Cara Membuat Blog di WordPress Paling Praktis

Pernahkah Anda mencermati cara membuat blog di wordpress yang paling praktis? Seperti website kami jasa penulis artikel yang menggunakan wordpress, karena wordpress menjadi salah satu sarana yang diberikan kepada setiap orang untuk mengembangkan sebuah website. Bahkan WordPress juga memberikan layanan website gratis kepada setiap orang. Tentunya hal tersebut diiringi dengan berbagai keunggulannya.

cara membuat blog di wordpress

Blog merupakan sarana dan media penyampaian beragam informasi. Setiap orang bisa membuat blog dengan tujuannya masing-masing. Misalnya pembuatan blog untuk membagikan cerita dan opini pribadi kepada banyak orang. Anda juga bisa membuatnya untuk tujuan mengupdate informasi penting setiap saat kepada para pembaca.

Bahkan beberapa orang membuat blog dengan tujuan bisa mempromosikan produk tertentu kepada setiap pengunjungnya. Namun, tahukah Anda bahwa terdapat bermacam-macam cara dalam menciptakan sebuah blog. Termasuk salah satunya cara membuat blog di wordpress yang paling sederhana. Hal ini menjadi penting ketika Anda hendak membuat sebuah blog.

Mungkin Anda sedikit bingung ketika hendak membuatnya. Apalagi dengan media wordpress yang sudah populer sejak lama. Untuk memudahkan langkah Anda dalam menciptkan blog, kami hadirkan beragam cara. Berikut adalah cara menciptakan blog dari media wordpress yang sudah disederhanakan menjadi beberapa tahapan.

Menginstall Blog WordPress di PC

Cara membuat blog di wordpress akan terasa lebih mudah jika Anda memahami setiap bagian langkahnya. Untuk itu, hal pertama yang harus Anda pahami adalah platform tersebut. WordPress merupakan sebuah platform berbasis open source yang bisa diunduh oleh semua orang. Termasuk Anda yang masih menjadi pemula.

Untuk mengunduhnya, Anda harus mengakses laman resmi WordPress. Di platform tersebut Anda akan menjumpai berbagai macam hal. Mulai dari plugin, tema blog, dokumentasi, sampai forum bantuan yang ditujukan bagi pengguna platform. Sehingga Anda tidak perlu khawatir dalam mengembangkan aktivitas blogging nantinya.

Baca juga tentang cara membuat website gratis dan mudah untuk pemula

Untuk menciptakan sebuah blog, Anda biasanya harus memilih provider hosting terlebih dahulu. Cara membuat blog di wordpress sudah lazim dilakukan oleh setiap pengguna platform. Kemudian Anda perlu memasang blog wordpress dengan mempertimbangkan beberapa cara. Umumnya, dalam layanan hosting juga menyertakan penginstall otomatis.

Anda juga dapat mengaksesnya melalui cPanel. Selain itu, dashbord hosting bisa menjadi alat untuk mengakses blog. Masuklah ke menu dashboard dan klik tulisan website dan auto installer. Kemudian Anda bisa meneruskan opsi worpress untuk menuju ke kolom formulir. Setelah itu, Anda perlu menekan tombol install.

Mengatur Format Blog WordPress agar Makin Lengkap

Cara membuat blog di wordpress tidak terhenti pada bagian penginstallan saja. Anda masih harus mengatur bagian penting di dalam worpdress yang sudah terinstall. Format pengaturan nantinya akan memberikan pengaruh pada blog yang Anda buat. Hampir semua format pengaturan memiliki langkah dasar.

Untuk mengatur format blog, Anda harus menuju ke bagian dashbord wordpress. Setelah itu, bukan bagian settings dan pilih menu general. Pada bagian ini terdapat beragam pengaturan standar. Anda bisa memulai dengan menunjuk bagian judul serta tagline standar untuk situs blog di wordpress tersebut.

Mungkin saat ini Anda mencar loker penulis artikel silahkan hubungi kami

Isilah format yang sudah disediakan oleh sistem sesuai dengan blog Anda. Cara membuat blog di wordpress ini terlihat mudah karena Anda hanya perlu mengisi kolom-kolom saja. Usahakan untuk mengisi kolom dengan tulisan yang sederhana. Meski simple tulisan tersebut harus mewakili gambaran keseluruhan blog Anda.

Anda juga perlu melakukan setting pada zona waktu dan bahasa. Hal ini berpengaruh pada saat Anda memposting konten blog. Apabila sudah selesai mengisi kolom, langkah selanjutnya adalah dengan mengklik save changes atau simpan perubahan. Kemudian pilih setting dan disscussion untuk memilih opsi komentar.

Cara Mengatur Tema Blog WordPress yang Sesuai

Cara membuat blog di wordpress selanjutnya mengharuskan Anda untuk mengatur tema. Setiap blog atau website biasanya didukung dengan ragam teman yang menarik. Tahukah Anda manfaat dari penerapan tema tersebut? Fungsinya adalah untuk menjadikan blog Anda lebih berwarna sehingga membuat mata tidak bosan.

Selain itu, memilih tema juga berperan penting untuk menunjukkan seberapa kualitas blog Anda. Bahkan tema sebuah blog mencerminkan jenis konten yang ada di dalamnya. Misalnya konten blog untuk bidang pemerintahan. Biasanya tema yang dipilih adalah simple dan dinamis. Serta menunjukkan sisi profesional dari blog tersebut.

Sementara itu, blog untuk kategori anak-anak biasanya perlu dibuat semenarik mungkin. Misalnya dengan memilih tema yang lebih berwarna. Bahkan tema tersebut bisa berupa gambar anak atau bunga sesuai ide Anda. Saat ini banyak referensi tema untuk berbagai macam jenis blog wordpress yang didapat dengan mudah.

Cara membuat blog di wordpress dengan mengaktifkan tema sangat mudah. Bukalah kembali dashboard wordpress kemudian pilih bagian appearance dan themes serta add new. Anda juga bisa memilih tema pada bagian direktori wordpress. Terakhir, pilih install dan activate. Pada tahapan ini website Anda sudah hampir jadi.

Membuat Konten Blog Sebagai Tahapan Terakhir

Pada tahapan akhir Anda perlu membuat konten blog. Untuk membuat konten blog Anda perlu menyesuaikan dengan jenisnya. Misalnya blog yang Anda buat khusus untuk membagikan cerita unik. Maka Anda perlu membuat tulisan yang unik sesuai dengan blog tersebut. Anda juga bisa membuat blog kemudian mempublishnya.

Buatlah post konten artikel yang menarik bagi pembaca. Pada laman dasbord, Anda dapat membuka write blog. Isi kolom mulai dari judul sampai bagian inti. Tidak terkecuali meta deskripsi yang mencerminkan keseluruhan dari konten Anda. Biasanya untuk menarik pembaca Anda juga bisa menyisipkan gambar yang relevan.

Setelah blog berhasil dibuat, tugas Anda adalah mengembangkannya. Bagaimana jika Anda tidak memiliki waktu mengerjakannya? Tidak perlu risau, kini Anda bisa mendapatkan artikel berkualitas dan harga jasa artikel terjangkau,melalui Sahabat Artikel. Hubungi kami untuk melihat rincian biaya di nomor 0857 7777 5545. Jadi, cara membuat blog di wordpress bisa diterapkan dengan mudah.

Scroll to Top