Site icon

Ketahui Cara Menulis Kutipan dari Internet yang Paling Mudah

Sebagai seorang penulis seharusnya Anda tahu cara menulis kutipan dari internet. Saat ini internet menjadi sumber literatur yang lengkap. Ada banyak rujukan yang resmi serta dapat dipertanggungjawabkan sehingga jasa penulis artikel layak dipakai untuk dikutip dalam suatu karya tulis. Kelebihan lainnya yaitu internet mudah dan cepat diakses.

Kutipan secara umum merupakan peminjaman kalimat orang lain yang dicantumkan dalam sebuah karya dengan memberikan sumbernya. Segala macam karya tulis baik berupa karya ilmiah, karya fiksi, karya semi ilmiah menggunakan kutipan bila dirasa perlu oleh penulis. Sama seperti penulisan daftar pustaka maupun catatan kaki, penulisan kutipan juga memiliki ketentuan.

Kutipan sebetulnya tidak hanya diperoleh melalui sumber internet. Anda dapat bebas menemukan kutipan melalui literatur cetak seperti buku. Namun untuk penulisan kutipan dengan sumber internet memang memerlukan ketentuan khusus yang perlu diperhatikan. Sistem penulisan kutipan pening untuk diperhatikan oleh para penulis.

Bila Anda sampai saat ini belum memahami bagaimana cara menulis kutipan dari internet dengan tepat, tidak perlu khawatir. Langkah-langkah berikut dapat Anda ikuti dengan cermat. Bila teliti, sebetulnya menulis kutipan tidaklah sulit. Pahami dengan cermat supaya kutipan dapat ditulis dengan tepat serta dapat dipertanggungjawabkan.

Pengertian Kutipan yang Sering Digunakan dalam Tulisan

Kutipan sebetulnya dapat dimaknai sebagai pinjaman atas pendapat maupun kalimat yang sudah pernah diutarakan oleh seseorang. Pendapat tersebut dapat diungkapkan melalui tulisan maupun secara lisan sebelumnya. Apabila seorang penulis melakukan kutipan pada karyanya, maka penulis tersebut sedang meminjam pendapat dari seseorang di masa sebelumnya.

Baca juga pahami cara menulis footnote dari internet yang benar

Itulah kenapa memahami cara menulis kutipan dari internet sangat penting bagi seseorang penulis. Tujuan penulis menyertakan kutipan pada karya yang dibuat adalah sebagai penguat argumentasi yang penulis ungkapkan. Selain untuk memperkuat sebuah argumentasi, kutipan juga dapat digunakan sebagai dasar teori sebuah karya tulis.

Memang biasanya yang dijadikan kutipan adalah pendapat maupun teori para ahli dan tokoh dalam bidang tertentu. Ketika penulis mengutip pendapat atau teori dari para tokoh, tentu ada ketentuan yang perlu diperhatikan.

Menulis kutipan tidak bisa dilakukan sembarangan karena ada cara menulis kutipan dari internet maupun sumber literatur cetak. Karena meminjam pernyataan para ahli, maka perlu izin serta menghormati salah satunya dengan diwujudkan dalam penulisan kutipan yang benar sesuai ketentuan.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan saat Membuat Kutipan

Setidaknya ada empat hal yang harus diperhatikan oleh penulis ketika melakukan pengutipan dalam karya tulisnya. Poin ini penting untuk diketahui supaya penulis mengetahui kapan saat yang tepat dan diperlukan mengutip karena tidak mungkin semua karya hanya berisi kutipan saja.

Selain itu jasa penulis artikel jogja juga mampu memberikan kutipan yang tepat sesuai konteks pada karya tulisnya. Poin yang pertama untuk diperhatikan adalah penulis perlu mengetahui fungsi dari kutipan. Dengan begitu penulis mampu menentukan urgensi dari penggunaan kutipan dalam karyanya.

Poin kedua adalah penulis harus mengetahui dua cara menulis kutipan dari internet maupun literatur cetak, yaitu dengan cara langsung maupun tidak langsung, sesuai dengan kebutuhan penulisan. Poin ketiga, yaitu penulis sebaiknya tidak menggunakan kutipan langsung terlalu banyak pada karyanya.

Lebih baik memperbanyak kutipan tidak langsung pada tulisan. Kutipan langsung hanya dilakukan pada titik tertentu untuk memperkuat suatu gagasan. Poin terakhir yang penting untuk diperhatikan adalah penulis diwajibkan untuk mampu bertanggung jawab penuh atas segala kutipan yang dipakai dalam karya tulisnya.

Membuat Kutipan secara Tidak Langsung

Dalam menuliskan kutipan tidak langsung bersumber internet, sistem penulisannya hampir sama dengan cara penulisan kutipan tidak langsung bersumber media cetak. Perbedaan utama dari penulisan kutipan langsung dan tidak langsung adalah penggunaan parafrase. Penulis harus menuliskan kutipan tokoh dengan kalimat sendiri tanpa mengubah arti.

Apabila memilih cara menulis kutipan dari internet dengan tidak langsung, Anda tidak perlu menggunakan tanda kurung untuk sumber. Anda juga tidak perlu memberikan tanda petik dua pada kutipan. Sebagai penulis, Anda cukup tuliskan dengan format berikut: menurut ‘nama penulis‘ dalam situs ‘sumber’, kemudian diikuti dengan kutipan tanpa tanda petik.

Kutipan dituliskan tanpa tanda petik karena merupakan hasil parafrase si penulis terhadap pernyataan tokoh yang asli. Untuk cara menulis kutipan dari internet tidak langsung, misalnya adalah sebagai berikut: Menurut SahabatArtikel dalam situsnya https://www.sahabatartikel.com/lowongan-pekerjaan-penulis-artikel/ menyatakan bahwa setiap penulis harus mengutip dengan sistem penulisan yang tepat supaya karya tulis dapat dipertanggungjawabkan.

Membuat Kutipan secara Langsung

Cara menulis kutipan dari internet secara langsung dapat dilakukan dengan menuliskan pernyataan yang dikutip secara persis. Ketika menulis pernyataan langsung, Anda tidak perlu melakukan parafrase. Cukup menuliskannya tepat sesuai yang ada pada sumber rujukan internet.

Perbedaan lain dengan kutipan tidak langsung, Anda harus menyertakan tanggal kutipan saat laman tersebut diakses. Bila menuliskan kutipan langsung, maka cara menulis kutipan dari internet langsung sebagai berikut.

Awali penulisan kutipan dengan tanda petik dua, kemudian baru tuliskan kutipan secara lengkap serta tutup dengan tanda petik dua. Setelah itu berikan tanda kurung dan tulis sumber kutipan dengan urutan nama penulis, tahun terbit karya, alamat website secara lengkap serta tanggal akses.

Tuliskan kutipan asli sesuai dengan apa yang diungkapkan si tokoh. Sebagai contoh untuk menuliskan kutipan langsung bersumber internet adalah sebagai berikut: “Penulis sebaiknya menuliskan kutipan dengan sistem yang ada dan tepat. Kalo gitu kan bisa dipertanggungjawabkan”. (Tuti http://masakini.com/, 2 Januari 2020).

Sahabat Artikel merupakan jasa penyedia artikel SEO dengan ragam topik informatif. Dengan artikel SEO bertema menarik dan dapat disesuaikan kebutuhan serta harga penulis artikel, website Anda akan mencapai rating tinggi dan dapat dikelola dengan optimal. Hubungi 0857-7777-5545 untuk pemesanan. Gunakan kutipan secara bijak dan sesuai ketentuan dengan memperhatikan cara menulis kutipan dari internet.

Exit mobile version