Seperti Inilah Cara Penulisan Judul Artikel yang Benar Sesuai PUEBI

Meskipun sudah banyak tersedia penjelasan tentang cara penulisan judul artikel yang benar sesuai puebi, namun faktanya masih ada orang tidak bisa membuatnya dengan serius. Padahal justru saat memesan jasa penulis artikel judul artikel adalah bagian yang pertama kali pasti dilihat oleh pembaca saat membaca artikel.

Cara Penulisan Judul Artikel yang Benar

Jadi peran judul sangat berpengaruh sekali terhadap minat para pembaca. Bahkan berdasarkan penelitian dan survey yang pernah dilakukan sebelumnya, umumnya kebanyakan pengunjung hanya membaca isi artikel sebanyak 40% saja. Sedangkan sisanya hanya melihat dari judul artikelnya saja.

Itulah sebabnya sebaiknya perhatikan cara penulisan judul artikel yang benar. Sehingga para pembaca langsung tertarik dan mengklik judulnya. Dengan begitu secara tidak langsung artikel Anda menjadi didatangi oleh banyak pengunjung karena tertarik isi konten artikelnya.

Pengertian dan Fungsi Judul Artikel

Judul merupakan nama yang digunakan dalam sebuah artikel, bab, buku, berita, dan sejenisnya. Judul biasanya disebut kepala tulisan karena mendefinisikan sebagai miniatur isi bahasan artikel. Hampir semua orang pasti selalu membaca artikel tentang pendidikan, berita, tips trik, dll setiap hari.

Apa yang pertama kali dilihatnya sebelum membaca artikel itu? Sudah pasti mereka akan melihat dari judulnya dulu. Karena tidak ada satupun orang mau membaca isi artikel bila belum melihat judulnya dulu. Itulah sebabnya banyak orang tidak melanjutkan bacaannya saat melihat judulnya kurang menarik. Maka seorang pembuat artikel harus memperhatikan cara penulisan judul artikel yang benar sesuai puebi.

Mungkin Anda tertarik membaca contoh karya tulis ilmiah tentang ekonomi dan bisnis

Jadi fungsi judul itu ada banyak. Salah satunya adalah untuk menarik perhatian pembaca. Karena didalamnya biasanya memuat kalimat yang membuat pembaca langsung tertarik untuk melihat isi artikel lebih jauh. Maka dari itu judul juga dapat berperan sebagai pemicu seseorang untuk membaca artikel.

Setiap judul biasanya tidak ada kesimpulannya. Sehingga hal ini membuat seseorang penasaran dan ingin mengetahui isi artikelnya. Tidak hanya itu saja, judul juga merupakan gambaran dari isi artikel. Itulah sebabnya Anda harus tahu bagaimana cara penulisan judul artikel yang benar supaya orang langsung penasaran isinya.

Macam-Macam Judul Artikel

Jenis judul itu ada banyak. Judul yang baik akan membuat pembacanya langsung tertarik untuk melakukan sesuatu, seperti melakukan pembelian, mengklik tautan, dll sesuai dengan keinginan penulis. Maka dari itu simak macam-macamnya dulu supaya bisa membuat judul artikel dengan benar berdasarkan jenisnya:

  1. Judul langsung. Jenis judul ini biasanya berhubungan langsung dengan bagian utama artikel. Sehingga kaitannya terlihat jelas dengan isinya. Itulah sebabnya jenis judul ini bila dibaca secara sepintas terlihat seperti rangkuman dalam sebuah artikel. Berbeda dengan judul tidak langsung. Karena tidak berkaitan dengan bagian utama artikel.
  2. Judul pertanyaan. Judul yang seperti ini mampu membuat pembacanya langsung berempati saat melihat judulnya pertama kali. Dengan begitu, judul seperti ini membuat hati mereka tergerak untuk mencari tahu jawabannya dari isi yang ada dalam artikelnya.
  3. Judul cara dan alasan. Judul cara ini bisa membuat pembacanya penasaran dengan apa yang belum pernah dilakukannya sesuai isi artikelnya. Sedangkan judul alasan itu memberitahukan pembaca bila di dalam artikel ada beberapa alasan tertentu sesuai dengan temanya.

Mungkin saat ini Anda membutuhkan jasa artikel pilar silahkan hubungi kami

Cara Penulisan Judul di Artikel yang Benar

Apakah yang membuat seseorang penasaran untuk membaca sebuah artikel? Sudah pasti jawabannya adalah judulnya menarik sehingga mampu memikat hati pembacanya dan membangkitkan rasa penasarannya untuk membacanya sampai habis. Maka dari itu berikut adalah cara penulisan judul artikel yang benar berdasarkan puebi:

  1. Sebaiknya buatlah judul yang logis kalimatnya. Jadi isinya harus dapat diterima dengan akal dan logika pembaca. Karena bila judulnya terlalu kaku dan sulit diterima dengan logika, itu bisa membuat pembaca semakin tidak tertarik mengkliknya artikelnya.
  2. Untuk membuat pembaca semakin tertarik, sebaiknya tambahkan angka dalam judul artikel. Angka terbukti ampuh meningkatkan minat para pembaca. Selain itu, dengan menambahkan angka membuat judul artikel terlihat semakin detail dan spesifik. Namun sebaiknya yang digunakan jangan sembarang angka.
  3. Anda bisa menggunakan angka ganjil untuk judul karena bisa membuat artikel terlihat menonjol. Bila perlu, tambahkan tanda + di angka judul. Tanda ini bisa memberikan kesan lebih pada sebuah judul artikel. Itulah sebabnya banyak jasa artikel yang menggunakan cara penulisan judul artikel yang benar dengan menambahkan tanda ini.

Pantangan dalam Membuat Judul Artikel

Ada beberapa hal yang wajib dihindari dalam membuat sebuah judul artikel. Khususnya ketika memasukkan kalimat. Karena kesalahan kata-kata bisa mengakibatkan pengunjung langsung tidak tertarik. Maka dari itu hindari beberapa kata di bawah ini saat membuat judul artikel:

  1. Jangan pernah memakai kata aktif intransitif. Ini adalah kata yang memiliki subjek aktif. Kata ini tidak dapat digantikan dengan sebuah kalimat pasif. Itu karena dalam kalimat ini tidak membutuhkan objek dalam judul. Itulah sebabnya jangan pernah menggunakan kalimat ini karena pasti tidak disukai Google.
  2. Jangan memakai kata partikel. Yaitu jenis kata yang tidak direkomendasikan pada judul artikel. Itu karena kata ini hanya dapat digunakan untuk menunjukkan unsur yang dibawanya. Ada 4 jenis artikel penegas, antara lain -tah, -kah, -lah, dan pun. Sebaiknya hindari kata-kata tersebut bila ingin membuat judul.

Yang pasti sebaiknya pahami dengan baik cara penulisan judul dengan benar dan pantangannya. Dengan begitu Anda akan tahu apa yang dilarang dan seharusnya dilakukan. Supaya judul artikel yang dibuat benar-benar mampu menyihir para pembaca agar langsung penasaran untuk membacanya.

Setelah memahami caranya menulis judul artikel yang benar, saatnya membuat isinya. Maka dari itu bila Anda kesulitan membuat konten artikel, silahkan hubungi kami melalui nomor 0857-7777-5545. Jadi tidak hanya memahami cara penulisan judul artikel yang benar sesuai puebi saja, namun kami juga dapat menciptakan konten berkualitas dan dengan harga jasa artikel terjangkau.

Scroll to Top