Contoh Karya Tulis Ilmiah Tentang Ekonomi dan Bisnis

Contoh karya tulis ilmiah tentang ekonomi dan bisnis disajikan dalam bahasa formal yang tidak semua orang tertarik untuk membaca. Apalagi masyarakat saat ini lebih tertarik dengan informasi di media online. Gambar, video, warna lebih mudah mempengaruhi masyarakat terutama yang berkaitan dengan informasi penting mengenai jasa penulis artikel.

Contoh Karya Tulis Ilmiah Tentang Ekonomi dan Bisnis

Membuat suatu karya tulis ilmiah tidak bisa hanya mengandalkan kemampuan menulis artikel biasa. Karya tulis harus berdasarkan fakta atau hasil riset yang sudah ada. Sehingga masyarakat sebagai pembaca mendapatkan informasi valid. Meskipun tulisan disajikan dalam bahasa sederhana tetapi memuat isi yang dapat dipertanggungjawabkan.

Karya tulis ilmiah tidak hanya disajikan dalam bentuk hard copy atau buku tetapi juga bisa dibaca secara online. Keduanya sama-sama memerlukan penulisan yang baik supaya mudah menarik pembaca. Tidak semua orang mampu membuat karya tulis namun dapat mempelajari cara penulisan yang baik dan mudah dipahami.

Membuat Contoh Karya Tulis Ilmiah Tentang Ekonomi dan Bisnis yang Menarik

Membuat contoh karya tulis ilmiah mengenai ekonomi dan bisnis tidak sulit. Namun karena terikat dengan aturan formal umumnya mahasiswa atau penulis merasa terkendala dalam menarik perhatian pembaca. Berikut adalah beberapa hal yang bisa dijadikan acuan dalam menyusun karya tulis ilmiah yang menarik.

Contoh karya tulis ilmiah tentang ekonomi dan bisnis yang menarik harus memiliki topik terkini. Menentukan suatu topik tulisan ilmiah biasanya berdasarkan isu terhangat. Misalnya mengenai dampak pandemi covid-19 terhadap aktifitas ekonomi suatu wilayah. Pasti banyak yang tertarik untuk mengikuti dan membaca penjelasannya.

Baca juga tentang cara membuat konten promosi jualan yang menarik

Menentukan topik suatu tulisan berarti juga menentukan calon pembaca. Topik ekonomi biasanya menarget pembaca orang dewasa. Pelaku usaha, pekerja, mahasiswa, guru, dosen dan sebagainya lebih mudah mengikuti informasi yang diberikan. Sebab berhubungan dengan kebutuhan dan aktifitas sehari-hari.

Contoh karya tulis ilmiah tentang ekonomi dan bisnis bisa menarget guru berdasarkan tema yang mengarah pada pendidikan. Seperti tulisan mengenai pandemi saat ini cukup menimbulkan permasalahan ekonomi terutama untuk kebutuhan pembelajaran daring sebab tidak semua siswa memiliki fasilitas online.

Buat topik lebih sempit, pembaca umumnya lebih mudah menerima informasi spesifik. Tidak terlalu melebar sehingga tujuan menjadi tidak jelas. Jika topik memuat suatu permasalahan perekonomian maka bisa sekaligus memaparkan solusi. Pembaca tidak hanya mendapat informasi secara akurat tetapi juga solusi suatu permasalahan.

Inspirasi Membuat Contoh Karya Tulis Ilmiah Tentang Ekonomi dan Bisnis

Membuat karya tulis tidak selalu muncul ide begitu saja. Untuk mengasah wawasan sehingga memudahkan dalam menulis bisa mencari inspirasi dari berbagai sumber. Membaca contoh karya tulis orang lain dengan topik serupa bisa menambah ide bahasan yang akan dibuat. Misalnya mengambil dari jurnal penelitian atau skripsi.

Banyak membaca banyak tahu. Membaca karya ilmiah orang lain bukan hanya mengenai isi yang disampaikan tetapi juga bisa mengambil data berdasarkan hasil penelitiannya. Sehingga karya jasa penulis artikel ilmiah lebih hidup dan informatif. Namun tetap harus menuliskan sumbernya sehingga tidak dianggap plagiat.

Selain membaca jurnal penelitian, inspirasi bisa didapat dari berita terbaru yang beredar. Berita yang didapat melalui media masa maupun online bisa menambah referensi data. Namun harus pintar-pintar memilih sumber terpercaya. Sehingga karya ilmiah memuat data yang bisa dipercaya.

Melakukan riset secara mandiri. Inspirasi bisa dari mana saja. Agar lebih mudah menyusun karya ilmiah, riset atau penelitian bisa dilakukan secara sederhana di lingkungan sekitar. Dengan begitu data lebih akurat dan orisinil. Mengambil topik ekonomi lebih mudah karena merupakan permasalahan umum di masyarakat.

Hal-Hal yang Harus Dihindari Ketika Menyusun Karya Tulis Tentang Ekonomi dan Bisnis

Membuat karya tulis ilmiah harus berdasarkan fakta dengan data terukur. Hindari fabrikasi atau membuat data sendiri. Setiap orang bisa saja mengarang dan menyusun data penelitian sendiri. Apalagi mengenai topik umum seperti permasalahan ekonomi dan bisnis. Namun tindakan semacam ini tidak dibenarkan.

Falsifikasi atau memanipulasi data. Meskipun menggunakan data sekunder dalam penelitian tetapi usahakan benar-benar sesuai dengan apa yang telah dilakukan. Membuat atau memanipulasi data sendiri berarti hasil tidak berdasarkan fakta di lapangan. Hasil tulisan seperti ini nantinya akan menimbulkan permasalahan pada saat publikasi.

Buat tulisan sesuai gagasan sendiri tidak mengambil ide gagasan orang lain. Tindakan semacam ini termasuk dalam plagiarisasi. Meskipun mengumpulkan informasi melalui berbagai contoh karya tulis ilmiah tentang ekonomi dan bisnis yang sudah ada tetapi isinya harus sesuai dengan penelitian. Tidak boleh sama persis dengan yang sudah ada.

Penulisan Karya Tulis Ilmiah yang Baik

Menyajikan karya ilmiah yang menarik tentu harus dengan susunan yang baik. Persiapkan dahulu kerangka tulisan. Mulai dari pemilihan gagasan atau topik, rumusan tujuan, identifikasi pembaca dan ruang lingkup. Pembahasan menjadi lebih sempit dan terarah jika telah membuat kerangka sebelumnya. Tidak berputar-putar yang menyebabkan pembaca bosan.

Menulis dengan aturan penulisan baku dan ejaan benar. Bahasa yang digunakan formal dengan cara penulisan rapi. Tulisan tersusun rapi akan mudah menarik perhatian pembaca. Tidak mudah lelah dan mudah dipahami alur tulisan dan pesan yang ingin disampaikan.

Perhatikan penggunaan huruf kapital, ejaan, struktur kalimat, tata bahasa, penggunaan istilah asing dan sebagainya. Lakukan evaluasi setelah selesai membuat tulisan dengan membaca keseluruhan. Sehingga ketika terdapat kalimat atau kata tidak tepat bisa segera diperbaiki.

Tidak semua orang mahir dalam membuat tulisan terstruktur dengan baik. Namun saat ini tersedia jasa penulisan artikel berkualitas yang bisa Anda pesan secara online. Contoh karya ilmiah tentang ekonomi dan bisnis bisa Anda buat dengan langsung menghubungi Sahabat Artikel di nomor 0857-7777-5545 untuk mendapatkan harga artikel terbaik.

Scroll to Top