Cara Memasang Plugin di Wordpress Gratisan Menggunakan 3 Pilihan

Memahami bagaimana cara memasang plugin di wordpress gratisan itu sangat penting sekali bagi seorang pebisnis online yang baru saja menginstal platform ini. Karena dengan memasangnya dapat membuat Anda menambahkan beberapa fitur baru untuk pendukung tampilan web agar terlihat lebih menarik.

Cara Memasang Plugin di WordPress Gratisan Menggunakan 3 Pilihan

Beberapa fitur tersebut dapat ditambahkan meliputi slideshow, galeri, dll. Dengan menambahkan beberapa fitur itu tentunya akan membuat website terlihat semakin powerfull seperti web jasa pembuatan artikel SahabatArtikel. Terlebih saat ini ada banyak plugins gratisan dan berbayar yang disediakan langsung oleh wordpress.

Sehingga hal ini membuat siapapun dapat memaksimalkan tampilan platformnya agar terlihat lebih unik dan tidak sederhana begitu saja. Karena dengan banyaknya plugins membuat Anda dapat melakukan kustomisasi sesuai kebutuhan. Berikut ini adalah 3 cara memasang plugin di wordpress gratisan yang dapat dicoba, antara lain:

Menginstalnya dari WordPress Plugin Search

Cara ini hanya dapat digunakan untuk plugin gratisan yang diambil dari direktori wordpress. Caranya login dulu menggunakan akun admin Anda, setelah itu masuk ke dalam menu Plugins. Jika sudah, segera pilih Add New untuk menginstalnya ke dalam platform ini.

Kemudian carilah plugginnya dengan cara mengetik nama atau fungsinya sesuai kebutuhan. Misalnya ingin menginstal All in One SEO, maka ketik kalimat tersebut ke dalam kolom pencariannya. Sehingga disitulah akan terlihat kumpulan listing plugins sesuai kebutuhan.

Biasanya hasilnya akan menampilkan deretan nama hampir sama, sehingga sebelum mencoba cara memasang plugin di wordpress gratisan ini, sebaiknya cek dulu rating dan jumlah pengguna yang sudah menggunakannya pada platformnya sebelumnya. Barulah setelah Anda yakin dengan fiturnya, silahkan pilih menu “install now”.

Sehingga secara otomatis pluginnya akan diunduh dan diinstal langsung ke dalam situs Anda. Jadi tunggu beberapa saat kemudian hingga muncul pesan notifikasi berhasil, lengkap dengan linknya. Link ini nanti dapat digunakan untuk mengaktifkan pluginnya atau menuju ke installernya.

Meskipun sudah diinstal, namun perlu diingat bahwa pluginnya tidak akan bisa bekerja jika belum diaktifkan. Itulah sebabnya setelah proses instalasi berhasil, silahkan pilih link “activate plugin” sehingga pluginnya langsung aktif di situs Anda. Nah dari sinilah plugins pilihan Anda sudah berhasil diinstal.

Cara memasang plugin di wordpress gratisan berikutnya tinggal melakukan konfigurasi pengaturannya saja. Karena setiap fitur yang diinstal biasanya pengaturannya tidak sama. Ada beberapa yang bisa langsung dipakai tanpa harus dikonfigurasi. Namun ada pula yang baru dapat digunakan sesudah diaktifkan pada menu pengaturannya.

Mungkin Anda membutuhkan content writer profesional silahkan hubungi kami

Menginstal Plugin dari FTP

Cara instalasi lainnya bisa dilakukan lewat FTP. Namun cara ini cukup rumit dan bisa dipakai jika penyedia layanan hosting memberikan batasan file sehingga tidak semua pluginnya dapat diinstal oleh adminnya. Sehingga solusinya adalah melakukan instalasi secara manual. Berikut ini adalah tutorialnya, antara lain:

1. Unduh dulu filenya dari sumber pluginnya. Biasanya filenya berbentuk zip. Sehingga harus diekstrak dulu lewat PC. Setelah diekstrak, maka buat folder baru dengan nama sama seperti pluginnya. Folder inilah nantinya akan digunakan untuk mengupload memakai FTP client secara manual.

2. Untuk bisa menguploadnya, gunakan akses host lewat FTP client. Jika belum memiliki password dan username FTP, silahkan buat sendiri lewat cpanel hosting yang dipakai atau hubungi support penyedia hosting Anda. Sehingga Anda langsung dibuatkan username dan passwordnya.

3. Kemudian buka FTP client dan sambungkan ke situs Anda dengan cara login. Jika sudah akses direktori pluginnya dan upload folder yang baru saja diekstrak tadi. Ke /wp-content/plugins/. Caranya mudah, bisa langsung diseret dari jendela atau memilih menu upload.

4. Setelah itu, masuk ke dalam area admin dan pilih link plugins pada menunya. Disitulah Anda bisa melihat bahwa pluginnya berhasil diinstal ke dalam halamannya. Supaya bisa segera digunakan, maka cara memasang plugin di wordpress gratisan adalah aktifkan dengan menekan link aktivasi yang tersedia.

Menginstal Plugin dari Dashboard WordPress

Seperti yang diketahui bahwa saat ini ada ribuan plugin yang tersedia dalam direktori wordpress saat ini. Lebih menariknya lagi adalah semuanya bisa didownload secara gratis! Anda bisa menginstalnya dengan mudah cukup akses dashboard WordPress saja. Setelah itu pilih menu Plugins dan ikuti cara berikut ini!

1. Tekan tombol Add New pada atas halaman. Anda bisa memilih plugins sesuai kebutuhan, mulai dari tag populer, recommended, dan featured. Selain itu Anda bisa juga memanfaatkan menu pencarian. Jika sudah memilih yang sesuai kebutuhan, ketik kata kuncinya pada bagian kolom pencarian dan tekan enter.

2. Jika ingin menambah kecepatan blog, maka cara memasang plugin di wordpress gratisan adalah dengan memilih WP Super Cache. Setelah itu tekan tombol instal dan aktifkan. Karena meskipun sudah diinstal, pluginnya tidak bisa aktif sebelum tombol activate ditekan.

3. Saat prosesnya berhasil, maka akan muncul notifikasi berupa plugins sudah aktif. Umumnya kustomisasi yang dilakukan hampir tidak terbatas. Jadi Anda bisa menambahkan berbagai macam fitur baru sesuai kebutuhan pada website tersebut. Sampai disini, plugin sudah berhasil dipasang secara gratis.

Tentunya dengan memiliki banyak pilihan, Anda bisa memilih salah satu dari 3 panduan diatas sesuai kebutuhan. Sebaiknya pilih yang paling mudah supaya Anda bisa menambahkan berbagai macam fitur ke dalam website dengan cepat. Dengan begitu, blog menjadi terlihat lebih unik.

Namun, blog tidak bisa hidup jika belum ada kontennya. Maka jika Anda bingung membuat isinya, silahkan hubungi jasa penulisan SahabatArtikel lewat SMS/telepon/WA ke nomor 0857-7777-5545 yang menerima pembuatan semua tema artikel kecuali judi online. Jadi setelah memahami cara memasang plugin di wordpress gratisan, blog menjadi lebih sempurna dengan konten yang berkualitas.