Cara Mengatasi Wifi Terhubung Tapi tidak Bisa Akses Internet

Banyak orang yang tidak mengetahui cara mengatasi wifi terhubung tapi tidak bisa akses internet. Seperti kita ketahui, wifi telah menjelma menjadi suatu kebutuhan penting bahkan wajib bagi sebagian besar masyarakat, terutama bagi penulis artikel yang sedang mengerjakan job. Pengertian wifi sendiri yaitu teknologi yang menggunakan perangkat tertentu untuk mengakses data melalui jaringan nirkabel (wireless).

Cara Mengatasi Wifi Terhubung Tapi tidak Bisa Akses Internet

Di era digital, wifi berfungsi sebagai penyalur internet dengan kecepatan tinggi sehingga dapat diakses oleh perangkat gadget di suatu lingkup area tertentu. Jaringan nirkabel ini kini banyak digunakan di berbagai fasilitas publik seperti taman, sekolah, perkantoran, kampus, rumah sakit, bahkan telah memasuki lingkup rumah tangga.

Namun jika jaringan wifi mengalami masalah sehingga tidak dapat mengakses internet, tentu hal ini dapat mengganggu aktivitas banyak orang. Apalagi apabila status wifi sudah terhubung. Pastinya kondisi ini dapat membuat Anda merasa frustrasi. Namun Anda dapat mengikuti beberapa tips berikut ini agar dapat mengakses internet menggunakan gadget.

Restart dan Reboot Router Saat tidak Bisa Akses Internet

Cara mengatasi wifi terhubung tapi tidak bisa akses internet yang pertama yaitu dengan memeriksa router atau modem. Router sendiri adalah suatu perangkat yang mengirimkan data dengan memanfaatkan jaringan khusus. Dengan adanya router, perangkat atau gadget Anda dapat terhubung ke internet dengan lancar dan cepat.

Terkadang salah satu penyebab terganggunya koneksi internet bisa datang dari router. Jika gadget tidak bisa berselancar menggunakan internet, maka tak ada salahnya Anda melakukan pengecekan pada router kemudian restart. Ini merupakan penyebab yang kerap terjadi akan tetapi tidak begitu diperhatikan oleh para pemilik.

Jika wifi Anda sudah terhubung namun tidak dapat menyambung ke internet, matikan terlebih dahulu router atau modem dengan menekan tombol powernya. Kemudian tunggu beberapa saat kurang lebih selama 30 detik. Setelah itu, tekan kembali tombol power pada router agar bisa menyala lagi. Tunggu hingga lampu indikator DSL tampak stabil.

Baca juga tentang cara menulis sumber dari internet yang perlu anda pahami

Cara mengatasi wifi terhubung tapi tidak bisa akses internet lainnya yaitu dengan melakukan reboot router. Cara ini dilakukan melalui browser pada perangkat Anda. Masuk ke browser lalu ketikkan 192.168.0.1 atau 192.168.1.1. Lalu akan muncul koom yang meminta Anda memasukkan username dan password di halaman login.

Masukkan ‘Admin’ untuk username dan password. Kemudian klik ‘System Tools a Reboot’ lalu pilih opsi ‘Reboot’. Proses ini akan memerlukan beberapa saat sebelum wifi bisa tersambung dengan benar. Jika proses sudah selesai, segera cek kembali perangkat Anda. Kemudian sambungkan koneksi wifi. Anda sudah dapat mengakses internet lagi.

Melakukan Update Driver Adaptor Wifi Jika Masih tidak Bisa Akses Internet

Cara mengatasi wifi terhubung tapi tidak bisa akses internet tak hanya dapat dilakukan dengan merestart atau reboot router. Karena bisa saja letak permasalahan justru berada pada perangkat Anda seperti PC atau komputer. Penyebab lainnya kemungkinan adalah driver adaptor wifi yang telah out-dated sehingga tidak dapat digunakan.

Hal ini ditandai dengan komputer atau laptop tidak dapat digunakan browsing internet padahal sudah terhubung wifi. Di mana perangkat lain terkoneksi wifi yang sama bisa browsing. Jika hal ini terjadi silakan masuk ke menu My Computer di PC Anda. Dari beberapa opsi yang tertera, pilih opsi ‘Properties’.

Lalu klik kanan pada pilihan driver adaptor wifi kemudian klik ‘Update Driver Software’. Secara otomatis, perangkat komputer atau laptop Anda akan melakukan pembaruan pada driver adaptor wifi. Setelah proses update selesai, cek kembali apakah jaringan yang ada sudah bisa berjalan dengan baik.

Mengatasi Permasalahan pada HP Android Jika Tetap Tidak Bisa Akses Internet

Cara mengatasi wifi terhubung tapi tidak bisa akses internet khususnya pada HP Android juga perlu Anda ketahui. Pasalnya, hal ini sering terjadi di mana hanya gadget HP Anda yang tidak bisa mengakses internet. Oleh sebab itu, lakukan pengaturan kembali secara manual. Pertama, silakan masuk ke menu ‘Settings’.

Mungkin anda membutuhkan jasa penulis artikel jogja

Kemudian, klik opsi menu ‘Network & Internet’. Di menu tersebut, Anda akan menjumpai informasi jaringan yang terhubung namun tidak bisa mengakses internet (Connected, no internet). Setelah itu, klik jaringan tersebut lalu klik ‘Forget’. Artinya, Anda menghapus daftar jaringan yang sebelumnya telah tersambung.

Dengan begitu, jaringan tersebut akan menghilang dari perangkat Anda. Setelah itu, coba sambungkan kembali perangkat HP Android dengan wifi tersebut. Masukkan kembali kata sandi yang sesuai, lalu hubungkan. Dengan cara ini HP Android akan bisa melakukan akses ke internet dengan baik dan lancar kembali.

Jika Masih Tidak Bisa Akses Internet Coba Aktifkan Mode Pesawat

Cara mengatasi wifi terhubung tapi tidak bisa akses internet lainnya yaitu dengan menyalakan mode pesawat pada perangkat handphone maupun PC Anda. Permasalahan bisa terjadi bukan karena sumber wifi tetapi dari perangkat yang digunakan. Salah satu cara yang cukup efektif yaitu memanfaatkan mode pesawat.

Mode pesawat jika diaktifkan akan membuat gadget Anda sejenak menghentikan semua proses koneksi. Aktifkan mode tersebut selama beberapa saat. Kemudian matikan kembali mode pesawat tersebut. Tak hanya pada smartphone, flight mode juga bisa diaktifkan pada perangkat laptop. Setelah beberapa detik, masalah koneksi internet bisa teratasi.

Jalan lainnya yaitu dengan merestart perangkat yang digunakan. Setelah dinyalakan kembali, hubungkan lagi perangkat Anda ke jaringan wifi yang tersedia. Lalu cobalah untuk beraktivitas di internet. Ini merupakan cara yang sangat mudah namun penting diperhatikan agar aktivitas Anda tidak terganggu.

Salah satu yang ditawarkan platform internet adalah website. Jika Anda mengelola website namun kesulitan membuat konten dan membutuhkan harga artikel terjangkau, tak ada salahnya menggandeng jasa dari SahabatArtikel. Hubungi 0857-7777-5545 melalui telepon/SMS/WA untuk pembuatan berbagai artikel menarik dan berkualitas seperti cara mengatasi wifi terhubung tapi tidak bisa akses internet.

Scroll to Top