat kalimat yang komunikatif, seperti kalimat tanya atau kalimat sapaan. Anda cukup setuju dengan hal satu ini bukan?

  • Menyesuaikan tulisan dengan target pembaca

Saat menulis, ingat siapa pembaca yang Anda targetkan. Apabila untuk anak muda, maka jangan menggunakan bahasa yang terlalu formal karena tidak akan cocok dengan mereka. Jika target pembaca Anda umum, maka jangan pula menggunakan kata-kata yang rumit dan jarang digunakan karena tidak semua pembaca Anda mampu memahaminya. Gunakan saja bahasa yang lebih sederhana dan mudah dipahami.

  • Hindari typo

Hindari pula terjadinya salah pengetikan. Untuk satu dua kata mungkin bisa ditoleransi, tapi jika banyak sekali kata yang typo maka pembaca pun akan malas melanjutkan bacaan.

Membuat Artikel Enak di Baca Untuk Media Online

Selain melakukan cara yang dibahas di sub bab di atas, Anda perlu menambahkan beberapa hal untuk penulisan artikel yang akan diterbitkan di internet. Beberapa hal yang dimaksud antara lain yaitu jumlah kalimat tiap paragraf, penggunaan sub heading, penggunaan list, menandai kalimat yang penting, serta menambahkan link yang relevan dan berguna.

Membaca artikel di internet itu akan lebih menyenangkan dan tidak membosankan jika kalimat dalam paragrafnya sedikit. Pembaca akan merasa lelah jika melihat paragraf panjang yang tidak terjeda. Penggunaan sub heading, daftar nomor dan penebalan kata yang penting juga sangat membantu pembaca memahami isi artikel ataupun menemukan inti utama tulisan seperti dalam artikel berita dan lain sebagainya.

Jasa Penulis Artikel yang Menarik untuk Dibaca

Apabila Anda berniat membuat artikel yang menarik untuk dibaca tapi tidak memiliki waktu luang, Anda bisa memesan artikel di tempat kami, SahabatArtikel. Kami sudah berpengalaman dalam membuat artikel sehingga tahu bagaimana artikel yang menarik untuk dibaca. Untuk pemesanan artikel menarik, bisa dengan menghubungi admin kami di nomor 0857-7777-5545. Kami akan melayani Anda sebaik mungkin jadi jangan ragu untuk memesan artikel enak dibaca di tempat kami.