Cara Membuat Tulisan Bergerak di Header WordPress

Sudahkah Anda tahu cara membuat tulisan bergerak di header wordpress? Karena ternyata tidak semua pengguna blog tahu bagaimana cara agar teksnya dapat bergerak ke kanan kiri atau sebaliknya. Istilah teks berjalan seperti ini disebut dengan Marquee.

Cara Membuat Tulisan Bergerak di Header WordPress

Mengingat blog WordPress tidak memiliki fitur editing Java script/ HTML, sehingga ada triknya tersendiri bila ingin menjadikan tulisannya bergerak. Bahkan meskipun sudah dicoba menggunakannya via gadget agar java script atau HTML berfungsi, namun ternyata cara ini tetap gagal dilakukan.

Salah satu alasannya mungkin karena memakai template gratisan sehingga java script atau HTML tidak diaktifkan secara langsung dari sana. Beruntungnya, sekarang ini sudah ada solusi untuk menggunakan kode tersebut bekerja pada blog ini. Namun sebelum itu sebaiknya pilih jenis tulisannya dulu supaya penampilannya lebih sempurna.

Baca juga artikel kami mengenai: cara menghilangkan tulisan wordpress di footer

Tips Memilih Tulisan untuk Header WordPress

Sebelum mencari cara membuat tulisan bergerak di header wordpress, sebaiknya tentukan dulu jenis hurufnya. Karena memilih huruf yang digunakan pada website itu jelas berbeda dengan saat menentukan fonts untuk media cetak seperti buku, pamflet, dan brosur. Karena saat membaca lewat layar biasanya mata cepat lelah.

Ini berbeda sekali jika seseorang membacanya dari media cetak, biasanya mata akan bertahan lebih lama dan tidak mudah lelah. Maka dari itu supaya pengunjung website Anda betah berlama-lama di depan halaman blog, sebaiknya perhatikan dulu cara memilih jenis huruf yang baik untuk web berikut ini:

  1. Perhatikan klasifikasi dan karakter hurufnya dulu. Seperti yang diketahui ada 4 klasifikasi dasar huruf yang sering digunakan. Yaitu dekoratif, sans-serif, serif, dan script. Untuk menciptakan kesan resmi, elegan, dan klasik, gunakan Serif. Biasanya huruf ini dipakai untuk surat kabar, buku, dan konten yang sifatnya formal.
  2. Sedangkan jika Anda ingin menggunakannya untuk website, sebelum mencoba cara membuat tulisan bergerak di header wordpress, sebaiknya pilih sans serif karena tingkat readability tinggi. Dengan memilihnya, Anda bisa menciptakan kesan casual dan formal sekaligus. Beberapa pilihan hurufnya meliputi verdana, trebuchet, arial, josefin sans, dan helvetica.
  3. Selanjutnya untuk script sendiri memiliki banyak pilihan, sifatnya lebih santai, klasik, dan casual. Karena karakternya terlihat seperti huruf tegak bersambung, sehingga kurang cocok dipakai pada body teks. Namun pilihan huruf ini bisa dipakai untuk judul post agar terlihat menarik.

Cara Membuat Tulisan Bergerak di Header WordPress

Untuk menjadikan teksnya bisa berjalan tepat pada header WordPress, maka kunjungi linknya langsung di alamat marqueetextlive.com. Sehingga Anda bisa langsung menulis teks yang ingin dibuat berjalan. Dalam hal ini, Anda bisa memilih warna font sesuai kebutuhan.

Mungkin anda membutuhkan jasa penulis artikel jogja bisa menghubungi kami

Yaitu pilih pick color dan tentukan warna kesukaan Anda. Jika blognya menggunakan background gelap, ada baiknya gunakan font cerah saja. Pengguna bisa melakukannya dengan menyalin kode warna itu, kemudian tempel pada text color. Namun sebaiknya ukuran idealnya jangan diubah.

Baik itu dari font size ataupun jenis hurufnya. Jika ingin mengubahnya, silahkan dicoba namun tidak pada Angle O atau scroll. Karena ini bisa mempengaruhi semuanya. Selanjutnya, cara membuat tulisan bergerak di header wordpress adalah menekan create marquee text.

Sampai di sini, Anda sudah berhasil memasuki langkah yang berikutnya. Jadi klik tanda logo WordPress dan lihat perubahannya sehingga Anda bisa melihat hasil tampilannya. Login menggunakan username dan password, lalu pilih post dan selesai semuanya. Untuk melihat hasilnya, cek pada postingan yang terbaru.

Selain itu, Anda juga bisa mengeceknya langsung dari widget pada tulisan terkini. Biasanya jika belum ada judulnya, maka yang akan Anda lihat hanyalah nomor seri saja yang terdiri atas beberapa digit. Dari sini Anda sudah bisa membuat tulisan berjalan sesuai kebutuhan.

Jika Anda ingin menampilkan teks berjalan pada postingan blog, maka hasilnya langsung terlihat pada halamannya langsung. Itulah sebabnya supaya teks yang berjalan bisa selalu terlihat di setiap halaman, sebaiknya simpan editing tersebut ke dalam widget.

Keuntungan Membuat Tulisan Bergerak pada WordPress

Tentunya ada banyak keuntungan jika sudah mencoba cara membuat tulisan bergerak di header wordpress di atas dengan benar. Bagaimanapun juga, website merupakan refleksi dari bisnis Anda. Itulah sebabnya dengan adanya tulisan yang dibuat bergerak tentunya akan membuat tampilan website terlihat lebih menarik. Berikut adalah keuntungannya!

  1. Dengan membuat teksnya menjadi bergerak, akan membuat pengunjung mendapatkan kesan kunjungan pertama yang luar biasa dan menakjubkan. Bagaimanapun juga kesan pertama bisa menentukan kepuasan pengunjung. Jadi ciptakan kesan sebaik mungkin kepada mereka supaya betah berlama-lama di halaman website.
  2. Adanya teks yang dibuat bergerak menciptakan citra website terlihat lebih profesional. Karena tampilannya menjadi lebih terorganisir, tidak berantakan, dan semakin rapi. Dengan penampilan halaman website yang rapi akan membuat pengunjung yakin bahwa kontennya bisa dipercaya. Sehingga mereka akan semakin rutin berkunjung menunggu update dari Anda.
  3. Dengan desain tulisan bergerak pada header tentunya akan membuat pengunjung semakin senang. Karena bila sebuah web tidak didesain dengan baik, otomatis mereka menjadi malas melihat kontennya. Itulah sebabnya pastikan buat desain tulisan yang menarik supaya pengunjung mendapatkan user experience tersendiri begitu mengaksesnya.

Melihat hal tersebut, maka selain tulisan bergerak untuk menambah estetika website anda juga memerlukan content yang berkualitas. Untuk itu jika Anda mencari jasa penulis artikel seo yang handal, silakan hubungi kami SahabatArtikel di nomor 0857-7777-5545. Kami akan siap membantu mengisi konten web selagi Anda mencoba cara membuat tulisan bergerak di header wordpress.

Scroll to Top