Cara Menentukan Tema Di Dalam Menulis Artikel

Home »  Blog »  Cara Menentukan Tema Di Dalam Menulis Artikel

blog-thumbnail

Cara Menentukan Tema Di Dalam Menulis Artikel

Cara Menentukan Tema Di Dalam Menulis Artikel

Dalam hal tulis menulis sebuah artikel baik itu cerpen, makalah, artikel website atau blog, tema termasuk sebuah pokok bahasan yang akan ditulis pada sebuah artikel. Semakin spesifik sebuah tema yang akan digunakan maka semakin baik juga artikel yang nantinya akan dihasilkan. Di dalam memilih tema artikel yang menarik, maka sebaiknya pilihlah topik yang sederhana, akan tetapi banyak orang yang mencarinya. Seperti hanlnya dengan tema blogging dan juga tips menulis, disitu terdapat banyak topik yang dapat kita ulas secara mendetail untuk dijadikan jasa penulis artikel yang cukup menarik perhatian.

Tema merupakan sebuah gagasan pokok pada sebuah tulisan atau artikel. Jika untuk topik adalah kalimatnya, namun pada tema yaitu berupa gagasan pokoknya. Tema dari tulisan ini yaitu tentang ‘topik, tema serta judul’. Pada setiap tulisan tentu saja memiliki sebuah tema, sebab pada sebuah penulisan diusahakan untuk memikirkan tema apa yang akan dibuat bantinya. Ketika menulis cerpen, puisi, novel, karya ilmiah, dan berbagai macam jenis artikel maka harus mempunyai sebuah tema. Maka dari itu, jika digambarkan dengan sebuah rumah, maka tema amerupakan bagian atapnya. Dalam sebuah artikel, tema juga termasuk bagian utama yang dibaca oleh para pembaca. Apabila temanya menarik, maka bisa memberikan nilai yang lebih di dalam tulisan atau artikel tersebut.

Cara Menentukan Tema Artikel

Cara menentukan tema untuk sebuah blog memang bisa dikatakan gampang-gampang susah. Bisa dikatakan gampang sebab kita hanya diminta untuk menuliskan kurang lebih antara satu sampai dengan empat kalimat. Dan dikatakan susah sebab apa yang mau kita tuliskan pada satu maupun empat kalimat itu. Menentukan tema artikel sebaiknya juga harus berhati-hati, sebab tema yang dipilih itulah yang bisa menjadi penentu arah dan tujuan artikel itu dibuat. Di dalam menentukan tema artikel yang baik, sebaiknya anda memperhatikan hal-hal di bawah ini secara spesifik:

Tema harus anda kuasai

Pilihlah tema artikel yang telah Anda kuasai dengan sebaik mungkin. Anda bisa menulis sesuai dengan apa yang Anda miliki. Misalnya saja anda memiliki pengalaman unik apa? Disiplin ilmu apa yang telah Anda kuasai? Kanda memiliki ketrampilan apa yang dapat Anda bagikan pada banyak orang? Atau Anda memiliki ide yang ingin anda tularkan kepada masyarakat?. Sebenarnya Anda bisa menggali tema dari dalam diri Anda sendiri. Langkahnya yaitu dengan melakukan pengenalan diri serta merumuskannya pada sebuah tulisan. Pengenalan diri tersebut seperti halnya pengalaman kerja, pengalaman pelayanan, pengalaman hidup, pengalaman dalam hobi, obsesi, kelebihan diri dan masih banyak lagi yang lainnya. Dari tulisan tersebut, kita akan bisa menarik sebuah tema yang bisa diangkat.

Dengan menentukan tema artikel yang memang sudah Anda kuasai, maka Anda akan menjadi semakin mudah dalam menulis artikel yang Anda kehendaki. Di dalam cara menentukan tema sebaiknya jangan meniru orang lain untuk menentukan tema dari sebuah artikel. Sesuai dengan prinsip ilmiah yang telah diketahuinya, penulis juga akan berusaha sekuat mungkin untuk mencari data melewati sebuah penelitian, observasi, wawancara, dan lain lain. Dengan demikian pengetahuannya tentang masalah itu bertambah lebih dalam. Dalam kondisi seperti itu, bisa disertai pengetahuan teknis ilmiah serta teori ilmiah yang dikuasainya untuk dijadikan latar belakang masalah. Dengan demikian penulis bisa menguraikan tema itu sebaik mungkin.

Pilih tema yang menarik

Cara menentukan tema yaitu dengan pemilihan tema yang banyak diminati oleh kebanyakan orang. Selain itu sebaiknya Anda juga tertarik dengan tema itu. Hal ini akan menjadikan blog Anda banyak content dan menjadikan Anda terus ingin menulis dengan tema yang sama. Tema yang bisa menarik perhatian penulis bisa menjadikan penulis berusaha terus- menerus mencari data di dalam memecahakan masalah-masalah yang sedang dihadapi. Seorang penulis akan terus-menerus didorong supaya bisa menyelesaikan karya anda dengan sebaik-baiknya.

Bahan bahannya bisa dengan mudah didapatkan

Bahan-bahan yang digunakan sebaiknya juga mudah untuk diperoleh. Sebauh tema yang baik sebaiknya bisa dipikirkan apakah bahannya sudah ada di sekitar kita atau tidak tersedia . Jika tersedia seorang penulis artikel bisa menguasai artikel tersebut dengan sebaik baiknya.