Cara Mempercepat Koneksi Internet Windows 10, Dijamin Anti Lemot

Jika Anda mengetahui bagaimana cara mempercepat koneksi internet Windows 10, dijamin anti lemot. Internet kini memang telah menjadi kebutuhan wajib bagi sebagian besar masyarakat termasuk team jasa penulis artikel SahabatArtikel. Baik kalangan tua, muda, lelaki, wanita, bahkan dari berbagai jenis status sosial. Hampir semuanya memanfaatkan jaringan internet untuk menunjang beraneka macam aktivitas.

Cara Mempercepat Koneksi Internet Windows 10

Di perkantoran tentunya Anda akan sangat mudah menjumpai perangkat komputer yang tersambung jaringan internet. Untuk kantor-kantor modern, biasanya mereka menggunakan Windows generasi terbaru, yakni Windows 10. Sistem operasi teranyar dari Windows ini menawarkan berbagai keunggulan. Baik dalam hal fitur, tampilan, dan sebagainya.

Misalnya dengan keberadaan tampilan taskbar yang lebih nostaligic, Windows cortana, Microsoft Edge, dan juga task view. Beberapa fitur dan teknologi tersebut adalah kelebihan Windows 10 dibandingkan versi sebelumnya yang telah dianggap jadul atau usang. Dibalik kecanggihannya, ternyata banyak yang mencari tahu cara mempercepat koneksi internet Windows 10.

Hal ini dikarenakan operasi Windows 10 sering mengalami lambat saat menghubungkan perangkat ke internet. Akibatnya aktivitas browsing menjadi terganggu. Salah satu penyebab yang sering dianggap menjadi penghambat koneksi internet di Windows 10 adalah fitur Auto Tuning. Tapi permasalahan tersebut bisa Anda atasi dengan beberapa cara berikut ini.

Mengubah Auto Tuning ke Mode Non Aktif

Cara mempercepat koneksi internet Windows 10 yang pertama yaitu dengan mengubah settingan fitur Windows Auto Tuning ke mode non aktif. Auto Tuning adalah fitur di Windows 10 yang berguna untuk meningkatkan kinerja komputer ketika menjalankan data TCP. Namun hal ini rupanya membuat sambungan internet menjadi lebih lambat.

Seperti namanya, fitur Auto Tuning berjalan secara otomatis. Artinya, pengaturan fitur ini yaitu sudah default menjadi aktif. Saat melakukan tugasnya yakni meningkatkan performa, Auto Tuning akan memakan data internet dalam jumlah besar. Alhasil, sambungan internet Anda menjadi lambat dan menghambat aktivitas browsing yang tengah dilakukan.

Mungkin anda membutuhkan jasa penulis artikel di batam silahkan hubungi kami

Oleh sebab itu, cara mempercepat koneksi internet Windows 10 Anda sebaiknya mematikan fitur Auto Tuning tersebut. Caranya, pertama buka CMD melalui pencarian di Windows Explorer. Kemudian jalankan CMD dengan cara Run as Administrator. Jika jendela CMD sudah Anda jumpai, selanjutnya ketikkan ‘netsh interface tcp show global’.

Kemudian tekan tombol enter. Langkah ini berfungsi untuk mengetahui status aktif atau tidaknya fitur Auto Tuning tersebut. Berikutnya akan muncul sejumlah informasi. Lihat pada bagian ‘Receive Windows Auto Tuning Level. Apabila statusnya Normal atau Enable, berarti fitur tersebut masih aktif bekerja. Untuk menonaktifkannya, perlu memasukkan perintah khusus.

Ketikkan perintah ‘netsh int tcp set global autotuninglevel=disable pada layar bagian bawah, kemudian klik enter. Perintah tersebut berarti Anda mengubah status fitur dari aktif (enable) menjadi non aktif (disable). Klik Ok, dan Auto Tuning sudah berhasil dinonaktifkan. Nah, kini Anda bisa mengakses situs di internet dengan lancar.

Nonaktifkan Auto Update Windows 10

Cara mempercepat koneksi internet Windows 10 yang kedua adalah dengan menonaktifkan update otomatis Windows 10. Fitur ini rupanya juga menjadi penyebab mengapa koneksi internet di Windows 10 lebih lemot alias lelet. Jadi, untuk menghindari internet lemot sebaiknya Anda menonaktifkan update otomatis tersebut.

Langkahnya terbilang mudah dan sederhana. Pertama, perhatikan taskbar lalu temukan ikon ‘Search’. Kemudian ketikkan ‘Control Panel’ ke kolom pencarian tersebut. Klik dua kali (double klik) pada menu tersebut. Berikutnya Anda akan menjumpai jendela control panel. Lalu ketik ‘Administrative Tools’ pada kotak pencarian yang tersedia.

Apakah anda membutuhkan jasa artikel pilar hubungi kami team SahabatArtikel

Berikutnya akan muncul beberapa pilihan, klik ‘Service’ dua kali. Lalu temukan pilihan ‘Windows Update’, klik dua kali. Setelah itu aan muncul jendela Windows Update Properties. Di bagian bawah terdapat informasi Service Status: Running. Di bawahnya ada beberapa opsi, klik ‘Stop’. Cara mempercepat koneksi internet Windows 10 selesai.

Selanjutnya Anda bisa membuka kembali browser di perangkat komputer. Setelah fitur update otomatis ini dimatikan, koneksi tidak akan terhambat akibat pembaruan Windows secara langsung. Jika ingin melakukan update, Anda bisa menggunakan cara manual. Memang sedikit lebih repot, namun langkah ini tak akan mengganggu kelancaran internet Anda.

Reset Pengaturan Batas Bandwith

Cara mempercepat koneksi internet Windows 10 yang ketiga bisa melalui pengaturan batas bandwith. Sistem operasi biasanya memberikan batasan tertentu pada penggunaan bandwith. Perlu diketahui bahwa secara umum sistem operasi Windows setidaknya menggunakan 20% dari jumlah bandwith keseluruhan yang ada. Sedangkan selebihnya dipakai untuk berbagai aktivitas lain.

Namun sebetulnya pembagian ini bisa diatur ulang. Untuk menghasilkan koneksi internet dengan kecepatan yang lebih baik, silakan mengubah batasan bandwith menjadi 100%. Langkah pertama, tekan kombinasi tombol Windows+R untuk membuka halaman Run. Kemudian ketikkan ‘gpedit.msc’ di kotak yang tersedia, lalu tekan Ok.

Kemudian akan muncul jendela berikunya, temukan menu ‘Computer Configuration’ di bagian kiri layar, lalu pilih menu ‘Administrative Templates’. Klik ‘Network’ kemudian klik opsi ‘QoS Packet Scheduler’. Berikutnya, klik pada opsi ‘Limit Reservable Bandwidth’. Pilih opsi ‘Enable’ lalu angka 0 yang tertera diganti dengan 80%.

Langkah terakhir, pilih ‘Apply’ dan klik ‘Ok’. Nah, kini limit bandwidth telah berhasil diubah. Anda dapat mengakses internet dengan lebih lancar dan cepat. Dengan begitu, berbagai macam informasi yang dibutuhkan bisa diperoleh dengan mudah. Baik itu dalam bentuk teks, gambar, maupun video.

Konten di internet tidak bisa dinikmati apabila memiliki kualitas yang baik. Maka, pemilik website harus memperhatikan hal ini. Satu hal yang bisa dilakukan yaitu menggunakan jasa penulis dari Sahabat Artikel melalui nomor telepon/SMS/WA 0857-7777-5545 selain pengerjaan cepat disana harga artikel yang di tawarkan sangat terjangkau. Berbagai konten artikel bermutu bisa dinikmati jika melakukan cara mempercepat koneksi internet Windows 10.

Scroll to Top