Penulisan Daftar Pustaka dari Internet yang Tepat dan Benar

Teknis penulisan daftar pustaka dari internet penting untuk diperhatikan terutama bagi kalangan akademisi dalam membuat karya tulis, baik berupa artikel, laporan, makalah, jurnal, maupun tugas akhir. Melalui pembuatan karya ilmiah, siswa dan mahasiswa dapat menuangkan pola pikir serta penjabaran dengan penulis artikel yang terstruktur dan dapat dipertanggungjawabkan.

Penulisan Daftar Pustaka dari Internet yang Tepat dan Benar

Untuk itu setiap siswa maupun mahasiswa perlu memperhatikan beragam ketentuan yang berlaku dalam sebuah penulisan karya ilmiah. Karya yang baik apabila ditulis tidak sesuai aturan maka hanya sia-sia saja. Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan beragam ketentuan yang perlu diperhatikan dalam menulis daftar pustaka sebagai bentuk pertanggungjawaban ilmiah.

Saat ini sumber penulisan yang tepercaya juga dapat diperoleh melalui Internet. Ada ketentuan tersendiri untuk cara membuat daftar pustaka dari internet. Anda perlu menuliskan judul, nama pengarang, tahun terbit, serta sumbernya. Dengan menuliskan daftar pustaka sumber tersebut, penulis karya ilmiah menjadikan sumber tersebut sebagai rujukan dalam kepenulisan.

Sumber internet memang lebih cepat dan lebih efisien untuk memperolehnya. Jangan lupa untuk membuat daftar pustaka bila Anda menggunakan bahan tersebut sebagai rujukan karya tulis yang dibuat. Dengan daftar pustaka, berarti Anda dapat mempertanggungjawabkan isi dari karya tulis tersebut dengan sumber tepercaya yang bisa dicek siapa pun.

Cara yang Benar Membuat Daftar Pustaka dari Internet

Ada beberapa ragam jenis penulisan daftar pustaka dari internet dan jasa pembuatan copywriting yang bisa Anda jumpai dengan beragam model juga. Bila menggunakan rujukan American Psychological Association (APA), maka karya penulisannya cukup mudah. Anda tuliskan dengan urutan nama situs. (tanggal pembuatan artikel). Judul. waktu akses artikel serta alamat web lengkap.

Tiap bagian dipisahkan dengan tanda titik dan untuk penulisan tanggal diberikan tanda kurung. Berdasarkan format Modern Humanities Research Association (MHRA), penulisan daftar pustaka bersumber internet sebagai berikut. Nama laman, “judul”, deskripsi laman, tanggal pembuatan artikel, <alamat laman URL> [tanggal akses laman].

Tanda pemisah masing-masing bagian mengikuti contoh beserta simbol-simbolnya. Gaya Council of Science Editor (CSE) dikenal simpel sehingga sering digunakan sebagai cara menulis daftar pustaka dari internet yang mudah dan praktis.

Anda hanya perlu menuliskan dengan susunan berikut, yaitu nama laman, judul [internet], deskripsi laman, tanggal pembuatan artikel [tanggal mengakses artikel], alamat laman URL. Tiap bagian dipisahkan dengan tanda koma selebihnya mengikuti susunan seperti contoh.

Untuk penulisan daftar pustaka dengan gaya Modern Language Association (MLA), penulisannya juga cenderung simpel. Daftar pustaka disusun dengan ketentuan sebagai berikut. “Judul”. nama laman. tanggal pembuatan artikel. tanggal artikel diakses. alamat lengkap laman URL. Tiap bagian dipisahkan dengan tanda titik serta pada bagian judul diberikan tanda petik.

Menulis Daftar Pustaka dari Internet

Berbeda dengan jasa penulis artikel, karena daftar pustaka merupakan susunan penulisan yang berada pada akhir suatu karya ilmiah. Dalam menyusun karya, penulis harus menggunakan daftar pustaka sebagai lampiran dari berbagai rujukan yang digunakan. Sehingga melalui daftar pustaka tersebut, seorang penulis mempertanggungjawabkan apa yang ia tuliskan merupakan rujukan dari sumber tepercaya.

Dengan membuat daftar pustaka sebagai lampiran karya tulis, maka penulis juga dapat membuktikan kebenaran dari karya tulis yang dibuat. Karya tulis yang memerlukan daftar pustaka misalnya disertasi, thesis, skripsi, jurnal maupun artikel ilmiah.

Penulis dan akademisi tidak boleh menyepelekan kepenulisan daftar pustaka. Sebagus apapun karya tulis akan percuma bila melalaikan daftar pustaka. Ada beragam sumber yang bisa digunakan untuk membuat karya tulis ilmiah.

Misalnya dari buku, artikel berita dari internet, jurnal, serta beragam sumber lainnya. Kini dengan adanya internet, beragam sumber tepercaya bisa diperoleh dengan mudah. Penulis harus tau cara membuat daftar pustaka dari internet untuk karya tulis yang dibuat.

Karena perannya yang penting, maka penulis harus menyusun daftar pustaka dengan tepat. Sayang sekali banyak akademisi yang masih belum mengerti sistem kepenulisan daftar pustaka dengan sumber internet. Padahal setiap format gaya kepenulisan sudah menyediakan format untuk rujukan internet.

Mungkin Anda membutuhkan jasa penulis artikel bahasa inggris

Penulisan Daftar Pustaka dari Jurnal Internet

Saat ini Anda juga dapat menemukan sumber jurnal untuk karya tulis melalui internet. Ada beragam sumber dan indeks tepercaya yang menyediakan beragam jurnal penelitian terbaru. Sebetulnya untuk penulisan daftar pustaka dengan sumber jurnal dari internet hampir sama dengan cara penulisan sumber jurnal berupa printout.

Perhatikan gaya yang dianut dalam menulis daftar pustaka dari internet berupa jurnal. Apakah menganut APA, MHRA, CSE atau MLA. Ketentuannya tidak jauh beda dengan ketentuan penulisan jurnal offline. Hanya saja Anda perlu melampirkan link alamat lengkap URL bila mendapatkannya secara online. Alamat laman internet ditempatkan pada posisi terakhir daftar pustaka.

Cara menulis daftar pustaka untuk gaya APA, Anda dapat menuliskan dengan urutan sebagai berikut. Nama. (tahun penulisan). Judul Jurnal. Nama Jurnal, Nomor Jurnal. Alamat lengkap URL. Hampir sama seperti gaya penulisan jurnal offline hanya saja diberikan keterangan laman lengkap URL di akhir penulisan. Begitu pula dengan gaya penulisan lain.

Sebagai contoh untuk penulisan daftar pustaka dari jurnal internet model MLA, maka Anda dapat menuliskan sebagai berikut. Nama. “Judul Jurnal”. Nama Jurnal nomor jurnal (Tahun Jurnal): halaman jurnal. Web. tanggal akses. <Laman lengkap URL>. Untuk sumber jurnal online dengan gaya penulisan CSE dan MHRA seperti penulisan jurnal offline dengan penambahan laman web di belakang.

Jika Anda sedang mencari jasa pembuatan artikel berkualitas, pilih jasa dari Sahabat Artikel. Sahabat Artikel siap membantu Anda untuk mengembangkan website berkualitas dengan optimasi SEO serta harga artikel yang terjangkau. Untuk pemesanan artikel SEO hubungi Admin 0857-7777-5545. Dengan memperhatikan penulisan daftar pustaka dari jurnal internet, artikel jadi lebih berbobot.

Scroll to Top