Cara Mudah Agar Website Muncul di Halaman Pertama Google

Bagaimana cara mudah agar website muncul di halaman pertama Google? Mungkin pertanyaan ini sering disampaikan oleh beberapa orang. Apalagi bagi yang baru pertama kali memulai dunia blogging.

Pertanyaan ini memang sangat wajar dan memang seharusnya ditanyakan. Apalagi, tanpa mengoptimalkan sebuah tulisan, maka tidak mungkin blog atau website tersebut dibaca. Ditambah jika tidak menggunakan beberapa metode khusus.

Percaya atau tidak, seperti keyword jasa penulis artikel hampir 80% orang hanya fokus pada halaman pertama Google saja. Sedangkan halaman selanjutnya tidak akan dibuka selama orang tersebut menemukan website yang dibutuhkannya.

Karena itu, sangat penting sekali mengoptimalkan sebuah website atau blog supaya mampu muncul pada halaman pertama. Lalu, bagaimana cara mudahnya supaya bisa muncul pada halaman pertama? Berikut beberapa tipsnya.

Beberapa Cara Mudah agar Website Muncul di Halaman Pertama Google

Beberapa Cara Mudah agar Website Muncul di Halaman Pertama Google

SEO atau Search Engine Optimization adalah istilah yang dipakai untuk membuat sebuah website muncul di halaman pertama mesin pencarian. Dalam teknik ini ada banyak cara yang bisa dilakukan dengan mudah.

1. Memastikan Website Mobile Friendly

Tidak semua orang menjelajahi dunia maya menggunakan perangkat PC atau laptop. Namun, lebih dari 50% orang yang menggunakan mesin pencarian memakai perangkat mobile. Hal tersebut telah dibuktikan melalui riset.

Jika dilihat, maka kecepatan loading antara PC, tablet, dan perangkat mobile sangat berbeda. bahkan, dalam segi tampilan juga sangat berbeda sehingga lama tidaknya loading bisa sangat berpengaruh.

Untuk membuat website Anda mampu muncul pada halaman pertama Google, ada tool khusus yang bisa dipakai. Selain itu, pemilihan CMS juga sangat menentukan lama tidaknya kecepatan loading website.

2. Memaksimalkan Sitemap

Salah satu bagian penting dalam sebuah website adalah sitemap yang merupakan daftar semua halaman pada website Anda. Artinya, semua informasi terkait website ada dalam fitur tersebut.

Memaksimalkan sitemap merupakan salah satu cara mudah agar website muncul di halaman pertama Google. Oleh karena itu, setiap blog atau website akan memberikan informasi seperti ini untuk meningkatkan user experience.

Secara umum, ada 2 jenis sitemap yang berada HTML serta XML. HTML dipakai untuk pengunjung, sedangkan XML digunakan bagi search engine. Anda bisa menggunakan plugin tertentu untuk membuatnya.

Sitemap sangat berguna supaya mesin pencarian memprioritaskan blog tersebut jika ada pencarian yang sejenis. Artinya navigasi website akan mengarahkan pengunjung untuk melihat blog milik Anda sebagai yang paling direkomendasikan.

3. Memakai SSL Sertificate

SSL Sertificate pada dasarnya dipakai untuk melindungi transfer data dalam sebuah web. Jadi, secara semua data penting akan terlindungi melalui enkripsi khusus yang ada dalam algoritma Google.

Namun, sejak tahun 2014 Google telah menetapkan bahwa SSL Sertificate masuk dalam indikator rangking web. Dengan kata lain maka pemasangan SSL Sertificate adalah kewajiban bagi setiap pemilik web.

Apalagi, dalam beberapa kasus Google juga memberikan peringatan “Not Secure” atau “Tidak Aman” untuk beberapa situs. Artinya, dalam situs tersebut tidak disarankan untuk Anda mengunjunginya karena tidak ada enkripsi data.

Mengintegrasikan dengan Google Analytics

4. Mengintegrasikan dengan Google Analytics

Cara mudah agar website muncul di halaman pertama Google adalah menghubungkannya dengan Google Analitycs. sederhananya, Google Analytics merupakan tool yang dipakai untuk memantau setiap performa halaman situs.

Sebenarnya, Google Analitics tidak masuk dalam indikator ranking situs. Namun, Anda bisa memakainya sebagai bahan evaluasi. Terlebih lagi Google Analitycs memberikan informasi tentang banyak hal kepada Anda.

Baca juga cara membuka situs yang diblokir internet positif

Sebagai contoh, berapa lama pengunjung menghabiskan waktunya pada situs Anda akan ditampilkan melalui tools ini. Anda tidak perlu khawatir karena tool ini pada dasarnya disediakan secara gratis.

5. Manfaatkan Google Search Console

Search Console merupakan tool gratis lain selain Google Analitycs. Tool ini juga bisa Anda pakai untuk mengevaluasi kinerja situs. Ada berbagai informasi penting yang disajikan sebagai bahan pertimbangan selanjutnya.

Sebagai contoh, Search Console akan memperlihatkan halaman mana saja yang paling populer dari website Anda. Ada juga informasi kinerja web ketika pengunjung menggunakan perangkat mobile.

Informasi penting lainnya adalah ada tidaknya broken link hingga keamanan web. Dari sini nantinya Anda bisa melihat bagaimana kinerja situs. Jadi, Anda bisa dengan lebih cepat memperbaiki setiap permasalahan.

Pemakaian Search Console menjadi salah satu cara mudah agar website muncul di halaman pertama Google. Semakin baik kinerja web, maka semakin besar kesempatan situs direkomendasikan oleh algoritma.

6. Penggunaan Keyword

Keyword merupakan salah satu faktor penting jika Anda ingin situs muncul pada halaman pertama search engine. Setidaknya ada 3 kriteria dalam memilih kunci dengan tepat.

Pertama adalah tentang kuantitas pencarian. Maksudnya adalah berapa banyak pengunjung yang mencari kata kunci tersebut. Namun, semakin banyak pencarian maka semakin besar juga kompetisi antar situs.

Kedua adalah menggunakan long-tail keyword. Maksudnya adalah menggunakan kata kunci tidak populer, namun tetap relevan dengan pencarian utama. Metode ini bisa Anda pakai karena rasio efektifitasnya mencapai 70%.

Penggunaan Keyword agar mudah muncul di halaman google

Terakhir adalah memanfaatkan SERP atau 10 situs teratas dalam pencarian. Tujuannya supaya Anda bisa memahami dan mempelajari konten dari situs tersebut. Jadi bisa dipakai sebagai bahan pertimbangan memilih kata kunci.

Penggunaan keyword yang tepat merupakan cara mudah agar website muncul di halaman pertama Google. Oleh sebab itu, sebaiknya dalam setiap artikel cantumkan juga kata kunci.

Namun, dalam penggunaan keyword juga ada aturannya, silahkan ada pelajari tentang cara mudah riset keyword untuk artikel yang pernah kami tulis sebelumnya. Setidaknya ada 5 tempat dimana Anda harus meletakkan keyword, yaitu permalink, meta title, meta deskripsi, nama file, serta pada 100 kata pertama.

Sebenarnya masih ada banyak metode yang bisa Anda pakai untuk memaksimalkan situs. Namun, setidaknya cara mudah agar website muncul di halaman pertama Google tersebut bisa membantu mengoptimalkan situs Anda.

Scroll to Top