Ciri dan Harga Jasa Freelance Content Writer yang Berkualitas

Apakah harga freelance content writer berpengaruh terhadap ranking website? Pemilik website tentunya menginginkan viewer dan traffic yang tinggi dengan menggunakan jasa penulis artikel. Hal ini akan menentukan peringkat dan visibilitas website tersebut di mesin pencarian. Semakin bagus rangkingnya semakin banyak jumlah pembaca yang bisa ditarik.

harga freelance content writer

Setiap pemilik website akan bersaing dengan website lain dalam mendapatkan perhatian audiens. Apapun isi websitenya akan mendatangkan keuntungan jika semakin banyak yang membuka dan membaca isi kontennya. Kendalanya adalah membuat tulisan menarik pada halaman website tersebut.

Maka tak jarang pemilik website mencari penulis berpengalaman untuk membantu menyediakan konten menarik. Sehingga dapat membantu meningkatkan rangking. Saat ini semakin banyak orang beralih profesi sebagai content writer dan menawarkan jasanya secara online. Profesi ini semakin marak seiring kemajuan teknologi internet.

Pengertian Freelance Content Writer dan Tugasnya

Sebelum mengetahui lebih lanjut harga jasa freelance content writer, harus dipahami terlebih dahulu apa itu freelance content writer. Seorang content writer adalah penulis berpengalaman yang secara profesional mampu membuat sebuah konten menarik untuk dipublikasikan melalui internet. Jadi mereka bekerja secara online dengan jam kerja tak terbatas.

Ada banyak macam konten yang bisa dihasilkan seperti blog, artikel, konten media sosial dan banyak lagi. Bukan hanya menulis tetapi seorang konten writer harus memiliki wawasan luas sehingga menghasilkan isi tulisan berbobot. Bukan hanya menarik dibaca tetapi juga informativf sesuai kebutuhan.

Jasa content writer bertanggungjawab mengelola suatu web. Melakukan update secara berkala berkaitan isinya. Sehingga selalu menyajikan informasi terbaru. Selain web juga mengelola media sosial klien atau perusahaan. Mulai dari isi konten hingga perkembangan terbaru media sosial tersebut.

Berkoordinasi dengan salahsatu divisi lain dan melakukan sebuah riset traffic. Koordinasi diperlukan untuk mendapatkan hasil tulisan menarik dikombinasikan dengan hasil kerja design grafis. Riset traffic bertujuan mencari tahu apa saja jenis konten paling diminati masyarakat. Sehingga artikel atau konten lain yang dibuat lebih kekinian.

Memiliki kemampuan editorial dan memahami SEO (Search Engine Optimization). Seorang penulis konten harus mengetahui cara penulisan sehingga dapat melakukan evaluasi secara mandiri terhadap hasil tulisannya. Selain itu tulisan harus SEO friendly sehingga visibilitasnya tinggi dan mudah ditemukan melalui mesin pencarian.

Macam-Macam Jasa Content Writer

Ada beberapa macam content writer, pertama adalah penulis konten SEO. Penulis harus dapat menulis artikel sesuai dengan kata kunci yang diinginkan. Tulisan yang memenuhi syarat SEO akan lebih mudah ditemukan oleh pengguna internet. Website yang dicari akan mudah muncul pada halaman pertama mesin pencari.

Mungkin Anda tertarik membaca artikel kami mengenai cara membuat menu di wordpress

Jurnalis. Penulis jenis ini dibutuhkan pada portal berita online atau website berita. Cara penulisannya tidak sekaku berita pada media cetak. Melainkan dikemas semenarik mungkin dengan bahasa yang lebih mudah dipahami. Sehingga lebih mudah menarik pembaca dari berbagai kalangan.

Generalist. Penulis macam ini tidak terikat pada kata kunci tetapi menulis sebanyak-banyaknya konten. Tidak ada pola maupun gaya khusus yang digunakan. Tulisan yang dihasilkan umumnya untuk kebutuhan branding. Ada juga technical writer. Penulis harus dapat menjelaskan informasi kompleks menjadi sederhana misalnya penulis guide book.

Spesialis sosial media. Hasil tulisannya bisa dinikmati pada akun brand-brand ternama. Digunakan untuk kebutuhan meningkatkan engagement pada sosial media brand tersebut dan pada akhirnya dapat menaikkan traffic. Setiap spesialisasi penulis mempengaruhi harga freelance content writer.

Harga Jasa Content Writer

Lalu berapakah harga content writer? Content writer dibayar sesuai dengan jenis pekerjaan. Apakah fulltime, freelance atau mandiri. Masing-masing memiliki nilai berbeda. Semakin banyak jam kerja harganya tentu semakin tinggi. Penulis fulltime dibayar lebih mahal dibanding freelance.

Besaran harga freelance content writer yang diterima sesuai dengan kesepakatan antara jasa artikel pilar dengan klien. Masing-masing perusahaan atau klien memiliki standar berbeda. Semakin banyak tulisan yang dibuat, harga yang diterima akan semakin besar. Tingkat kesulitan juga berpengaruh terhadap harga baik untuk fulltime maupun freelance.

Untuk penulis mandiri besarnya keuntungan tergantung pada kualitas dan traffic blog. Jika mampu menarik banyak pembaca, traffic akan semakin tinggi, keuntungan yang didapatkan akan mengikuti. Kemampuan membuat blog berkualitas dapat dijadikan modal untuk menarik klien. Sekaligus bisa menentukan sendiri harga dari tulisan.

Ciri-Ciri Harga Freelance Content Writer yang Berkualitas

Harga dari jasa freelance content writer bisa dijadikan acuan untuk menilai kualitasnya. Content writer profesional umumnya memasang harga lebih tinggi. Namun sesuai dengan kapasitasnya sebagai penulis harus mampu menghasilkan konten menarik. Bagi pemula bisa meningkatkan hard skill untuk mendapatkan bayaran tinggi.

Pengetahuan SEO merupakan salah satu hard skill pokok yang harus dimiliki seorang penulis. Saat ini yang paling dibutuhkan adalah konten yang mudah ditemukan para pembaca. Penulis yang memahami kriteria tulisan SEO-friendly akan mendapatkan harga freelance content writer tinggi.

Format penulisan baik juga berpengaruh pada harga content writer. Struktur kalimat, ejaan, penggunaan tanda baca maupun penulisan istilah asing yang baik dan benar akan mempengaruhi mood pembaca. Format yang rapi membuat pembaca tidak mudah bosan.

Seorang content writer juga dituntut memiliki kemampuan riset dan cara merangkum yang baik. Dengan riset tersebut wawasan akan semakin luas. Topik bahasan yang disusun menjadi lebih tertata dengan rapi. Informasi yang diterima pembaca lebih mudah dipahami. Data yang disajikan akurat dan dapat dipercaya.

Maka dari itu bila Anda tertarik menggunakan jasa freelance content writer, silahkan hubungi Sahabat Artikel sekarang juga di nomor 0857-7777-5545 selain harga jasa artikel sangat terjangkau. Dengan menghubungi kami, Anda akan mendapatkan harga freelance content writer terbaik dan hasilnya berkualitas.

Scroll to Top