Apa Itu Pengertian Artikel SEO dan Fungsinya

Bagi praktisi internet yang menangani website baik itu untuk kebutuhan personal maupun korporat mungkin sudah tidak asing dengan apa itu artikel SEO. Namun ini mungkin saja berbeda dengan Anda yang baru memulai bisnis online.

Saat ini trend menjalankan bisnis sangat mengandalkan teknologi internet dalam memperoleh konsumen, tidak terkecuali jasa penulis artikel yang kami sediakan. Marketing kini menjadi aktivitas dengan beragam strategi, tidak hanya secara offline tetapi juga online.

Bahkan internet marketing disinyalir memiliki pengaruh sangat powerful terhadap kesuksesan bisnis Anda. Salah satu strategi internet marketing adalah melalui website. Oleh karenanya, Anda memerlukan artikel dengan pondasi SEO kuat.

Pengertian Artikel SEO

Jika Anda ingin memajukan bisnis lewat platform website, maka membuat artikel dengan teknik SEO adalah suatu kewajiban. Tanpa aplikasi teknik SEO, halaman akan sulit menembus rangking teratas sehingga sulit mendapat pengunjung.

Pengertian Artikel SEO yang Harus Dipahami

Sebelum membahas mengenai artikel SEO, perlu kiranya memahami definisi apa itu Search Engine Optimization sendiri. SEO alias optimasi mesin telusur yaitu proses yang dilakukan agar menjadikan situs berada di posisi teratas pada mesin telusur.

Ketika situs bisnis menempati halaman pertama khususnya peringkat teratas, maka kesempatan mendapatkan pengunjung juga lebih besar. Semakin banyak visitor secara otomatis membuat trafik website meningkat terus.

Proses mencapai peringkat teratas pada mesin telusur sendiri ada beberapa cara. Salah satu dari sekian banyak cara melakukan optimasi mesin pencari yaitu dengan menulis konten yang ramah SEO.

Artikel SEO adalah tulisan yang dibuat berdasarkan aturan penulisan secara baik dan benar serta memperhatikan teknik optimasi mesin telusur. Secara umum, penulisan artikel ditujukan kepada audiens atau pembaca.

Sehingga penggunaan bahasanya harus baik serta mudah dipahami oleh pembaca. Akan tetapi untuk kebutuhan halaman website, selain memperhatikan kaidah penulisan juga perlu menerapkan teknik SEO.

Teknik tersebut antara lain berkaitan dengan penerapan kata kunci yang relevan, penulisan judul secara tepat, mengoptimasi link URL, menggunakan gambar, dan sebagainya. Penerapan teknik SEO secara tepat dapat mengangkat rangking website.

Pada dasarnya penerapan teknik artikel SEO adalah ditujukan untuk mesin telusur sehingga membantu para pengguna internet untuk menemukan bacaan yang mereka cari. Meski demikian, teknik ini bukan berarti hanya sebatas kepentingan mesin pencari.

Seiring dengan semakin canggihnya pengembangan mesin pencari, algoritma yang berlaku tetap mengutamakan pengalaman pengguna (user experience). Jadi jika kualitas tulisan tidak relevan dengan kebutuhan user maka sulit menembus peringkat atas.

Mengenal Fungsi Artikel yang Menerapkan Teknik SEO

Melakukan sesuatu tanpa memahami apa fungsi dan manfaatnya adalah hal sia-sia. Begitu juga ketika membahas tentang penulisan artikel berdasarkan teknik optimasi mesin pencari.

fungsi artikel SEO

Setelah mengetahui apa itu artikel SEO, Anda perlu juga mengetahui apa saja fungsinya. Karena ini juga berkaitan dengan keberhasilan internet marketing untuk kepentingan bisnis Anda. Berikut ini beberapa fungsinya.

1. Mendapatkan Audiens Tertarget

Salah satu fungsi paling utama pada penulisan artikel SEO yaitu untuk mendapatkan audiens sesuai target bisnis Anda. Tentunya ini berkaitan erat dengan penggunaan keyword atau kata kunci.

Seorang penulis artikel atau content writer perlu mengetahui bagaimana cara menentukan kata kunci secara tepat. Penggunaan kata kunci yang sesuai dan relevan dengan target akan memudahkan halaman Anda ditemukan.

Membuat artikel bagus namun tidak sesuai target tentu tidak mendatangkan manfaat secara signifikan pada bisnis Anda. Oleh karena itu, kemampuan riset kata kunci sangat penting.

2. Meningkatkan Trafik Website

Fungsi artikel SEO juga dapat meningkatkan trafik website Anda. Trafik bisa diartikan sebagai lalu lintas pengguna internet yang mengunjungi suatu halaman situs. Teknik optimasi secara optimal mampu mendatangkan pengunjung dalam jumlah besar.

Semakin tinggi trafik halaman, maka semakin besar juga peluang mendapatkan konsumen untuk produk Anda. Penerapan teknik optimasi mesin pencari pada penulisan artikel tidak hanya dipakai untuk website bisnis.

Masih banyak juga content writer yang memanfaatkan platform website atau blog untuk mendapatkan uang. Jadi, jika Anda memiliki keahlian di bidang menulis, maksimalkan potensi tersebut untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah.

3. Meningkatkan Kepercayaan Calon Buyer

Halaman website bisnis dibuat berdasarkan beragam tujuan, salah satunya untuk meningkatkan kepercayaan calon pembeli. Namun keberadaan sebuah halaman saja tidak cukup membuat mereka yakin untuk membeli produk Anda.

Lantas, halaman seperti apa yang mampu membuat calon pembeli percaya dan mau membeli produk suatu bisnis tertentu? Jawabannya adalah kualitas website itu sendiri.

Ada banyak parameter yang menentukan kualitas suatu website, misalnya berdasarkan nama domainnya, konten atau artikelnya, hingga jumlah pengunjungnya. Salah satu fungsi artikel SEO adalah untuk meningkatkan kualitas website Anda.

artikel SEO adalah

Dengan konten berkualitas, otomatis menunjukkan kredibilitas bisnis Anda. Perusahaan kredibel tentunya lebih mudah mendapat kepercayaan dari masyarakat. Maka dari itu, usahakan selalu membuat artikel dengan teknik optimasi mesin pencari.

4. Meningkatkan Brand Awareness

Dalam bisnis, satu hal yang tidak dapat disepelekan yaitu brand awareness atau kesadaran merek. Pada kenyataannya membangun kesadaran merek bukanlah suatu hal mudah. Anda memerlukan langkah-langkah strategis untuk mencapainya.

Banyak pengusaha mengira bahwa brand awareness hanya bisa dibangun dengan cara memasang iklan baik secara online maupun offline. Namun anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar. Anda bisa memanfaatkan website untuk tujuan ini.

Website dengan konten artikel berkualitas dan menerapkan teknik SEO tentunya dapat menjangkau lebih banyak audiens secara tepat berdasarkan target konsumen. Maka hal tersebut juga turut berkontribusi terhadap peningkatan kesadaran merek.

Membuat artikel pilar nyatanya memang memerlukan skill, apalagi jika diperuntukkan mengisi halaman website bisnis. Dengan mengetahui pengertian artikel SEO beserta fungsi-fungsinya, Anda dapat lebih termotivasi untuk membuat konten berkualitas.

Scroll to Top