Cara Menghasilkan Uang dengan Menjadi Penulis Lepas

Cara menghasilkan uang dengan menjadi penulis lepas sebenarnya sangat mudah. Ini merupakan solusi terbaik bagi Anda yang memiliki kemampuan menulis. Saat ini ada banyak sekali jasa penulisan online yang membuka lowongan kerja untuk para penulis.

Baik itu penulis freelance ataupun penulis tetap, ada banyak peluang yang bisa Anda temukan di internet. Namun Anda harus memastikan untuk memilih jasa penulis yang berkualitas dan terbukti membayar.

Jasa penulisan online memang banyak bermunculan di internet. Namun tidak semuanya bisa Anda percayai. Untuk mendapatkan jasa penulis artikel yang berkualitas ini, Anda harus memahami apa saja ciri utama dari jasa penulisan itu sendiri.

Apa Itu yang Dimaksud dengan Penulis Lepas

Ini merupakan cara menghasilkan uang dengan menjadi penulis lepas yang pertama. Di sisi lain, Anda juga harus memahami pengertian penulis lepas itu sendiri. Status penulis lepas ini tentu berbeda dengan status penulis tetap. Pahami pengertiannya di bawah ini.

Mengenal Apa Itu yang Dimaksud dengan Penulis Lepas

Penulis lepas adalah status penulis yang tidak terikat kontrak kerja dengan sebuah jasa penulisan. Tipe penulis satu ini bekerja tanpa terikat waktu, namun tetap memiliki target untuk menyelesaikan order tulisan tepat waktu sesuai dengan kesepakatan.

Status sebagai penulis lepas ini berbeda jauh dengan penulis tetap. Penulis full time atau tetap, terikat kontrak kerja dan memiliki jam kerja yang tetap di setiap harinya. Penulis tetap juga memiliki target yang harus dipenuhi, namun mereka juga memiliki gaji tetap.

Penulis lepas ini juga berbeda cara kerjanya. Ada yang membuat konten mereka sendiri kemudian mempublikasikannya di situs tertentu, namun ada juga yang mendapatkan job khusus untuk membuat artikel dengan niche tertentu dan kemudian mengirimkannya via email.

Cara Menghasilkan Uang dengan Menjadi Penulis Lepas

Tentunya ada langkah-langkah yang harus Anda lalui agar bisa sukses menjadi penulis lepas. Memahami langkah-langkah ini sangat penting agar Anda terhindar dari risiko tidak dibayar dan gagal saat memulai karir penulisan Anda.

Cara Menghasilkan Uang dengan Menjadi Penulis Lepas

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas beberapa langkah utama yang wajib Anda lakukan saat hendak memulai karir sebagai penulis lepas. Ikuti langkah-langkahnya dari awal hingga akhir agar Anda tidak kecewa nantinya.

1. Buat Portofolio Tulisan Anda

Cara menghasilkan uang dengan menjadi penulis lepas bagi pemula yang pertama adalah membuat portofolio tulisan yang Anda miliki. Buatlah tulisan dari beberapa niche. Biasanya pihak jasa penulisan konten yang Anda lamar akan meminta contoh tulisan.

Anda juga bisa membuat blog pribadi yang menjadi tempat Anda menuangkan ide tulisan. Blog ini bisa menjadi salah satu bukti terbaik kalau Anda bisa menulis. Biasanya pihak penyedia jasa penulisan yang merekrut lebih suka kepada mereka yang berpengalaman dalam blogging.

2. Cari Lowongan Penulisan Online

Setelah Anda membuat portofolio yang sesuai, sekarang Anda bisa mulai mencari lowongan kerja penulis lepas di dunia maya. Caranya tidak sulit. Anda hanya perlu mengetikkan keyword yang sesuai di Google Search untuk menemukannya.

Cobalah “Lowongan Kerja Penulis Freelance” atau “lowongan kerja penulis lepas’ Anda juga bisa mengetikkan keyword dalam bahasa Inggris kalau memang memiliki kemampuan penulisan dalam bahasa tersebut.

3. Cek Kredibilitas Jasa Penulisan Tersebut

Cara menghasilkan uang dengan menjadi penulis lepas lainnya adalah menganalisa kualitas perusahaan yang Anda lamar. Pastikan untuk hanya melamar lowongan pekerjaan di perusahaan yang sudah terbukti kredibilitasnya.

Untuk melihat ini Anda bisa melihat rating perusahaan di pencarian Google. Bisa juga dengan bertanya langsung kepada para senior di forum penulisan online terkait hal ini. Biasanya mereka akan memberikan banyak saran bermanfaat untuk Anda.

4. Kirimkan Lamaran Anda

Setelah Anda menemukan perusahaan yang tepat, cara menghasilkan uang dengan menjadi penulis lepas lainnya adalah mengirimkan lamaran Anda kepada perusahaan tersebut. Pastikan agar tidak sembarangan dalam mengirimnya.

Pastikan juga untuk mengirimkan lamaran sesuai dengan aturan yang diminta oleh perusahaan. Perhatikan syarat-syarat yang harus dilampirkan, contoh artikel yang diminta, validitas data yang Anda miliki, dan artikel contoh yang diminta. Jangan sampai salah.

5. Ikuti Tes dari Jasa Penulisan Online

Jika Anda sudah mengikuti poin-poin yang sudah kami sebutkan di atas, cara menghasilkan uang dengan menjadi penulis lepas lainnya adalah, mengikuti tes yang diberikan oleh perusahaan jasa penulisan itu sendiri.

Biasanya tes yang diberikan adalah membuat artikel dengan keyword dan tema tertentu. Anda hanya perlu mengikuti ketentuan yang sudah ditetapkan oleh perusahaan. Buat konten terbaik Anda sesuai dengan gaya bahasa yang diminta.

6. Mulai Bekerja Sebagai Penulis Lepas

Setelah Anda mengikuti beberapa fase yang sudah kami jelaskan di atas, kini tiba saatnya untuk memulai karir sebagai penulis profesional. Anda akan dibayar sesuai dengan kualitas tulisan yang dibuat.

Semakin bagus tulisannya, tentu akan semakin tinggi juga bayarannya. Skema pembayaran yang diberikan juga berbeda-beda. Ada yang dibayar per artikel, harian, mingguan, dua mingguan, atau bahkan bulanan.

Baca juga tentang harga jasa penulis artikel

Apa yang Dibutuhkan untuk Menjadi Penulis Lepas

Apa yang Dibutuhkan untuk Menjadi Penulis Lepas?

Tidak bisa disangkal, memang ada beberapa hal penting yang harus Anda kuasai saat hendak menjadi seorang penulis. Apakah itu penulis lepas ataupun penulis tetap, keduanya sama saja. Setidaknya Anda harus menyiapkan beberapa hal di bawah ini :

  1. Laptop atau komputer untuk mengetik
  2. Koneksi internet yang memadai
  3. Kemampuan untuk membuat artikel yang bagus
  4. Pemahaman tentang istilah-istilah penulisan
  5. Memiliki pengetahuan tentang SEO (Search Engine Optimization)
  6. Mempunyai waktu yang memadai untuk membuat tulisan dan mencapai target
  7. Mengikuti regulasi yang sudah ditetapkan oleh perusahaan

Jika Anda bisa memenuhi syarat syarat yang sudah kami jelaskan di atas, maka selanjutnya Anda dapat memulai cara menghasilkan uang dengan menjadi penulis lepas yang sudah kami jelaskan sebelumnya.

Scroll to Top