Pengertian SEO Off Page dan On Page Serta Manfaatnya

Pengertian SEO Off Page dan On Page serta manfaatnya perlu Anda ketahui jika mengelola sebuah website. SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization, yaitu optimasi mesin pencari agar situs mampu berada di halaman terdepan dan posisi teratas. Ini merupakan sebuah teknik yang sangat populer bagi pengguna website.

Pengertian SEO Off Page dan On Page Serta Manfaatnya

Pengguna website seperti jasa artikel tentu ingin agar situs yang ia kelola dapat menempati halaman pertama di mesin pencari. Dengan begitu, alamat tersebut akan memiliki kesempatan lebih besar untuk dikunjungi banyak orang. Sehingga pada akhirnya catatan traffic semakin meningkat dan mengarah ke tren positif. Untuk mencapainya tentu diperlukan banyak usaha.

Salah satu usaha penting yang bisa dilakukan untuk menaikkan traffic web adalah dengan teknik SEO alias optimasi. Teknik ini bisa dilakukan melalui internal (On Page) website maupun eksternal (Off Oge). Pengertian SEO Off Page dan On Page memang berbeda. Akan tetapi keduanya sama-sama berpengaruh terhadap kinerja web di mesin pencari.

Apalagi jika Anda menjalankan bisnis berbasis online. Tentunya melakukan pemasaran via internet terutama website adalah hal yang sangat lumrah. Teknik SEO baik secara internal maupun eksternal web memberikan dampak penting bagi kegiatan internet marketing yang Anda jalankan. Oleh sebab itu, pahami baik-baik kedua teknik tersebut.

Apa Itu SEO Off Page

Pengertian SEO Off Page dan On Page berbeda pada fokus optimasinya. Istilah Off Page artinya optimasi dilakukan di luar website. Sehingga optimasi secara Off Page tidak lagi berbicara mengenai konten, keyword, meta deskripsi, atau internal link. Akan tetapi optimasi ini fokus dan berhubungan dengan back linking atau link building.

1. Metode link building

Metode link building meliputi eksternal link adalah cara yang dianggap paling efektif dalam optimasi ini. Selain itu bisa juga menggunakan backlink. Yang perlu diperhatikan adalah kualitasnya, bukan hanya kuantitas. Backlink berkualitas meskipun jumlahnya tak terlalu banyak justru akan membuat situs Anda dipercaya mesin pencari.

Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kualitas backlink diantaranya website terpercaya, backlink memliliki popularitas, link bersifat natural, artikel di tulis oleh jasa content writer berpengalaman. Selain itu, konteks juga perlu diperhatikan dan sebaiknya yang relevan dengan konten website Anda. Teks yang dipakai pada link juga harus yang memuat deskripsi konten dari link target.

2. Metode SEO lokal

Selain pengertian SEO Off Page dan On Page, kini terdapat metode SEO lokal. Hal ini berkaitan dengan semakin banyaknya jumlah pengguna internet di setiap daerah. Jika ingin mempromosikan bisnis, Anda bisa melakukan optimasi berdasarkan lokasi. Cara ini tentu akan sangat efektif terutama untuk menarik pelanggan di wilayah tersebut.

3. Metode media sosial

Tak hanya link building atau backlink, SEO Off Page juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan saluran media sosial. Gunakan media sosial yang Anda miliki untuk mempromosikan bisnis seluas-luasnya. Cara ini bisa menaikkan traffic website. Meski begitu, sebaiknya Anda tetap cermat membaca target market agar tepat sasaran.

Apa Itu SEO On Page

Sementara pengertian SEO Off Page dan On Page khususnya dari sisi On Page yaitu teknik optimasi dengan memfokuskan pada internal website (dari dalam). Apabila dibandingkan dengan Off Page, teknik yang satu ini memang lebih memerlukan perhatian. Namun hasil yang diterima pun akan maksimal dan memuaskan. Berikut metodenya.

1. Memperhatikan konten

Konten adalah senjata utama dalam sebuah situs. Untuk dapat menarik minat pengunjung, tentu Anda harus membuat konten-konten menarik. Selain membuat visitor mengunjungi laman Anda, konten berkualitas juga membuat mereka betah berselancar. Durasi kunjungan yang lama akan meningkatkan rating situs sehingga mudah ditemukan di halaman utama mesin pencari.

Baca juga tentang cara mudah menulis artikel agar SEO friendly

2. Riset keyword

Pengertian SEO Off Page dan On Page tak hanya penting memperhatikan konten saja. Keyword alias kata kunci juga memiliki peran penting. Karena kebanyakan pengguna internet masih mengandalkan kata kunci tertentu saat mencari informasi yang diinginkan. Maka riset keyword menjadi sangat penting. Namun pastikan Anda tidak melakukan keyword spamming.

3. Optimasi halaman website

Selain mengutamakan konten dan riset keyword, Anda pun perlu melakukan optimasi halaman website. Beberapa hal yang patut menjadi perhatian antara lain alamat url, http status, Robots txt, hingga kecepatan website. Kecepatan website adalah faktor penting yang menentukan rangking di mesin pencari. Jadi pastikan situs Anda responsive.

Manfaat SEO Off Page dan On Page

Seo Off Page dan On Page juga memiliki beragam manfaat yang bisa dirasakan. Manfaat tersebut adalah :

1. Meningkatkan SERP

Pengertian SEO Off Page dan On Page memberikan manfaat dan dampak positif bagi website Anda jika dilakukan dengan serius. Pertama, dapat meningkatkan SERP alias Search Engine Result Page. Jika peringkat semakin baik, maka situs Anda memiliki kesempatan muncul di halaman pertama mesin pencari.

2. Meningkatkan PageRank

PageRank adalah angka numeric yang diberikan mesin pencari, dalam hal ini Google, kepada laman di website. Aktivitas optimasi Off Page dapat memberi nilai tambah pada PageRank. Sementara PageRank sendiri merupakan satu diantara banyak faktor yang menentukan peringkat SERP. Jadi, masih saling berhubungan satu sama lain.

3. Teknik pemasaran murah

Menggunakan teknik optimasi On Page adalah suatu strategi pemasaran yang menghemat biaya. Anda hanya perlu fokus dengan membenahi isi website. Namun dampak yang dihasilkan tidak bisa dipandang sebelah mata. Jika optimasi dilakukan dengan tepat, maka jumlah pengunjung website Anda pun semakin bertambah.

Salah satu hal terpenting untuk optimasi website adalah konten, misalnya artikel. Maka membuat artikel berkualitas mutlak dipenuhi. SahabatArtikel adalah jasa pembuatan artikel professional yang memberikan kualitas tulisan. Hubungi 0857-7777-5545 melalui telepon/SMS/WA. Agar pengertian SEO Off Page dan On Page serta manfaatnya bisa maksimal hasilnya.

Scroll to Top