Cara Membuat Portofolio Copywriter dengan Mudah

Bagaimana cara membuat portofolio copywriter? Mungkin bagi sebagian orang hal ini masih membingungkan. Bahkan, banyak orang masih belum memahami apa itu copywriter dan bagaimana membuatnya, sehingga membutuhkan jasa penulis artikel untuk membuatnya.

Sebenarnya, copywriter bisa diartikan sebagai upaya marketing melalui media kata-kata. Banyak orang bisa membuatnya, namun tidak sadar bahwa itu merupakan salah satu copywriter. Oleh sebab itu banyak orang belum memahaminya.

Dengan berkembangnya dunia digital, marketing melalui kata-kata menjadi senjata utama banyak perusahaan. Kata-kata memang dinilai lebih efektif karena mampu membius banyak orang. Hasilnya adalah produk dari perusahaan menjadi lebih terkenal.

Cara untuk Membuat Portofolio Copywriter

Namun, untuk bisa direkrut dalam sebuah perusahaan, Anda perlu memiliki portofolio terlebih dahulu. Lalu, bagaimana cara membuatnya? Apakah ada cara lebih mudah supaya portofolio ini menarik perhatian?

Cara Membuat Portofolio Copywriter yang Menarik

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat sebuah portofolio. Apalagi saat ini sudah dimudahkan dengan akses tidak terbatas melalui dunia internet. Jadi akan sangat mudah sekali membuatnya.

1. Memahami Media yang Akan Digunakan

Untuk mempermudah portofolio, maka Anda sebaiknya memahami target medianya. Marketing lewat kata-kata bisa dilakukan menggunakan media sosial, website, email, iklan, dan sebagainya yang setiap media memiliki tipe sendiri-sendiri.

Ketika Anda sudah memahaminya, maka sebaiknya bedakan mana copywriter untuk konten media sosial dan mana yang dipakai dalam email marketing. Jika sudah sepenuhnya memahami media ini, maka portofolio akan lebih tertata.

Selain itu, membedakan media yang akan digunakan juga berpengaruh terhadap isi kata-kata tersebut. Kata-kata untuk konten media sosial tentu saja sangat berbeda dengan yang dipakai dalam iklan, bukan?

Untuk itu, sebelum menyiapkan semua portofolio, siapkan terlebih dahulu medianya. Anda bisa fokus memakai media sosial atau banyak media lain. Lebih penting lagi adalah menetapkan standar pada portofolio.

Jadi, media ini bisa dianggap sebagai tempat dimana mengupload semua karya Anda. Selain itu, hal ini juga menjadi salah satu cara membuat portofolio copywriter Anda lebih banyak dikenal orang lain.

Baca juga tentang contoh portofolio karya content writer

2. Memanfaatkan Media Sosial Sebagai Cara Membuat Portofolio Copywriter

Jika Anda sering bermain sosial media, pasti pernah melihat konten dengan isi kata-kata tertentu. Ini merupakan salah satu bentuk copywriter yang bertujuan supaya Anda tertarik dan mengikuti akun tersebut.

Berkembangnya media sosial telah membuat marketing lewat kata-kata jadi lebih mudah. Apalagi, di Indonesia ada banyak sekali pengguna media sosial, baik dari Facebook, Instagram, Twitter, hingga Pinterest.

cara menulis portofolio copywriter

Anda juga bisa membuatnya di salah satu media sosial tersebut dengan posting konten. Tidak perlu terlalu sering, namun yang penting adalah memiliki jadwal tertentu sehingga konsisten.

Cara membuat portofolio copywriter seperti ini sudah sangat sering dilakukan. Sebut saja Terri Lively Copywriting yang memanfaatkan Pinterest atau Jennifer Locke Writers melalui blog pribadinya.

Selain itu, masih ada banyak contoh yang bisa Anda jadikan pedoman membuat portofolio. Contoh lain adalah Jose Benitez Copywriter dengan kalimat sapaan “scroll down to see sweat, blood, and tears”

3. Menentukan Objek Gambar

Salah satu hal yang sangat penting adalah menentukan objek gambar. Copywriter bukan hanya tentang tulisan atau kata-kata saja, namun juga tentang objek gambar yang ada dalam konten tersebut.

Untuk itu, perhatikan struktur objektif gambar dalam membuat sebuah portofolio. Ditambah perhatikan juga apakah objek gambar tersebut sesuai dengan pesan yang akan Anda sampaikan kepada publik.

Pesan yang baik akan memperhatikan objektif gambar sebagai bahan pendukung. Tujuan utamanya adalah untuk membuat orang lain tertarik. Dengan begitu, Anda akan dilirik oleh banyak orang.

Menentukan objek gambar juga berkaitan dengan isi konten. Artinya, objektif gambar tersebut akan mewakili semua isi pesan tersebut. Maka, menentukan objektif gambar adalah cara membuat portofolio copywriter menjadi lebih sempurna.

Jangan lupa juga untuk memadukan pemilihan warna pada objektif yang akan digunakan. Perbaduan ini membuat pesan lebih mudah diterima orang lain. Portofolio Anda juga akan menjadi lebih baik.

4. Perhatikan Penggunaan Tata Bahasa

Marketing lewat kata-kata sebenarnya cukup unik dan menarik. Tidak ada aturan khusus harus menggunakan kalimat baku atau tidak. Asalkan menarik, maka sah-sah saja menggunakan kalimat dalam bentuk apapun.

Mungkin anda membutuhkan jasa penulis artikel bahasa inggris segera hubungi kami

Bahkan, beberapa konten marketing menggunakan bahasa yang lebih gaul karena target mereka adalah anak muda. Ada juga yang menggunakan bahasa “alay”, namun ternyata malah mendapatkan sambutan hangat dari publik.

tutorial membuat contoh portofolio copywriter

Namun, menggunakan tata bahasa apapun harus memperhatikan typologi kalimat tersebut. Apakah ada kata-kata yang tidak sesuai atau tidak. Jika ada, maka sebaiknya segera diperbaiki dengan lebih baik.

Jadi, dalam menggunakan sebuah kata tidak boleh ada yang salah tulis. Misalnya ingin menuliskan “ada” namun malah tertulis “asa”. Jelas hal seperti ini tidak boleh dibiarkan begitu saja, bukan?

5. Memperbanyak Latihan Menulis

Salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh copywriter adalah kemampuan menulis. Memang kemampuan seperti ini lebih cocok bagi content writer, namun bukan berarti tidak cocok bagi Anda.

Pada dasarnya, semakin sering Anda latihan menulis maka semakin banyak ide yang bisa didapatkan. Dengan cara seperti ini, kemampuan Anda dalam merangkai kata-kata akan jauh lebih sempurna.

Bahkan, cara membuat portofolio copywriter seperti ini merupakan modal utama yang perlu diperhatikan. Kemampuan seperti ini yang akan membuat Anda terus berkembang dan menciptakan banyak kata-kata menarik.

Anda bisa belajar dengan membaca tulisan dari orang lain atau melihatnya di konten-konten lain. Perbanyak latihan menulis supaya ada banyak ide menarik yang bisa dipakai dalam membuat sebuah portofolio.

Sebenarnya, membuat sebuah portofolio bisa dikatakan gampang-gampang susah. Namun akan jauh lebih baik dengan Anda tetap konsisten. Dengan begitu, cara membuat portofolio copywriter bisa dilakukan lebih mudah.

Bagi anda yang membutuhkan jasa penulis artikel maupun jasa copywriter untuk keperluan bisnis anda, silahkan hubungi kami karena kami menyediakan jasa artikel jogja dengan harga terjangkau.

Scroll to Top