contoh penulisan judul karya ilmiah sesuai EYD

Meskipun sudah ada contoh penulisan judul karya ilmiah sesuai EYD, ternyata tidak semua orang paham dengan metodenya. Padahal pembuatan kepala tulisan itu sangat penting sekali supaya judulnya terlihat lebih rapi dan enak dibaca atau dipahami oleh siapapun. Maka penting untuk memahami kaidah EYD dengan benar.

contoh penulisan judul karya ilmiah sesuai EYD

Bahkan hal ini tidak hanya berlaku untuk pembuatan kepala penelitian ilmiah saja, namun setiap pemilik website harus mengikuti modernisasi dan trend saat ini. Yaitu mereka harus tetap menggunakan kaidah ejaan yang benar sesuai dengan dunia Pendidikan di masa sekolah atau kuliah dalam menulis apapun.

Kesalahan tulisan tersebut biasanya sering terlihat pada bagian kepala. Banyak orang-orang yang salah arah sehingga penulisan karya ilmiah menjadi tidak benar. Maka dari itu bila Anda ingin tahu seperti apakah contoh penulisan judul karya ilmiah sesuai EYD, sebaiknya pahami dulu cara menulisnya dengan benar.

Cara Menulis Judul Karya Ilmiah

Dalam membuat kepala karya tulis itu sudah pasti tidak sama dengan tulisan pada artikel, buku, dan cerpen. Kepala penelitian ilmiah tidak boleh asal, selain itu juga dilarang dibuat langsung pada awal tulisan karena permasalahannya harus diteliti dulu. Berikut ini adalah cara membuat judul penelitian ilmiah:

  1. Karya ilmiah atau penelitian itu harus bisa memberikan jawaban (solusi) dari sebuah permasalahan. Maka dari itu dalam membuat kepala penelitian, Anda harus melakukan observasi dulu terhadap fenomena saat ini. Misalnya bila ingin meneliti soal kesehatan, maka amati klinik atau rumah sakit. Kemudian catat setiap prosesnya.
  2. Dari observasi itulah kemudian Anda akan menemukan masalahnya. Sehingga Anda harus lebih peka melihatnya dan segera mencatat permasalahannya. Kumpulkan semua permasalahannya dan catat faktor penyebabnya. Dengan begitu Anda bisa membuat contoh jasa penulis artikel judul karya ilmiah sesuai EYD.
  3. Bila sudah segera tentukan topiknya. Jadi Anda bisa fokus akan meneliti apa. Misalnya bila ingin meneliti pendidikan karena metode pembelajaran guru tidak menarik sehingga membuat siswa bosan. Maka cari tahu gunakan permasalahan tersebut sebagai topik karya tulis Anda supaya analisisnya lebih mudah.
  4. Selanjutnya tentukan tujuan penulisannya. Sehingga Anda bisa menentukan arah penulisannya mau dibawa kemana. Setidaknya dengan cara ini penulis tahu apa saja manfaat dari karyanya tersebut. Karena setiap penelitian seharusnya memberikan manfaat untuk orang lain. Barulah kemudian judulnya dibuat sesuai secara langsung berdasarkan diksinya.

Contoh Penulisan Judul Karya Ilmiah Sesuai EYD

Setelah memahami cara pembuatan kepala penelitian tersebut, saatnya untuk mengupas tentang contohnya. Dengan memahami beberapa contoh di bawah ini tentunya akan membantu Anda untuk belajar membuat kepala penelitian yang sesuai dengan EYD dan PUEBI. Berikut ini adalah contoh penulisannya, antara lain:

  1. Sebaiknya awali judulnya menggunakan huruf kapital. Ini berlaku untuk semua suku kata, termasuk nama orang, kota, merk, negara, gelar, singkatan, dan berkaitan dengan Pencipta. Menggunakan huruf kapital bisa dijadikan sebagai penjelas supaya pembaca langsung memahami isi kontennya dilihat dari judulnya saja.
  2. Contoh penulisan huruf kapital yang benar harus berada pada kosa kata pertama judul. Ini berlaku untuk semuanya, baik untuk formal, website, pengumuman, tugas sekolah, laporan, skripsi, dll. Contoh penulisan judul karya ilmiah sesuai EYD adalah Manfaat Teknologi untuk Remaja.
  3. Selain contoh tersebut, perhatikan bila ada kepala tulisan yang diawali angka, maka kalimat sesudahnya harus kapital juga. Karena itu digunakan untuk menandakan bahwa bahan isi kontennya dimulai dari kata huruf kapital tersebut. Misalnya seperti 7 Dampak Negatif Narkoba untuk Remaja.
  4. Ada lagi contoh lainnya yang harus diperhatikan dalam penulisan kepala penelitian, yaitu cara menempatkan huruf kecil untuk kata penghubung. Ini berlaku untuk semua kata penghubung seperti dan, di, dengan, serta, yang, tapi, maupun, atau, sejak, melainkan, sesudah, sebelumnya, dll. Semuanya tidak boleh ditulis menggunakan kapital.
  5. Jika ada kalimat ulang imbuhan dan sebagian, maka penulisan kapital hanya digunakan pada kata pertamanya saja. Kata ulang seperti ini banyak contohnya, yaitu Serba-serbi Tempat Wisata Tertua di Aceh, Aneka Lauk Pauk Terlezat untuk Hidangan Berbuka Puasa, dll.

Pengaruh Kesalahan dalam Penulisan Judul

Nah sebelumnya sudah diberikan sedikit contoh penulis artikel judul karya ilmiah sesuai EYD dengan benar. Sekarang sudah saatnya Anda mempraktekkan poin-poin di atas sebaik mungkin. Bagaimanapun juga, kepala tulisan adalah poin penting dalam dunia tulis menulis selain isi pembahasan atau ulasannya.

Jika Anda membuatnya terlihat clickbait atau terlalu dilebih-lebihkan, hasilnya akan buruk. Sayangnya saat ini banyak sekali penulis menggunakan teknik clickbait supaya menimbulkan kontroversi, hoax, dan adu domba. Hal seperti itu mudah sekali viral. Itulah sebabnya jangan pernah menggunakan teknik ini.

Contoh pembuatan judul yang baik harus jujur dan ada kandungan poin utamanya. Sehingga di dalamnya tertulis sesuai dengan bahasan intinya. Selain bisa berdampak terhadap kualitas literasi, kesalahan membuat judul berakibat blunder dan menciptakan stigma yang negatif terhadap pembaca.

Terlebih bila pembaca mudah sekali terbawa suasana hanya dengan membaca tulisan saja. Maka dari itu dalam pembuatan judul untuk karya tulis seperti ini juga tidak boleh terlalu dilebihkan. Sajikan kepala karya tulis yang benar-benar relevan sesuai dengan faktanya supaya pembaca merasa puas.

Membuat kepala penelitian ilmiah ternyata cukup rumit. Untuk itu bila Anda tidak mau dipusingkan dengan hal-hal tersebut, silahkan gunakan jasa penulisan SahabatArtikel. Dengan menghubungi 0857-7777-5545, maka segala kebutuhan pembuatan karya ilmiah dengan berbagai tema kecuali jasa artikel judi akan dibantu. Sehingga Anda bisa mendapatkan contoh penulisan judul karya ilmiah sesuai EYD.