Cara Menjadi Penulis di Sribulancer di Era Digital

Freelance writer semakin diminati, sehingga tidak heran apabila banyak orang mencari cara menjadi penulis di sribulancer. Sribulancer sendiri merupakan sebuah platform freelance untuk berbagai keahlian, mulai dari grafis hingga penulisan.

Kebutuhan terhadap jasa penulis artikel seo sendiri semakin hari juga semakin meningkat, seiring dengan perkembangan industri kreatif. Tulisan atau konten semakin dibutuhkan agar senantiasa mampu menyediakan berbagai informasi terkini seputar niche.

Bagi pemilik usaha yang tidak memiliki tim penulis atau terlalu sibuk dengan pengembangan bisnisnya biasanya mencari penulis lepas. Memanfaatkan berbagai platform seperti Sribulancer sebagai media menggali talent.

Prospek Menjadi Penulis Sribulancer di Era Digital

Bagi orang yang memiliki hobi menulis atau ingin mengembangkan karirnya sebagai penulis lepas ini adalah kesempatan besar. Terlebih profesi ini semakin lama semakin terspesialisasi serta rate harganya juga semakin besar.

Prospek Menjadi Penulis Sribulancer di Era Digital

Era digital ternyata memberikan peluang besar bagi seseorang yang ingin berkarir menjadi seorang penulis. Meskipun konten audio visual lebih diminati serta mampu menarik perhatian audiensnya, ternyata konten tulisan tidak kalah.

Bagi seseorang yang sedang memerlukan informasi spesifik, menonton konten audio visual lebih melelahkan dibandingkan membaca ulasan atau artikel informatif. Karenanya penulis konten kini semakin dicari – cari oleh berbagai perusahaan.

Kebutuhan mengolah kata dan kalimat juga berkembang, kini tulisan tidak lagi hanya sebatas penjelas. Tetapi juga mampu digunakan untuk mempengaruhi seseorang agar melakukan suatu tindakan, seperti berlangganan, membeli, atau mengikuti.

Pengembangan olah kata tersebut juga memunculkan jenis spesialisasi profesi. Tidak hanya sebagai penulis konten atau marketing, tetapi juga copywriter. Spesialisasi ini memberikan potensi rate fee yang lebih tinggi dari sebelumnya.

Selain spesialisasi pekerjaan, kebutuhan penulisan bertema tertentu memberikan kesempatan lebar untuk belajar serta memulai kariernya. Dengan mempelajari tema – tema populer serta melatih gaya bahasanya, Anda bisa mendapatkan fee yang lumayan tinggi.

Apabila kurang puas dengan rate artikelnya, bisa juga mengembangkan pada artikel berbahasa Inggris. Biasanya ratenya lebih tinggi, terlebih apabila mampu mengerjakan dengan cepat, pendapatannya bisa sangat besar.

Namun setiap profesi tentunya memiliki konsekuensi. Menjadi freelance tentunya memiliki banyak sekali hambatan, seperti memiliki hambatan dalam mengatur waktu, pendapatan tidak tetap, serta masih dipandang rendah.

Baca juga cara menjadi penulis lepas bagi pemula

Memahami segala risikonya, apabila siap, mencari cara menjadi penulis pada sribulancer adalah solusi terbaik dalam memulai karier Anda. Konsistensi serta motivasi kuat diperlukan agar mampu bertahan menjadi seorang penulis lepas.

Cara Menjadi Penulis di Sribulancer dengan Mudah

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, sribulancer merupakan sebuah platform bagi seorang dengan keahlian tertentu untuk menawarkan jasa freelancenya. Sifatnya adalah penawaran jasa dan mencari projek yang sesuai dengan keinginan.

Cara Menjadi Penulis di Sribulancer dengan Mudah

Ketika menemukan sebuah projek yang Anda sukai, belum tentu Anda dipilih sebagai orang yang mengerjakannya. Harus bersaing dengan penulis lainnya yang menawarkan jasanya, di sini faktor pengalaman dan portofolio dikompetisikan.

1. Buat profil terlebih dahulu

Cara menjadi penulis di sribulancer pertama dalam mengawali karier sebagai penulis lepas adalah membuka akun di plarform Sribulancer terlebih dahulu. Isilah informasi secara benar dan valid, sehingga perusahaan yang menawarkan job tidak akan ragu.

Foto profil menjadi salah satu senjata terbaik Anda, pilihlah foto profil profesional serta menarik. Bisa juga menggunakan logo apabila Anda telah memiliki logo sebagai pengganti foto diri. Ini akan memperkuat brandingnya.

Untuk mampu menarik klien, klien harus tahu siapa Anda serta keterampilan apa yang dimiliki. Manfaatkanlah deskripsi profil dalam menjelaskan segala sesuatu tentang diri sendiri. Pastikan hanya menulis yang relevan dengan jobnya.

Pastinya kata – kata saja tidak cukup untuk menunjukkan kredibilitas atau kemampuannya. Sehingga salah satu cara menjadi penulis di sribulancer berikutnya adalah menyiapkan portofolio, baik memanfaatkan tab di platformnya atau menggunakan platform lain.

2. Kembangkan portofolio yang menarik

Portofolio adalah sebuah bentuk pembuktian terhadap keterampilan yang dimiliki. Sebagai seorang penulis, contoh artikel atau tulisan tertentu merupakan salah satu bentuk portofolio yang bisa ditampilkan pada platform ini.

Mungkin anda juga perlu mempelajari contoh portofolio content writer

Hindari menulis dalam format pdf, karena apabila ditampilkan dalam bentuk tumbnail, tidak muncul previewnya. Harus diklik terlebih dahulu agar mampu terbuka filenya serta pemilik bisnis akhirnya mampu melihat tulisannya.

Gunakan format gambar berkualitas tinggi, tambahkan gambar serta desain layout yang menarik. Meskipun pendaftarannya menjadi seorang writer saja, memberikan unsur visual mampu lebih menarik perhatian klien.

Menarik klien terlebih dahulu merupakan salah satu langkah wajib dilakukan. Karena apabila interest dari klien saja rendah, potensi untuk memperoleh pekerjaan menulis juga cukup rendah. Tinggal nanti memperjelas jasa yang ditawarkannya.

3. Projek pertama adalah kesempatan utama

Salah saru cara menjadi penulis di sribulancer agar cepat sukses adalah memanfaatkan peluang memperoleh job pertama. Jangan mencari gaji atau fee tinggi terlebih dahulu, tetapi carilah rating terlebih dahulu.

Semakin banyak rating yang diperoleh, maka semakin besar kemungkinan memperoleh penawaran job berikutnya. Salah satu pertimbangan pemberi projek dalam memilih penulisnya adalah memperhatikan ratingnya terlebih dahulu.

Alternatif Freelance Writer Selain Sribulancer

Menjadi penulis di platform yang sudah besar, tentunya tidak terlepas dari persaingan yang cukup ketat. Meskipun cara menjadi penulis di sribulancer cukup mudah untuk diikuti, namun membangun kesuksesan merupakan tantangan terbesar.

Alternatif Freelance Writer Selain Sribulancer

Apabila keinginan menjadi penulis cukup tinggi, bisa mendaftar pada freelance writer lainnya. Salah satu rekomendasi kami adalah SahabatArtikel. Selain menawarkan rate fee tinggi, juga mampu menjadi langkah awal karier sebagai writer.

Apabila masih belum memiliki keterampilan menulis yang mumpuni, akan ada bimbingan serta arahan dari editor profesional. Sehingga selain mengambangkan hobi juga mampu meningkatkan kemampuan.

Salah satu langkah sukses menjadi seorang freelance writer adalah memulai menawarkan jasa penulisan. Bisa menggunakan Sribulancer atau SahabatArtikel yang membuka lowongan kerja penulis artikel sebagai sarananya. Karenanya mulailah mempelajari cara menjadi penulis di sribulancer dan SahabatArtikel.

Scroll to Top