Cara Membuat Menu di WordPress Paling Mudah

Sebenarnya cara membuat menu di wordpress itu sangat mudah dilakukan. WordPress sendiri termasuk CMS termudah yang bisa digunakan oleh siapapun, termasuk pemula. Itulah sebabnya jumlah penggunanya sangat banyak melebihi dari CMS pada umumnya termasuk website jasa penulis artikel SahabatArtikel. WordPress adalah platform website yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan.

cara membuat menu di wordpress

Baik itu untuk pembuatan blog dan toko online. Hanya dengan beberapa menit saja dalam mengatur halaman dashboard admin, maka tampilan dan fungsi website bisa menjadi seperti yang diinginkan oleh para pengguna. Ini sama seperti ketika Anda ingin membuat tampilan pada WordPress.

Cara membuat menu di wordpress sebenarnya mudah bila sudah tahu triknya! Anda bisa mengatur sekaligus mengubahnya sesuka hati dalam hitungan menit. Hanya saja untuk membuatnya sebaiknya pahami dulu apa yang paling dibutuhkan oleh para pengunjung saat berkunjung ke website Anda.

Cara Mudah dalam Membuat Tampilan Menu Navigasi

Menu WordPress merupakan bagian yang sangat penting pada sebuah website. Menu berguna untuk memudahkan pengunjung saat mencari konten yang dibutuhkan. Maka dari itu pastikan memasang apa yang memang dibutuhkan oleh mereka. Misalnya saja seperti navigasi. Berikut ini adalah beberapa cara membuat tampilan navigasi pada WordPress :

  1. Sebaiknya batasi pembuatan, maksimal 7. Karena bila terlalu banyak menyediakannya justru membuat pengunjung semakin bingung. Terlebih memori manusia biasanya memuat 7 item saja. Hal ini telah disampaikan oleh George Miller dalam makalah psikologi terkenalnya di tahun 1956. Mungkin Anda membutuhkan jasa konten marketing silahkan hubungi kami
  2. Pakai logo website Anda saat menuju ke halaman yang utama. Jadi usahakan logo website punya tautan ke halaman utama website. Sehingga dengan begitu akan membuat pengunjung lebih mudah untuk mengakses konten lainnya dari blog Anda.
  3. Cara membuat menu di wordpress untuk navigasi lainnya adalah jangan menambahkan drop down. Setidaknya hanya tambahkan maksimal 3 menu saja. Bila website sudah terlalu banyak, sebaiknya jangan gunakan drop down. Sebagai penggantinya, gunakan tampilan mega saja.
  4. Supaya navigasi lebih praktis dan mudah diakses dari perangkat mobile, sebaiknya pilih template yang responsif. Template sangat mempengaruhi kecepatan dan kenyamanan pengunjung dalam mengakses website Anda. Maka dari itu hindari template yang terlalu ramai karena itu akan membuat website tidak responsif.

Yang pasti gunakan sesuai dengan kebutuhan saja. Jangan terlalu over dalam membuat menu di WordPress. Hal ini berlaku sama ketika menggunakan template yang mau ditambahkan tampilan ke dalamnya. Sehingga website semakin ringan saat diakses oleh pengunjung Anda.

Cara Membuat Menu di WordPress

Untuk membuat menu pada WordPress, maka Anda bisa mencoba template gratisan dulu yang tersedia pada WordPress.org. Namun bila Anda memakai template yang tidak sama, pengaturan menunya mungkin sedikit berbeda namun hampir mirip seperti di bawah ini :

  1. Pertama, silahkan login dulu menggunakan akun Anda supaya bisa masuk ke dalam dashboard WordPress. Namun sebelum itu pastikan Anda mempunyai halaman yang akan ditambahkan menunya. Bila belum memiliki halamannya, silahkan buat halaman kontaknya dulu.
  2. Cara membuat menu di wordpress untuk halaman konten adalah pilih Appearance kemudian Menus. Untuk membuat menu baru, isi namanya di kolom yang tersedia. Setelah itu tekan tombol create menu. Bila sudah, tentukan lokasi menu yang mau ditampilkan. Atau anda bisa membaca artikel kami tentang cara membuat blog di wordpress
  3. Dalam hal ini ada 3 pilihan lokasi. Yaitu secondary, primary, dan social. Namun untuk setiap template umumnya pilihan lokasi dan namanya tidak selalu sama. Sementara itu di bagian pages, centang halaman yang mau dimunculkan pada menunya. Bila sudah, tekan add to menu.
  4. Setelah halaman muncul pada menu, pilih lokasinya dan tekan save. Untuk melihat hasilnya, langsung buka website Anda. Bila sudah selesai membuat menunya, maka urutkan sesuai yang diinginkan. Caranya cukup geser ke lokasi yang Anda suka, lalu pilih save changes untuk mengubah posisinya.
  5. Selanjutnya buatlah sub menu, yaitu bagian dalamnya yang tersusun atas parent and child. Sub menu biasanya langsung muncul saat mouse diarahkan ke bagian utama. Dengan membuat sub menu akan membuat struktur website terlihat bagus. Untuk pembuatan sub menu masih sama seperti saat Anda mengurutkan lokasinya.
  6. Jadi tarik lokasi yang mau ditempatkan. kemudian pilih save changes bila ingin menyimpan perubahannya. Sementara itu untuk membuat bagian sub menunya, sebaiknya jangan membuatnya lebih dari 3. Karena bila terlalu banyak akan membuat pengunjung semakin bingung.

Cara Membuat Menu Kategori di WordPress

Selain memahami cara membuat menu di wordpress di atas, ternyata Anda masih bisa menambahkan kategori didalamnya. Jadi Anda bisa menyesuaikan kategori website sesuai dengan tema kontennya. Untuk membuat kategori menu pada WordPress sangatlah mudah Yaitu tinggal buka menu appearance.

Mungkin saat ini Anda sedang mencari jasa artikel pilar silahkan menghubungi kami

Setelah itu pilih tambah menu. Kemudian pilih categories and view all. Bila sudah, segera centang kategori yang Anda inginkan supaya bisa ditambahkan ke dalam sub menunya. Untuk menambahkannya, Anda bisa menarik kategori yang ada.

Bila semuanya sudah dilakukan, segera tekan tombol save. Dari sini, maka proses pembuatan kategori menu pada WordPress sudah berhasil. Sehingga website Anda sudah siap mengudara ke publik. Namun tentunya gunakan secukupnya saja supaya tidak membingungkan pengunjung.

Setelah memahami bagaimana caranya membuat menu pada WordPress, saatnya mengisi kontennya dengan artikel yang berkualitas. Maka dari itu bila Anda kesulitan untuk membuat artikel yang unik, silahkan hubungi Sahabat Artikel. Dengan menghubungi 0857-7777-5545, selain harga penulis artikel yang terjangkau, SahabatArtikel juga berpengalaman dan memberikan garansi, maka Anda bisa memaksimalkan hasil dari pemahaman cara membuat menu di wordpress.

Scroll to Top