Cara Menulis Sumber dari Internet yang Perlu Anda Pahami

Mungkin informasi mengenai cara menulis sumber dari internet yang perlu Anda pahami belum banyak tersedia. Saat Anda membuat sebuah karya tulis, baik untuk kebutuhan skripsi, tesis, jurnal, jasa penulis artikel atau bahkan tugas sekolah sekalipun, maka diperlukan adanya sumber terpercaya. Hal ini dilakukan sebagai bukti bahwa tulisan tersebut kredibel dan berkualitas.

Cara Menulis Sumber dari Internet yang Perlu Anda Pahami

Oleh sebab itu, dibutuhkan beberapa sumber atau rujukan untuk karya tulis tersebut. Rujukan yang dimaksud umumnya dalam bentuk tulisan, seperti buku, jurnal ilmiah, atau dokumen pendukung lainnya. Seiring perkembangan teknologi dan informasi, kini rujukan pustaka tak hanya bisa diperoleh melalui buku, tetapi juga lewat internet.

Banyak sekali sumber dari internet yang dapat Anda jadikan sebagai bahan rujukan untuk membuat sebuah karya tulisan. Namun, yang perlu diperhatikan adalah bagaimana cara penulisan sumber atau daftar pustaka yang baik dan benar. Sayangnya, sering kali cara menulis sumber dari internet maupun buku belum dipraktikkan dengan tepat.

Padahal penulisan daftar pustaka tak kalah penting dibandingkan penulisan isi karya tulis itu sendiri. Oleh sebab itu, terdapat aturan jelas mengenai cara penulisan daftar pustaka, baik itu dari sumber yang sifatnya online maupun offline. Agar Anda tak melakukan banyak revisi, alangkah baiknya Anda menuliskan sumber dengan benar.

Menulis Sumber Menggunakan Format MLA

Ada beberapa teknik dalam cara menulis sumber dari internet yang sering digunakan, salah satunya adalah format MLA atau Modern Langauge Association. Dalam menulis daftar pustaka dari internet menggunakan format MLA, ada beberapa data atau informasi yang perlu Anda kumpulkan. Seperti nama penulis atau editor, judul artikel, dan judul situs.

Selain itu, Anda pun perlu mencantumkan nama alamat website, tanggal penerbitan artikel, tanggal pengaksesan, serta nama url secara lengkap. Semua informasi tersebut adalah hal wajib yang harus tertera dalam daftar pustaka. Terkadang ada beberapa orang yang memasukkan sumber rujukan dari internet dengan sembarangan.

Misalnya hanya menuliskan alamat url tanpa terdapat informasi lain yang justru lebih penting. Seperti judul artikel yang dirujuk, penulis maupun editor artikel, serta tanggal publikasi. Apabila hanya mencantumkan url, maka dikhawatirkan dapat mengurangi tingkat akurasi sumber. Karena url bisa saja mati atau non aktif sewaktu-waktu.

Baca juga tentang cara membuat konten artikel original untuk blogger

Umumnya, nama penulis diketik dari nama belakang dipisahkan tanda koma. Judul artikel ditulis dalam tanda petik, apabila dalam bahasa asing maka menggunakan huruf miring. Berikut contoh cara menulis sumber dari internet berdasarkan format MLA.

Tailor, John. “Teknik Pembuatan Mesin Jahit dengan Metode Sederhana.” www.johntailor.com. 8 September 2017. 9 September 2020. “https://www.johntailor.com/teknik-pembuatan-mesin-jahit-dengan-metode-sederhana/.”

Menggunakan Format APA dalam Menulis Sumber yang Benar

Selain format MLA, Anda juga bisa menuliskan daftar sumber rujukan dengan menggunakan format APA atau American Psychological Association. Format ini juga umum dipergunakan untuk berbagai jenis penulisan ilmiah. Sama halnya dengan penulisan daftar pustaka secara umum, ada beberapa informasi penting yang harus tercantum.

Jika rujukan yang dipakai adalah buku maka Anda harus menuliskan nama penulisnya, tahun diterbitkan, judul buku, hingga nama penerbit resminya. Sedangkan cara menulis sumber dari internet dengan format APA lebih sederhana dibandingkan MLA. Informasi yang dibutuhkan adalah nama penulis, tanggal terbit, judul, dan halaman url.

Layaknya penulisan daftar pustaka secara umum, nama pembuat artikel juga ditulis dari nama belakang dengan dipisahkan tanda koma. Dengan format ini, Anda bisa langsung mencantumkan url tanpa menulis nama website. Contoh penulisannya sebagai berikut:

Tailor, John. 8 September 2017. Teknik Pembuatan Mesin Jahit dengan Metode Sederhana. “https://www.johntailor.com/teknik-pembuatan-mesin-jahit-dengan-metode-sederhana/.”

Menulis daftar pustaka sebenarnya sangat mudah, sama seperti jasa penulis artikel pilar yang kami sediakan. Hanya saja Anda perlu memahami dan mempraktikkan langsung ke dalam tulisan. Jika dilakukan dengan benar, maka Anda tak perlu banyak melakukan perbaikan. Karena biasanya supervisor atau pembimbing tulisan akan memeriksa apakah rujukan sudah ditulis dengan benar.

Cara Menulis Sumber dari Internat Tanpa Nama

Dalam cara menulis sumber dari internet, terkadang Anda sulit menemukan nama penulis atau editor artikel. Meski demikian, Anda tetap dapat menggunakan artikel tersebut sebagai sumber pustaka. Hanya saja cara menuliskannya akan sedikit berbeda. Informasi yang diperlukan yaitu judul artikel, nama website, url, serta tanggal terbit dan akses.

Biasanya, jenis artikel seperti ini adalah berupa update berita di portal media online. Judul artikel ditulis dalam tanda petik (“). Sedangkan url ditulis secara lengkap di bagian akhir. Contoh cara penulisannya yaitu sebagai berikut:

“John Tailor Meresmikan Boutique ke-15 di Paris.” CCB News Online. 2 Januari 2020. 4 Januari 2020. <https://www.ccb.co.uk/news/entertainment-1783627/>.

Jadi, meskipun tidak terdapat informasi mengenai nama pembuat artikel atau editornya, bukan berarti Anda tidak menerapkan cara menulis sumber dari internet dengan benar. Bagaimanapun juga, sebuah tulisan adalah karya seseorang yang patut dihargai, jadi tak boleh mengutipnya tanpa mencantumkan sumber.

Tak hanya artikel, pengambilan gambar melalui internet juga tak bisa dilakukan dengan seenaknya. Jadi, jika Anda ingin menggunakan sebuah gambar dalam karya tulis, maka wajib memberi keterangan pemilik hak cipta gambar atau foto tersebut. Meskipun tidak terdapat watermark, namun gambar tersebut tetap menjadi hak orang lain.

Tak hanya penulisan jurnal ilmiah, membuat artikel juga memerlukan skill dan pengetahuan yang luas. Terlebih dengan adanya platform website di era digital, maka kebutuhan akan artikel pun kian mendesak. Sayangnya hal ini masih menjadi kendala bagi banyak orang terutama yang menggeluti dunia internet.

Namun, tak perlu khawatir jika kesulitan membuatnya. Kini SahabatArtikel datang memberikan solusi kepada Anda. Jika Anda tertarik membuat konten artikel berkualitas termasuk jasa penulis artikel judi, silakan menghubungi 0857-7777-5545 melalui telepon/SMS/WA. Dengan adanya tenaga ahli, maka cara menulis sumber dari internet bukan lagi menjadi masalah.