Cara Membuat Artikel Untuk Tugas Kuliah

Membuat tugas kuliah, khususnya artikel itu bisa dikatakan gampang-gampang susah. Gampang bagi penulis artikel yang terbiasa menulis dan memiliki banyak pengetahuan. Sedangkan terasa sangat susah bagi mahasiswa yang tidak suka menulis. Apabila Anda tidak menyukai dunia tulis menulis dan bertepatan ada tugas membuat artikel, maka cara membuat artikel untuk tugas kuliah yang dijabarkan di bawah ini mungkin bisa membantu Anda.

Membuat tugas kuliah

Cara Membuat Artikel Tugas Kuliah

  • Membuat rencana tulisan

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah membuat rencana yang berkaitan dengan artikel yang ingin ditulis. Rencana yang dimaksud meliputi apa inti utama dari artikel, tujuan menulis artikel, sumber informasi untuk menulis artikel, menentukan judul dan lain sebagainya. Dengan merencanakan beberapa hal tersebut, menuliskan artikel akan terasa lebih mudah.

Untuk judul, boleh di awal tulisan, boleh pula di akhir saat tulisan sudah selesai. Ada keuntungan tersendiri dari penentuan judul, baik di awal ataupun di akhir. Apabila menentukan judul di awal, Anda bisa mengetahui batasan penulisan Anda. Jadi saat menulis Anda bisa fokus membahas tentang hal yang berhubungan dengan judul, tulisan Anda tidak akan melebar kemana-mana.

Jika menentukan judul di akhir maka keuntungannya adalah Anda bisa bebas menuliskan semua hal yang Anda pikirkan dan saat artikel selesai ditulis, Anda bisa menentukan inti utama dari tulisan Anda dan membuat judul yang sesuai.

Baca juga mengenai cara mudah menulis artikel agar SEO Friendly

  • Mengetahui struktur artikel

Karena untuk tugas kuliah, seperti halnya proposal maka biasanya ada persyaratan khusus terkait struktur penulisan atau persyaratan lain dalam pembuatan artikel. Nah Anda harus mengetahui persyaratan tersebut agar bisa mendapatkan nilai yang sempurna. Struktur artikel biasanya hanyalah judul, pembuka, isi, dan penutup.

  • Memahami informasi dengan baik

Cara membuat tugas artikel selanjutnya ini berhubungan dengan langkah pertama yaitu sumber informasi untuk menulis artikel. Jadi jika Anda sudah mendapatkan sumber yang tepat, yang terbukti kebenarannya, maka yang harus dilakukan selanjutnya adalah membaca dan memahami isi artikel yang ada di dalamnya. Semisal ada poin penting catat atau tandai. Sangat disarankan untuk memiliki sumber lebih dari satu agar tulisan lebih bisa berkembang dan memiliki berbagai sudut pandang.

Apabila Anda sudah cukup memahami apa yang ada dalam sumber informasi, penulisan artikel bisa mengalir sesuai dengan apa yang Anda pikirkan. Saat menulis nantinya pastikan jangan sering melihat sumber informasi. Jadi tuliskan apa yang ada di pikiran Anda. Anda boleh melihat sumber informasi jika memang ada informasi terkait angka ataupun nama yang tidak terlalu Anda ingat.
Membuat garis besar tulisan atau kerangka tulisan

Agar penulisan artikel tidak melebar kemana-mana, Anda harus membuat kerangka tulisan. Jadi catatlah inti yang akan dibahas saat pembukaan, isi dan penutup. Untuk artikel yang panjang, biasanya bagian isi dibuat beberapa poin lagi dengan sub judul, tujuannya agar artikel lebih mudah dipahami, lebih terstruktur isinya dan lebih mudah saat menuliskan pembahasannya.

  • Mulai menulis

Setelah memiliki sumber informasi yang cukup dan adanya kerangka tulisan, maka Anda sudah bisa mulai menulis. Tulisalah setiap poin sesuai dengan kerangka yang telah disusun. Di langkah ini, tulisan Anda pasti akan mengalir sesuai dengan yang Anda pikirkan. Anda tidak perlu khawatir apabila belum mahir menulis, yang harus dilakukan hanyalah menulis sesuai apa yang ada dalam pikiran Anda. Jangan berhenti hanya untuk mengoreksi tulisan.Tulisan bisa dikoreksi dan dibenahi saat Anda selesai menulis nantinya. Jika mulai mengoreksi setelah berhasil menyelesaikan satu kalimat, takutnya ide yang terlintas di benak Anda sebelumnya menghilang. Anda tidak mau kan tiba-tiba kehilangan ide menulis?

  • Membaca ulang dan mengedit artikel

Setelah selesai menulis artikel, Anda baru bisa memulai untuk mengedit artikel. Anda bisa memulai untuk membacanya per kalimat. Apabila ada kalimat yang kurang pas atau kurang nyambung, Anda bisa langsung mengeditnya. Begitu pula dengan tulisan yang salah ketik, bisa langsung Anda perbaiki.

  • Meminta pendapat orang lain

Agar artikel menjadi lebih bagus, Anda bisa meminta pada teman Anda untuk membaca dan mengoreksi apabila ada kesalahan kata atau kalimat. Kalau bisa pilih teman atau pembaca yang memang sudah ahli di bidang tulis-menulis. Meskipun menurut Anda sudah benar, orang lain yang membaca belum tentu berpikiran sama. Maka dari itu Anda perlu meminta pendapat mereka. Semisal ada yang mesti diperbaiki, Anda bisa langsung memperbaikinya.

Hal yang Perlu Dihindari Saat Membuat Artikel Tugas Kuliah

Setelah mengetahui cara membuat tugas kuliah artikel di atas, tidak ada salahnya jika Anda mengetahui juga tentang hal-hal yang perlu dihindari saat menulis artikel. Beberapa hal yang dimaksud antara lain yaitu tulisan berbelit-belit, mengulang gagasan berlebihan, menggunakan kalimat yang tidak penting, dan menggunakan istilah yang salah.

Sangat disarankan bagi Anda untuk menulis artikel tanpa berbelit-belit. Saat membahas inti tertentu, buatlah kalimat yang berhubungan dengan inti yang dimaksud, jangan berbasa-basi terlalu jauh atau terlalu melebar dari inti utama. Jangan mengulang juga hal yang pernah dibahas sebelumnya. Hal yang perlu dihindari tersebut biasanya juga akan terlihat saat Anda meminta orang lain untuk mengoreksi tulisan, jadi jangan lupa meminta orang lain untuk membaca dan memberikan saran terkait tulisan Anda.

SahabatArtikel, Jasa Pembuatan Artikel untuk Tugas Kuliah

Apabila Anda tidak memiliki cukup waktu untuk membuat artikel atau merasa menyerah membuat artikel, maka Anda bisa mempercayakan hal tersebut pada kami. Kami, SahabatArtikel merupakan jasa penulis artikel yang sudah berpengalaman. Untuk pemesanan artikel, Anda bisa menghubungi admin kami di nomor 0857-7777-5545. Kami akan membuat tugas kuliah berupa artikel dengan harga artikel yang terjangkau dan berkualitas, jadi jangan ragu untuk memesan artikel di tempat kami.

Scroll to Top