Perbedaan Website Statis dan Dinamis yang Perlu Anda Ketahui

Home »  Blog »  Perbedaan Website Statis dan Dinamis yang Perlu Anda Ketahui

blog-thumbnail

Ada beberapa perbedaan website statis dan dinamis yang perlu Anda ketahui. Website merupakan suatu platform halaman yang saling berhubungan. Platform ini berisi beragam konten yang memuat kumpulan informasi dan dapat diakses dengan adanya jaringan internet. Tanpa koneksi internet, Anda tak akan dapat mengakses informasi dari website.

Perbedaan website statis dan dinamis

Saat ini terdapat jutaan website seperti penulis artikel dari seluruh dunia yang bisa Anda akses hanya dengan bermodalkan perangkat komputer atau smartphone dan koneksi internet. Kemudahan penyebaran informasi ini menjadi keuntungan tersendiri bagi generasi millenial. Itulah mengapa kedua hal tersebut seolah menjadi kebutuhan wajib di era digital.

Situs web biasanya ditempatkan pada sebuah server dan bisa dikunjungi secara luas berbasis internet. Meski demikian, ternyata tidak semua website bisa diakses secara bebas oleh siapa saja. Ada beberapa situs yang hanya dapat dibuka oleh pengguna khusus dengan berbagai alasan, seperti keamanan, privasi, atau bisnis komersil.

Dilihat dari teknologinya, ada 2 jenis web, yakni statis dan dinamis. Terdapat perbedaan website statis dan dinamis yang cukup signifikan sehingga fungsi serta performa keduanya pun tak sama. Konten pada web statis hanya bisa diubah secara manual. Sedangkan website dinamis kontennya bisa diperbarui secara berkala. Berikut perbedaan lainnya.

Perbedaan Website Statis dan Dinamis dari Penggunaan Database

Perbedaan antara kedua jenis website tersebut yang pertama bisa dilihat dari penggunaan database. Database merupakan kumpulan data atau informasi yang tersimpan dalam sebuah perangkat dengan sistem tertentu. Nantinya database ini akan digunakan user untuk mendapatkan informasi tertentu yang sesuai dengan basis data.

Dalam sebuah website, database memiliki fugsi tersendiri, yakni mengelompokkan data berdasarkan basis tertentu agar mudah diidentifikasi. Database nantinya akan meunculkan informasi sesuai dengan permintaan atau perintah user. Dengan adanya bantuan dari software Database Management System (DBMS), proses penerjemahan informasi menjadi lebih cepat.

Kini saatnya membahas perbedaan website statis dan dinamis dari segi database yang digunakan. Web statis tidak begitu memerlukan keberadaan database karena tak ada banyak data yang harus disimpan. Karena sifatnya statis, jadi web tidak perlu memproses data secara khusus untuk menampilkan informasi kepada pengunjung.

Baca juga tentang cara membuat form pendaftaran online di wordpress

Lain halnya dengan web dinamis. Peran database pada jenis website ini sangat penting karena digunakan untuk menyimpan serta mengolah berbagai macam data. Jika ada pengunjung yang mengakses website ini, maka kemungkinan ia akan melakukan perintah sehingga data harus diproses. Salah satu jenis database yang populer digunakan adalah MySQL.

Perbedaan Ukuran Website Dinamis Statis yang bisa Anda Lihat

Perbedaan website statis dan dinamis yang kedua bisa dilihat dari ukurannya. Web statis memiliki ukuran yang lebih kecil jika dibandingkan jenis dinamis. Hal ini disebabkan bahasa pemrograman yang digunakan dalam web statis jauh lebih sederhana dan tidak rumit, yakni umumnya memakai CSS atau HTML.

Dengan ukuran yang kecil tersebut, web statis jauh lebih ringan dan kecepatan aksesnya pun lebih tinggi. Jadi, walaupun koneksi internet relatif tidak terlalu kuat, Anda tetap bisa mengaksesnya dengan cukup mudah. Meski demikian, apabila dilihat dari segi tampilan memang kurang menarik dibandingkan web dinamis.

Perbedaan website statis dan dinamis jika dilihat dari ukurannya maka web dinamis lebih besar. Hal ini dikarenakan data yang tersimpan di dalam jenis website ini lebih banyak. Selain itu, di web ini terdapat banyak pemrosesan data dari database sehingga membuat ukurannya lebih besar dan berat.

Apalagi web dinamis juga menggunakan bahasa pemrograman yang lebih rumit dan kompleks. Misalnya PHP, Javascript, CSS, atau ASP. Jadi, mau tak mau jenis website ini lebih rumit proses aksesnya dan umumnya memerlukan waktu lebih lama dibanding web statis. Akan tetapi, karena pemrogramannya lebih kompleks website ini jadi lebih menarik.

Desain Halaman Dinamis dan Statis yang Terlihat Cukup Mencolok

Perbedaan website statis dan dinamis lainnya terlihat cukup mencolok dari segi desain tampilan. Saat pertama kali mengunjungi sebuah situs, tentu Anda akan melihat tampilan halamannya. Nah, web statis memiliki desain yang jauh lebih sederhana dan klasik. Hal ini berkaitan dengan proses pembuatan web di awal.

Sementara desain pada website dinamis seperti jasa content writer tampak lebih modern dan beragam. Pemilik situs bisa membuat desain sesuka hati sesuai dengan keinginan. Selain itu, website dinamis memungkinkan Anda untuk membuat tampilan kekinian dan modern. Tak hanya itu bahkan Anda dapat menambahkan berbagai animasi menarik yang memperindah halaman.

Di samping itu, terdapat pula perbedaan interaksi antara keduanya. Di website statis, pengunjung tidak dapat berinteraksi langsung, melainkan hanya bisa memperoleh informasi yang tertera di halaman. Jadi, pengunjung situs tak bisa menyampaikan pertanyaan atau komentar pada pemilik situs.

Sedangkan webste dinamis, tak hanya tampilan desainnya yang lebih menarik namun juga interaktif. Pengunjung bisa melakukan login atau mengubah konten dengan meninggalkan jejak komentar dan lainnya. Ciri interaktif ini banyak digunakan pemilik bisnis online untuk menjangkau konsumen.

Perbedaan Konten yang Ada di Website Dinamis dan Statis

Perbedaan website statis dan dinamis juga tampak dari kontennya. Jika diperhatikan, konten yang ada di website statis sangat jarang mengalami perubahan. Secara umum jenis website ini memuat informasi penting namun cenderung stagnan. Pemilik website tidak selalu melakukan pembaruan konten.

Namun website dinamis memiliki konten yang lebih banyak dan beragam. User bisa dengan mudah melakukan update konten secara berkala. Sehingga Anda dapat menjumpai beraneka macam konten baik berupa teks/artikel, gambar, video, hingga file suara. Pengguna jenis situs ini lebih sering melakukan perubahan isi.

Konten adalah elemen yang sangat penting dalam website karena menjadi penentu banyaknya pengunjung. Untuk meningkatkan traffic website Anda, tak ada salahnya menggunakan jasa penulis artikel jogja SahabatArtikel melalui telepon/SMS/WA 0857-7777-5545. Meskipun ada perbedaan website statis dan dinamis, namun kontennya harus menarik dan berkualitas.