Cara Mempercepat Koneksi Internet CMD, Begini Tips Ampuhnya

Jika ingin tahu cara mempercepat koneksi internet CMD, begini tips ampuhnya yang perlu Anda pahami. Perkembangan teknologi dan jasa penulis artikel murah di era modern semakin pesat dan tak terbendung. Salah satu bagian penting dari produk perangkat teknologi yang memiliki peran besar dalam kehidupan manusia adalah komputer alias PC.

Cara Mempercepat Koneksi Internet CMD

Komputer memainkan peranan penting hampir di semua aspek. Baik itu dalam bidang kesehatan, pendidikan, ekonomi, industri, pariwisata, dan sebagainya. Untuk itu, sangat penting memiliki pengetahuan luas tentang komputer. Salah satu teknologi dalam jaringan komputer adalah CMD atau Command Prompt yang berperan sebagai perintah dalam bentuk baris.

Fungsi CMD rupanya dapat digunakan untuk meningkatkan kecepatan koneksi internet di perangkat elektronik. Sudah seperti kita semua ketahui bahwa internet memiliki peranan besar dalam kehidupan sehari-hari. Baik untuk pekerjaan, hiburan, komunikasi basic, dan sebagainya. Maka dari itu, Anda perlu mengetahui cara mempercepat koneksi internet menggunakan CMD.

Dengan kecepatan internet yang stabil dan tinggi, aktivitas browsing atau apapun di platform online bisa berjalan dengan lancar. Apalagi bagi Anda yang menggemari kegiatan game online. Cara ini akan membuat permainan semakin seru. Sedangkan untuk aktivitas lain yang memakai sambungan internet pun bisa dilakukan lebih leluasa tanpa hambatan.

Definisi dan Pengertian CMD

Sebelum mempelajari bagaimana cara mempercepat koneksi internet dengan CMD, alangkah baiknya Anda memahami definisi atau pegertiannya terlebih dahulu. CMD merupakan singkatan dari Command Prompt, yaitu suatu perintah yang disampaikan dalam bentuk baris-baris teks pada sebuah sistem operasi (OS). Mulanya, CMD atau DOS Prompt berfungsi sebagai sistem operasi.

Seiring dengan berjalannya waktu dan perkembangan teknologi, dos secara perlahan mulai tidak digunakan. Akan tetapi, Microsoft melakukan integrasi dos pada sistem operasi Windows yang pada akhirnya kita kenali dengan sebutan MS-DOS atau Command Prompt. Cara membuka cmd yaitu dengan menekan kombinasi tombol Windows+R, lalu ketik cmd.

Kami juga menyediakan jasa penulis artikel di bandar lampung

Lain halnya dengan sistem operasi berbasis Grafik User Interface alias GUI, command prompt memiliki fungsi yang lebih detail dan kompleks. Perintah cmd memiliki tingkat otorisasi lebih tinggi sehingga menjadi aplikasi tambahan yang sangat berguna. Sebagai contoh, Anda bisa mengidentifikasi direktori maupun file hidden dengan segera.

Dengan demikian, Anda dapat melakukan analisa secara cepat dan mendalam apabila terdapat indikasi virus yang memberikan dampak buruk bagi komputer. Selain berguna untuk cara mempercepat koneksi internet CMD pun bisa dipakai sebagai bahan analisis mengatasi file running yang kemungkinan mengakibatkan kerugian atau kerusakan pada komputer.

Namun ternyata CMD juga bisa dimanfaatkan oleh oknum tak bertanggung jawab. Terkadang ada cracker yang menggunakan kode CMD untuk melakukan peretasan (hacking) pada sebuah komputer. Nah, oleh sebab itu Anda harus berhati-hati saat berselancar di internet. Pastikan komputer dilindungi oleh antivirus dan Windows firewall agar tidak diretas orang jahat.

Fungsi CMD yang Perlu Diketahui

Kaitannya dengan cara mempercepat koneksi internet CMD, ada beberapa hal yang perlu Anda pahami mengenai fungsi CMD itu sendiri. Sayangnya informasi mengenai CMD ini masih sering terdengar asing bagi masyarakat. Padahal jika memahami berbagai macam fungsinya, pemahaman akan CMD akan memberikan banyak manfaat. Berikut beberapa fungsinya:

  1. Mengetahui kualitas internet

    Fungsi CMD yang pertama yaitu dapat digunakan untuk melakukan analisa terhadap kualitas jaringan internet di perangkat Anda. Aktivitas semacam ini sering dinamakan dengan istilah PING. Cara melakukan ping yaitu dengan mengetik ping diikuti alamat situs. Selanjutnya akan terlihat respon situs tersebut di komputer Anda. Mungkin anda membutuhkan juga jasa penulis artikel di internet silahkan hubungi kami

  2. Mencari tahu history sambungan Wifi

    Fungsi CMD berikutnya untuk mengetahui sambungan wifi yang pernah terhubung ke perangkat komputer atau laptop Anda. Silakan membuka CMD. Caranya klik ‘Start’ atau tombol Windows, lalu pilih ‘Accessories’. Klik kanan pada menu Command Prompt, ‘Open as Administrator’. Lalu ketikkan NETSH WLAN SHOW PROFILES dan muncul history wifi.

  3. Mengecek kondisi harddisk

    Selain cara mempercepat koneksi CMD juga bisa untuk mengecek kondisi harddisk di perangkat komputer Anda dengan memakai fungsi CMD. Caranya, buka jendela Command Prompt, setelah itu ketikkan perintah CHKDSK. Berikutnya layar akan menunjukkan persentase pengecekan harddisk. Silakan tunggu proses tersebut sampai selesai.

Cara Meningkatkan Kecepatan Internet dengan CMD

Setelah mengetahui pengertian serta fungsinya, kini saatnya Anda mempraktikkan bagaimana cara mempercepat koneksi internet CMD. Koneksi internet yang lambat tentu bukan menjadi hal menyenangkan bagi siapapun termasuk saat mengerjakan jasa artikel pilar sahabatartikel. Sehingga mau tak mau Anda harus mencari tahu bagaimana mengatasinya. Salah satu solusinya yaitu dengan menggunakan CMD. Berikut langkah-langkahnya.

Pertama, tekan tombol kombinasi Windows (lambang Windows) dan R pada keybord secara bersamaan. Kemudian akan muncul jendela, lalu ketikkan cmd di kotak yang tersedia, tekan Ok atau enter. Selanjutnya, Anda harus mencari tahu IP address, caranya dengan mengetik perintah IPCONFIG/ALL. Lalu akan muncul banyak informasi.

Temukan kode berupa angka yang menunjukkan alamat IP Anda, yakni pada baris IPv4 Address. Kemudian, lakukan aktivitas ping dengan mengetikkan ping diikuti –t, alamat IP, ping –t. Langkah ini akan memberikan informasi kecepatan internet. Untuk meningkatkan kecepatan, gunakan IP address baru dengan mengetik perintah IPCONFIG/RENEW.

Langkah berikutnya adalah membersihkan atau menghapus DNS. Gunakan perintah IPCONFIG/FLUSHDN pada Command Prompt. Setelah itu, masukkan perintah Netsh yang terdiri dari dua macam, yaitu NETSH INTERFACE TCP SET GLOBAL AUTOTUNING=DISABLE dan NETSH INTERFACE TCP SET HEURISTICS DISABLED. Nah, selanjutnya Anda bisa mengakses internet dengan cepat.

Pemilik website harus memperhatikan konten untuk dapat menarik minat pengunjung. Maka dari itu, konten berkualitas adalah kuncinya. Sahabat Artikel menawarkan jasa penulisan artikel untuk situs Anda dengan harga artikel terjangkau. Hubungi telepon/SMS/WA 0857-7777-5545 untuk pemesanan artikel terbaik. Konten seperti cara mempercepat koneksi internet CMD bisa dinikmati dengan nyaman.

Scroll to Top