Rekomendasi Jurusan yang Cocok untuk Hobi Menulis Artikel

Saat ini ada banyak sekali jurusan yang cocok untuk hobi menulis. Jurusan ini juga sudah tersedia di berbagai universitas swasta maupun negeri. Tentu saja ini merupakan peluang bagi Anda yang ingin mengembangkan bakat menulisnya.

Hal ini terutama dipicu oleh kemajuan teknologi yang sangat pesat. Terlebih lagi dalam dunia digital. Kebutuhan akan tulisan atau konten dari jasa penulis artikel semakin tinggi seiring dengan berjalannya waktu. Tidak heran kalau kemudian ada banyak sekali lowongan penulisan online saat ini.

Dalam dunia penulisan online ada banyak sekali tema atau niche artikel yang dibutuhkan. Sudah tentu dibutuhkan pemahaman dari para expert untuk menghasilkan konten yang berbobot dan bisa dipertanggungjawabkan validitasnya.

Jurusan yang Cocok untuk Hobi Menulis

Jurusan yang Cocok untuk Hobi Menulis

Pada kesempatan kali ini kami akan mereview setidaknya 7 jurusan kuliah terbaik yang bisa dipilih bagi mereka yang hobi menulis. Jurusan kuliah ini sangat pas untuk membuka karir Anda dalam dunia penulisan di berbagai disiplin ilmu.

Tidak hanya itu saja, pemilihan jurusan ini juga memungkinkan Anda untuk mendapatkan profesi yang tidak jauh dari dunia penulisan itu sendiri. Penasaran apa saja? Inilah 7 jurusan yang cocok untuk hobi menulis.

1. Jurnalistik

Jurusan pertama ini sangat pas untuk mereka yang hobi menulis adalah jurnalistik. Jurusan satu ini juga bisa dengan mudah Anda temukan di berbagai universitas dalam dan luar negeri. Semua orang sepakat kalau lulusan jurnalistik adalah kandidat terbaik untuk menjadi penulis.

Kuliah di bidang jurnalistik, Anda akan diajarkan teknik menulis dan wawancara yang baik. Tidak hanya itu saja, Anda juga akan diajarkan bagaimana cara untuk mengolah informasi secara maksimal agar menarik untuk dibaca dan didengar oleh orang lain.

Bahkan di dalam jurusan ini juga Anda akan diajarkan cara untuk melakukan riset terhadap keadaan di sebuah lokasi dan mengemasnya menjadi konten yang valid dan informatif. Ada banyak content writer professional yang memiliki background jurnalistik.

2. Marketing

Tidak hanya jurusan jurnalistik, jurusan yang cocok untuk hobi menulis lainnya adalah marketing. Pasti tidak ada yang menduganya bukan? Seorang marketing dituntut untuk selalu update terhadap informasi.

Khususnya informasi yang berkaitan dengan produk atau jasa yang sedang dipasarkan. Di sisi lain, tujuan dari bidang marketing ini juga sangat berdampingan dengan content writing, yakni melakukan branding, pemasaran, atau penyebaran informasi tertentu.

Jurusan marketing biasanya tahu bagaimana cara mengolah kalimat atau bahasa yang bagus untuk menarik minat para konsumen yang menjadi target mereka. Jika kalimat-kalimat ini dituang dalam bentuk tulisan, dampaknya tentu tidak akan jauh berbeda.

3. Public Relations

Jurusan yang cocok untuk hobi menulis selanjutnya adalah PR atau Public Relations. Mengambil jurusan Public Relations akan membuka peluang Anda untuk menjadi seorang content writer profesional dengan sangat lebar.

Bagaimana tidak, saat menjalani kuliah sebagai Public relations, Anda akan diberikan pengetahuan terkait cara berkomunikasi yang baik dengan konsumen, terutama dalam memperkenalkan sebuah produk atau jasa kepada mereka.

Selain mempelajari cara berkomunikasi, Anda juga bisa memaksimalkan fungsi dari media sosial saat kuliah di bidang ini. Penggunaan media sosial menjadi salah satu materi yang dibahas pada mata kuliah public relations itu sendiri.

4. Sastra

Bidang sastra adalah jurusan yang cocok untuk hobi menulis lainnya. Masuk ke dalamnya akan membuka jalan Anda lebih besar lagi untuk menjadi seorang penulis yang sukses. Perlu dipahami, kuliah sastra ini tidak hanya soal membaca atau menulis saja.

Sastra itu condong pada etika penulisan itu sendiri. Para mahasiswa sastra dilatih untuk selalu fokus pada wacana analisis dan kritis. Karena itulah lulusan sastra dianggap sebagai salah satu kandidat terbaik untuk menjadi content writer.

Mereka yang mengambil kuliah di bidang sastra juga memiliki peluang untuk membuat konten dalam berbagai bahasa sesuai dengan ilmu sastra yang diambil. Tentu saja ini juga menjadi peluang besar untuk bisa berkarir sebagai penulis internasional.

5. Komunikasi

Jurusan yang cocok untuk hobi menulis selanjutnya adalah jurusan komunikasi. Dalam hal apapun, komunikasi adalah poin yang paling utama. Apalagi jika kita bicara tentang dunia content writing atau penulisan online.

Para lulusan komunikasi mampu menggunakan berbagai teknik komunikasi dengan sangat baik. Tentu saja dengan teknik komunikasi yang baik ini mereka bisa menciptakan konten artikel yang komunikatif dan mudah dipahami oleh para pembaca.

jurusan kuliah untuk menjadi penulis

6. Advertising

Jurusan lain yang bisa Anda pilih untuk memaksimalkan hobi menulis adalah advertising. Pada jurusan ini Anda akan diajarkan mengenai teknik beriklan yang baik dan benar, serta teknik komunikasi pemasaran yang mendetail di dalam setiap mata kuliahnya.

Dengan bekal ilmu tersebut, tentu saja mereka yang lulus dari advertising akan memiliki kemampuan untuk mengolah kalimat dengan baik demi kepentingan periklanan. Hal ini juga sangat bagus jika diterapkan pada dunia penulisan.

7. Pariwisata

Jurusan yang cocok untuk hobi menulis lainnya adalah pariwisata. Dalam dunia pariwisata Anda dituntut untuk bisa menjelaskan keadaan dari sebuah destinasi secara mendetail. Kemampuan inilah yang akan membawa Anda menjadi seorang penulis hebat.

Ketika menjadi seorang penulis, Anda juga dituntut untuk bisa menjelaskan sebuah keadaan, produk, jasa dan informasi lainnya secara detail. Cukup konversi kemampuan bicara Anda menjadi tulisan. Hasilnya pasti akan sangat luar biasa.

Pada dasarnya jurusan apapun bisa menjadi seorang penulis. Bahkan Anda bisa menjadi seorang penulis spesialis jika memahami bidang keilmuan tertentu. Namun beberapa jurusan diatas adalah jurusan yang cocok untuk hobi menulis dengan potensi sukses terbesar.

Scroll to Top