cara upload artikel di media online

Bagi Anda yang mencari cara mengirim artikel di media online mungkin informasi pada website jasa penulis artikel ini dapat membantu Anda. Menulis bisa mendatangkan rejeki jika ditekuni dengan tepat. Banyak genre yang bisa diterima oleh media massa saat ini.

Membuat tulisan menarik sekaligus berkualitas dalam bentuk teks, disertai gambar, suara maupun video. Tulisan dapat dikirimkan untuk memenuhi kebutuhan blog, website, situs berita, perusahaan, komunitas, situs jualan dan banyak lagi.

Ikuti panduan cara mengirim artikel ke media online dengan tepat supaya mendapatkan keuntungan. Pertama, hobi Anda tersalurkan dan dinikmati oleh orang lain. Ini akan menjadi kepuasan tersendiri bagi pemilik artikel.

Lebih lanjut, peluang mendapat bayaran sampai pada tahap pasif income tentu tidak boleh diabaikan. Namun ada tahapan menulis serta mengirim tulisan yang tepat supaya mudah diterima oleh editor media online secara langsung.

cara mengirim artikel ke media online

Manfaat Menulis dan Mengirim Artikel ke Media Online

Sebelum masuk pada cara mengirim artikel ke media sosial terlebih dulu perlu dipahami manfaatnya. Menulis bagi yang sudah memiliki passion merupakan media menuangkan segala gagasan dan ide. Berikut adalah manfaatnya:

1. Melatih membuat suatu paragraf secara urut sehingga mudah dipahami oleh para pembaca. Meski digunakan pada media daring, namun akan menunjukkan karakter Anda. Dari tulisan Anda bisa dikenal di seluruh dunia.

2. Menambah kosakata dan wawasan sebab membuat tulisan untuk media daring tentu Anda akan melakukan berbagai riset. Baik menggunakan literature ilmiah seperti jurnal penelitian maupun dari publikasi. Sehingga tulisan berkembang.

3. Dengan mengikuti panduan cara menulis artikel di media massa online yang benar akan membuka kesempatan karir. Anda bisa memperoleh tawaran karir sebagai pimpinan redaksi, editor di sebuah perusahaan besar.

4. Semakin banyak membuat tulisan Anda akan semakin dipercaya oleh viewer. Bisa jadi mendapat tawaran perusahaan besar untuk membantu mempublikasikan profil usahanya melalui website. Di-hire dalam waktu jangka panjang, kompensasinya menguntungkan.

5. Anda juga bisa bekerja secara independen sebagai penulis lepas untuk beberapa platform perusahaan sekaligus. Bayaran yang akan Anda terima lebih tinggi, selama masih tayang dan mendapat viewer.

6. Dari terbitan online yang konsisten, nama Anda sebagai penulis akan semakin dikenal. Selanjutnya kesempatan menulis buku bisa dilirik dengan peluang bayaran yang tidak kalah menggiurkan. Jadi manfaatnya ada banyak.

Cara Menulis Artikel di Media Online Agar Diterima

Panduan menulis dengan benar memperlancar proses hingga tahap upload dan review oleh editor. Tujuh langkah berikut ini harus Anda perhatikan bila ingin menulis artikel pada media secara online, antara lain:

1. Wajib menggunakan data yang valid dan ter-update. Sebab tujuannya adalah membangun opini pembaca, maka Anda harus memberikan fakta yang dapat dipertanggungjawabkan. Jangan sekali-sekali menulis ilmiah berdasarkan asumsi diri pribadi.

2. Perhatikan format/formasi tulisan. Dimulai dengan judul yang merepresentasikan isi. Pengantar dibuat maksimal 10% saja dari total bobot seluruh teks. Bisa mulai dari inti kemudian menyebar seperti pola berbentuk piramid.

3. Sangat dianjurkan untuk menggunakan kata dalam penyebutan urutan. Pertama, kedua, ketiga dan seterusnya kecuali untuk format listicle sebagai salah satu cara menulis artikel di media massa online secara langsung.

4. Tidak disarankan menggunakan 1, 2, 3 dalam kalimat sebagai penanda urutan saat menulis artikel secara online. Maka dari itu sebaiknya perhatikan ketentuan ini sebelum membuat artikel di media online.

5. Tambahkan sub judul. Tentu Anda akan membuat ulasan, karangan dalam bentuk panjang. Supaya lebih rapi dan jelas inti dari maksud penulisan harus menggunakan sub judul. Jadi lebih enak dibaca.

6. Cara menulis artikel di media online selanjutnya adalah gunakan referensi relevan dengan hanya mencantumkan pengarang dan tahun penerbitan. Menggunakan sumber asli bukan hasil dari kutipan. Jadi lebih real hasilnya.

7. Kalimat atau paragraf pengantar buat yang umum namun menarik. Bisa menyisipkan kalimat tanya sehingga pembaca merasa penasaran dan ingin mencari tahu lebih dalam tentang informasi yang akan disampaikan sebelumnya.

cara menulis artikel di media online

Mungkin Anda mencari contoh artikel seo friendly silahkan kunjungi artikel kami sebelumnya,

Cara Mengirim Artikel ke Media Online Agar di Terima

Yang pasti, buat kalimat efektif, singkat jelas. Jangan terlalu panjang membuat kalimat sehingga nyaman dibaca tanpa menimbulkan ambigu bagi yang membacanya. Dalam hal ini perlu dibuat ide pokok tiap paragraf.

Selesai membuat artikel mengikuti cara dan kaidah yang benar, selanjutnya Anda harus mengirimkannya untuk mendapatkan pembaca. Berikut cara mengirimkan artikel ke media online yang bisa diterapkan.

1. Wajib memiliki email aktif

Kebanyakan tulisan diminta untuk dikirimkan melalui email. Anda harus membuat email dulu jika belum memiliki sebab tidak bisa dikirim menggunakan aplikasi chatting.

Email akan menjadi media berkomunikasi dengan admin platform. Sehingga setiap update informasi mengenai perubahan ketentuan atau konfirmasi pembayaran akan diberitahukan melalui email sehingga semua jelas untuk kedua belah pihak.

2. Ikuti ketentuan dari platform

Setiap website menerapkan peraturan berbeda untuk kiriman tulisan. Ada yang mensyaratkan dikirim menggunakan format PDF, dilampirkan pada email bukan ditulis di badan email.

Bisa juga diminta untuk mengirimkan dalam format doc. Ini lebih mudah karena tidak perlu meng-convert. Jika diharuskan menulis pada badan email usahakan rapi saat meng-copy paste, dan baca ulang.

3. Sertakan identitas yang jelas sesuai permintaan

Anda akan diminta memberikan informasi mengenai nama, foto, profil singkat termasuk juga rekening Bank untuk pembayaran fee penulisan.

Diperlukan identitas asli sesuai kondisi sebenarnya sebagai cara mengirim artikel ke media massa online. Anda juga bisa menyertakan alamat sosial media untuk nantinya sebagai promosi keahlian yang dimiliki.

Cara Upload Artikel ke Media Online agar Tayang

Selain mengirim naskah melalui email, Anda juga bisa upload secara mandiri. Memang beberapa platform seperti berita, website, blog memberikan ruang untuk penulis bisa menulis naskah langsung kemudian menguploadnya.

cara mengirim dan upload artikel ke media massa online

Umumnya yang seperti ini, Anda harus memiliki user id dulu atau terdaftar sebagai member. Selanjutnya Anda akan memiliki halaman dashboard dimana tersedia kolom untuk memposting suatu ulasan atau naskah.

Jadi ada beberapa step yang harus dipenuhi ketika akan mengupload sebuah artikel ke dalam tayangan media online. Sehingga hasilnya benar-benar bisa sempurna seperti yang Anda harapkan.

Mungkin anda juga mencari jasa artikel pilar silahkan hubungi kami

Cara upload artikel ke media online mengikuti panduan yang sudah berlaku di sana. Anda bisa bertanya langsung kepada admin melalui email atau fasilitas chatting yang disediakan.
Supaya naskah yang Anda tulis bisa tayang di platform online, buat tulisan mengena. Sesuai dengan tema dan gaya bahasa yang disyaratkan. Penggunaan kata kunci yang tepat membantu tulisan segera direview.

Beberapa platform mensyaratkan gambar sebagai penegasan setiap ulasan dalam paragraf sesuai dengan tema. Anda wajib memenuhi ketentuan ini jika tidak ingin naskah dikembalikan. Perhatikan syarat gambar supaya tidak diminta merevisi.

Tidak semua platform memberikan kesempatan revisi, namun hanya mengirimkan email bahwa naskah Anda tidak akan tayang karena tidak sesuai ketentuan. Jika seperti ini Anda harus membuat baru.

Penuhi batas waktu upload naskah. Konsisten dengan jeda yang tetap. Perhatikan kembali cara upload artikel di media online dengan teliti sekali lagi agar tidak keliru.