Mengenal Unsur Penulisan Artikel Ilmiah Non Penelitian

Unsur penulisan artikel ilmiah non penelitian perlu diketahui agar dapat menghasilkan karya tulis yang sesuai dengan ketentuan. Hal ini dikarenakan artikel ilmiah berbeda dengan artikel biasa. Seperti adanya unsur kepemilikan, abstrak hingga daftar pustaka. Untuk penulisan masing masing unsur tersebut juga ada ketentuannya sehingga tidak bisa dilakukan secara sembarangan.

Artikel ilmiah sendiri ada dua macam. Yakni berdasarkan penelitian dan non penelitian. Sehingga untuk membuatnya harus memiliki pengetahuan terkait. Berbeda halnya dengan artikel biasa yang tidak terikat dengan aturan tertentu. Artikel biasa juga lebih bebas, yang pasti memuat judul, pembahasan dan kesimpulan. Untuk data hasil wawancara juga sifatnya sebagai pendukung.

unsur penulisan artikel ilmiah nonpenelitian

Untuk membuat tulisan ilmiah non penelitian sebaiknya Anda harus memahami kaidah penulisan agar bisa menghasilkan kualitas terbaik. Namun saat ini juga banyak perusahaan yang menyediakan jasa pembuatan artikel ilmiah. Jika Anda membutuhkannya, ada baiknya mengetahui unsur yang ada agar bisa menilai kualitas yang dihasilkan. Berikut unsur artikel ilmiah non penelitian.

Judul yang Diibaratkan Sebagai Nama dari Sebuah Karya Tulis

Judul adalah salah satu unsur penulisan artikel ilmiah non penelitian. Ibarat nama dari sebuah karya tulis, judul sebaiknya dibuat mewakili karya tulis namun tetap membuat pembaca penasaran terhadap isi karya. Untuk ketentuan pada tulisan ilmiah nonpenenelitian, judul umumnya dibuat dengan panjang maksimal 14 kata.

Sementara untuk tulisan biasa minimal dibuat dengan panjang tujuh hingga sembilan kata. Judul juga mengandung keyword dari sebuah topik yang diangkat. Sehingga pembaca memiliki sedikit gambaran mengenai pembahasan. Untuk ketentuan teknis penulisan judul juga diatur, misalnya ukuran dan jenis huruf.

Baris Kepemilikan yang Memberikan Informasi Mengenai Penulis

Salah satu unsur penulisan artikel ilmiah non penelitian adalah baris kepemilikan. Baris kepemilikan adalah sebuah bagian yang memberikan informasi mengenai penulis karya tulis. Pada umumnya baris kepemilikan terdiri dari nama penulis lengkap dengan gelar yang dimiliki, asal penulis seperti nama lembaga sekolah atau kampus hingga alamat korespondensi atau email.

Jika karya ditulis oleh beberapa orang, maka bisa juga seluruh nama penulis ditulis di baris kepemilikan. Namun ada aturannya, yakni menggunakan superskrip di belakang nama penulis secara berututan.

Abstrak atau yang bisa Disebut dengan Gambaran Umum Isi Artikel

Abstrak adalah salah satu unsur penulisan artikel ilmiah non penelitian. Abstrak bisa dikatakan sebagai gambaran umum isi artikel. Ada beberapa aspek yang ditulis di dalam abstrak. Seperti tujuan pembahasan atau karya tulis dibuat, hasil pembahasan hingga kesimpulan. Informasi mengenai tujuan, pembahasan hingga kesimpulan ditulis secara ringkas atau padat.

Baca juga cara membuat artikel ilmiah popular

Pada umumnya abstrak dibuat dalam dua bahasa. Yakni bahasa Indonesia dan Inggris. Dengan membaca abstrak, pada umumnya pembaca akan mengetahui secara umum gambaran karya tulis.

Kata Kunci, Pokok yang Terkait dengan Pembahasan Artikel Ilmiah

Salah satu unsur penulisan artikel ilmiah non penelitian yang perlu diketahui adalah kata kunci. Kata kunci adalah kata pokok terkait dengan pembahasan dalam artikel. Misalnya menggunakan sebuah kata tertentu untuk menunjukkan realitas permasalahan yang sedang dibahas.

Pokok yang Terkait dengan Pembahasan Artikel Ilmiah

Untuk membuat dan menentukan kata kunci ada beberapa ketentuan. Misalnya panjang kata antara tiga hingga lima kata. Selain itu sebaiknya menghindari penggunaan kata sambung seperti yang, dan dengan.

Pendahuluan Artikel, Biasa Disebut dengan Pembuka dari Sebuah Pembahasan

Pendahuluan juga termasuk unsur penulisan artikel ilmiah non penelitian. Bagian ini bisa dikatakan sebagai pembuka sebuah pembahasan. Pendahuluan dibuat dengan bentuk pemaparan atau narasi. Sehingga sebaiknya sangat dihindari penggunaan sub-sub. Isi pendahuluan adalah berupa latar belakang masalah atau mengapa penulis mengangkat sebuah masalah tertentu.

Penulis ingin membuat artikel bertema pendidikan. Maka penulis bisa mengungkapkan permasalahan yang marak terjadi dalam dunia pendidikan di Indonesia. Misalnya adanya kesenjangan fasilitas pendidikan untuk siswa yang bersekolah di kota dan desa. Selain itu adanya masalah tenaga pendidik yang kesulitan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk menunjang pembelajaran.

Segala permasalahan tersebut sebaiknya diungkapkan dalam pendahuluan. Dikarenakan beragam masalah tersebut menjadi sebab dibuatnya sebuah artikel. Selain latar belakang masalah, tujuan penelitian juga penting untuk diungkapkan di awal. Sebuah karya tulis lahir tentu dibuat dengan tujuan yang mulia. Seperti sebagai bentuk transfer ilmu pengetahuan, edukasi, dan lain-lain.

Baca juga harga jasa penulis artikel

Pembahasan, Salah Satu Unsur Artikel yang Sangat Penting

Pembahasan adalah salah satu unsur penulisan artikel ilmiah non penelitian yang sangat penting. Hal ini dikarenakan pembahasan menjadi hal kunci dari sebuah tulisan ilmiah. Hasil pembahasan bisa dikatakan sebagai solusi dari masalah yang dipaparkan sebelumnya. Misalnya adanya masalah keterampilan tenaga pendidik dalam memanfaatkan teknologi untuk pembelajaran masih rendah.

Maka bagian pembahasan akan memaparkan bagaimana solusi yang tepat agar keterampilan guru bisa meningkat. Seperti pemberian training atau pelatihan bagaimana memanfaatkan teknologi untuk pembelajaran. Diklat mengenai penggunaan teknologi.

Kesimpulan dan Saran atau yang Biasa Disebut dengan Ringkasan dan Masukan

Unsur lain dari artikel non penelitian adalah kesimpulan. Kesimpulan adalah ringkasan dari hasil pembahasan yang ditulis dalam bentuk deskripsi atau uraian singkat. Panjang halaman untuk kesimpulan juga tidak bisa sembarangan. Yakni maksimal satu halaman. Selain itu bentuk kesimpulan adalah pemaparan atau narasi, bukan numerical.

Salah Satu Unsur Artikel yang Sangat Penting

Untuk saran pada umumnya juga bisa dimasukkan dalam bab kesimpulan. Saran berisi masukan untuk pembahasan selanjutnya. Sehingga tercipta sebuah gagasan yang berkembang.

Daftar Pustaka, Salah Satu Sumber Gagasan yang Dibahas

Daftar pustaka adalah salah satu unsur tulisan non penelitian. Daftar pustaka adalah sebuah sumber, rujukan dari sebuah gagasan yang dibahas. Daftar pustaka hendaknya juga dipilih dari sumber yang sesuai atau relevan. Umumnya sumber yang didapat waktu kejadiannya adalah 10 tahun terakhir.

Jika Anda ingin membuat artikel non penelitian untuk berbagai macam kebutuhan. Misalnya sebagai konten website, Anda bisa memilih SahabatArtikel. Hal ini dikarenakan kami memiliki tim penulis dan editor yang sudah berpengalaman dalam dunia penulisan artikel ilmiah.

Kami memberikan layanan jasa penulis artikel non ilmiah dengan berbagai macam tema. Untuk pemesanan, Anda dapat menghubungi kami di nomor 0857-7777-5545. Bisa melalui SMS, telepon, atau Whatsapp. Staf kami akan segera merespon. Setelah mengetahui unsur penulisan artikel ilmiah non penelitian, kami siap membantu Anda dalam dunia penulisan dengan hasil tulisan berkualitas.