Cara Membuat Copywriting yang Menarik, Ini Dia Tipsnya

Cara membuat copywriting yang menarik perlu memperhatikan banyak hal. Copywriting atau penulisan iklan promosi tentu menjadi sesuatu dengan urgensi tinggi bagi sebuah usaha atau bisnis. Apalagi jika Anda mengandalkan platform digital sebagai media pemasarannya. Pada digital market, orang-orang tidak melihat langsung produk yang Anda jual.

Tidak seperti penjualan konvensional dimana calon pembeli dapat melihat dan menyentuh langsung barang yang ditawarkan. Oleh sebab itu, kalimat dalam promosi memiliki peran dengan pengaruh sangat tinggi sehingga orang-orang mau membeli. Anda bisa saja memiliki produk dengan kualitas unggulan dibandingkan barang miliki kompetitor.

Namun tanpa mempromosikannya dengan baik, mungkin orderan untuk produk Anda tidak akan sebanyak pesaing yang menerapkan teknik copywriting secara tepat. Untuk itu, kemampuan dalam membuat iklan tidak bisa dipisahkan dari keberhasilan suatu bisnis. Tidak perlu khawatir, berikut ini kami team jasa artikel seo berikan beberapa tips penulisan iklan untuk mempengaruhi calon pembeli.

Cara Membuat Copywriting yang Menarik dengan Membuat Headline yang Menyita Perhatian

Pertama, cara membuat copywriting yang menarik yaitu dengan memperhatikan headline. Headline merupakan bagian paling menentukan dari sebuah naskah iklan. Saat Anda melihat sebuah promosi baik itu lewat media sosial maupun website, secara sadar atau tidak sadar pasti akan melihat headlinenya terlebih dahulu.

Cara Membuat Copywriting yang Menarik dengan Membuat Headline yang Menyita Perhatian

Detik-detik pertama adalah saat menentukan apakah audience akan membaca naskah promosi sampai habis dan bahkan memutuskan membeli produk tersebut. Untuk itu, pembuatan headline sangat penting dan harus menarik sehingga mampu menyita perhatian audience. Posisikan diri Anda sebagai pengguna internet yang setiap harinya melihat berbagai iklan di media digital.

Tentu Anda akan melewatkan copywriting tidak menarik dan membosankan. Berbeda halnya jika iklan tersebut memiliki bagian awal menarik. Trik membuat headline menarik antara lain dengan menggunakan angka. Bisa berupa data terkait dengan produk maupun penawaran menarik seperti menyebutkan diskon atau cashback.

Cara membuat copywriting yang menarik juga bisa melibatkan audience dengan memberikan pertanyaan. Buatlah pertanyaan menarik dan relevan dengan target market Anda. Hal ini dapat memicu mereka untuk berhenti sejenak dan menjawab pertanyaan tersebut lalu terus membaca promosi Anda. Bisa ditarik kesimpulan bahwa headline memainkan peranan besar untuk mempersuasi audience.

Memahami Suatu Karakter Target Market Sebelum Membuat Copywriting

Sebelum membuat tulisan promosi, mengetahui karakteristik calon pembeli adalah hal wajib. Produk pada bisnis Anda mungkin menyasar kelompok tertentu sehingga cara beriklannya juga harus disesuaikan. Sebagai contoh, pemasaran produk fashion wanita tentu tidak bisa disamakan dengan pemasaran buku. Hal tersebut karena kedua produk itu berbeda dan memiliki target berbeda juga.

Memahami Suatu Karakter Target Market Sebelum Membuat Copywriting

Ini bisa mengacu pada perbedaan karakter usia, jenis kelamin, pekerjaan, latar belakang pendidikan, minat, hingga penghasilan. Dengan berbagai pertimbangan tersebut, seorang copywriter harus mampu menyusun kalimat yang merepresentasikan kelompok sasaran. Cara membuat copywriting yang menarik ini akan lebih efektif dan tertarget.

Baca juga apa itu pengertian copywriting

Gunakan bahasa yang sesuai dengan target market bisnis Anda. Misalnya menentukan apakah akan memakai bahasa formal atau non formal. Penggunaan sapaan juga berpengaruh terhadap audience. Misalnya produk fashion remaja Anda bisa menggunakan sapaan ‘Girls’ atau ‘Bunda’ untuk produk bayi. Menyapa audience seolah mengajak mereka berkomunikasi secara personal.

Perlu juga membangun emosi audience juga dapat membantu efektivitas promosi Anda. Cara ini bisa dilakukan dengan memuat hal-hal yang dapat menciptakan emosi tertentu misalnya kepercayaan, rasa takut, penasaran, hingga empati. Kalau emosi audience sudah terbangun, besar kemungkinan naskah iklan dapat mempengaruhi mereka.

Memberikan Informasi Tentang Manfaat Produk pada Copywriting yang Dibuat

Cara membuat copywriting yang menarik pastinya juga tidak terlepas dari informasi mengenai manfaat. Seseorang tidak akan mau membeli sesuatu jika produk tersebut tidak memiliki nilai tertentu. Oleh sebab itu, Anda perlu mencantumkan apa saja manfaat barang tersebut secara jelas dengan bahasa lugas dan menarik.

Memberikan Informasi Tentang Manfaat Produk pada Copywriting yang Dibuat

Namun sebelum membuat daftar manfaatnya, Anda perlu menguasai product knowledge dengan benar. Dengan begitu dapat mengetahui juga apa saja keuntungan membeli atau menggunakan barang tersebut. Pastikan Anda memberikan informasi secara jujur tanpa menambahkan sesuatu bersifat rekayasa. Karena hal ini akan menentukan bagaimana bisnis ke depannya.

Membuat informasi palsu hanya akan memberikan dampak buruk bagi bisnis. Konsumen yang telah membeli produk tersebut akan merasa kecewa karena adanya ketidaksesuaian informasi manfaat. Sehingga berimbas pada menurunnya kepercayaan publik terhadap produk Anda. Bahkan konsumen yang tidak puas bisa mempengaruhi pasar sehingga tidak mau menggunakan produk tersebut.

Di samping itu, penting juga memberikan berbagai informasi spesifik lainnya. Misalnya menjelaskan komposisi bahan pembuatan produk, orang terkenal yang pernah memakai barang atau jasa tersebut, dan sebagainya. Memberikan solusi atas suatu permasalahan juga mengundang audience untuk lebih tertarik pada sebuah item.

Mengutamakan Orisinalitas dari Suatu Tulisan Saat Menulis Copywriting

Cara membuat copywriting yang menarik berikutnya yaitu mengutamakan orisinalitasnya. Konten orisinal merupakan cerminan karakteristik bisnis Anda. Meskipun menawarkan produk sama, namun penggunaan teknik copywriting secara unik dan orisinil akan memberikan nilai tersendiri bagi sebuah bisnis. Untuk itu, hindari meniru bahkan menjiplak konten promosi orang lain.

Mengutamakan Orisinalitas dari Suatu Tulisan Saat Menulis Copywriting

Copywriting yang orisinil juga menjadi cara jitu untuk membangun brand Anda. Dengan karakteristik copywriter kuat dan unik, audience akan langsung mengetahui bahwa produk tersebut adalah milik Anda. Cara ini dapat menimbulkan kesan kuat publik terhadap brand tersebut. Sehingga pada akhirnya bisnis yang Anda jalankan semakin dikenal orang.

Di era online marketing, kebutuhan akan copywriting semakin mendesak. Namun jika Anda tidak sempat membuat konten berkualitas, manfaatkan jasa penulisan copywriting terpercaya seperti SahabatArtikel. Anda bisa menghubungi kami di nomor 0857-7777-5545 melalui WA, telepon, atau SMS. Selanjutnya, tidak perlu lagi kesulitan mencari cara membuat copywriting yang menarik.

Scroll to Top