Sebagai seorang pebisnis online, Anda harus tahu perbedaan blog dan website lebih dulu sebelum memulainya. Karena untuk menjangkau konsumen lebih luas lagi itu tidak bisa hanya mengandalkan media sosial saja. Namun Anda membutuhkan konten supaya brand produk bisa ditemukan dengan mudah oleh mesin pencari.

Nah berbicara tentang isi konten, tidak semua orang tahu bahwa sebenarnya web itu berbeda dengan blogging. Meskipun keduanya mempunyai kesamaan cukup banyak, namun ada beberapa hal mendasar yang wajib dipahami oleh seorang pebisnis online sebelum memulainya.

Sehingga mereka tahu manakah yang paling dibutuhkan untuk membangun usahanya supaya lebih mudah dikenal oleh masyarakat luas. Maka dari itu sebelum memilih platformnya, sebaiknya kenali dulu perbedaan blog dan website dari pengertian, konten, gaya bahasa yang digunakan.

Pengertian Blog Vs Website

Sebelum mengupas tentang perbandingan keduanya, sebaiknya pahami dulu definisinya. Jika dilihat dari segi pengertiannya, website merupakan kumpulan halaman yang terhubung ke dalam 1 domain secara online. Umumnya web biasanya dikelola oleh perusahaan, individu, organisasi, institusi, pemerintah.

Sementara blogging penulis artikel merupakan singkatan dari web log yang isinya berupa pengalaman, opini, kegiatan penulis. Sehingga bila dilihat dari pengertian keduanya, maka ditemukan gambaran tentang perbedaannya secara sekilas. Jadi, praktisnya website itu termasuk penyebutan semua situs di dalam internet.

Sementara blog merupakan jenis website yang sangat terkenal karena cara mengolahnya mudah dan sederhana. Sehingga orang awam lebih mudah beradaptasi meskipun masih gaptek. Bahkan blogging sendiri biasanya disebut dengan website pribadi. Karena kata log dari singkatannya tersebut merupakan kegiatan internet.

Sehingga bila diperumpamakan seperti semua apel merupakan buah. Namun tidak semua buah itu hanya apel saja, masih ada jenis lainnya. Ini berlaku sama seperti saat Anda mencari perbedaan blog dan website. Karena semua blog merupakan website. Namun tidak semua web termasuk blog.

Setidaknya dengan memahami pengertiannya, hal ini bisa membantu Anda untuk mengetahui perbedaan dari kedua hal tersebut. Dengan begitu Anda tahu manakah yang paling sesuai kebutuhan bila dilihat dari pengertiannya. Selanjutnya tinggal pahami isi konten dan gaya bahasanya saja.

Perbedaan Blog dan Website Dilihat dari Kontennya

Jika ditinjau dari isi kontennya, umumnya dalam kegiatan blogging itu isinya adalah video, artikel, podcast yang temanya disukai oleh pemilik kontennya. Selain itu biasanya blogging itu berisi tentang opini, pengalaman, kegiatan pemilik konten (jika dilihat dari definisi yang disebutkan sebelumnya).

Dalam hal ini Anda dapat mencoba membuat blog berisi 1 tema seperti teknologi, travel, fashion, parenting, atau otomotif sebagai permulaan. Namun bila sudah terbiasa mengisi banyak konten, mungkin mengisinya dengan berbagai macam tema tidak masalah. Yang terpenting adalah harus sesuai dengan minat.

Sehingga Anda bisa selalu konsisten mengisi kontennya. Sementara untuk website biasanya berisi tentang informasi seputar layanan atau produk. Misalnya bila ingin membuat web untuk perusahaan, maka isinya adalah alamat, sejarah, profil, contact person, produk/ layanan perusahaan.

Selain itu, Anda juga dapat memakainya untuk kebutuhan sekolah, organisasi, toko online, lembaga pendidikan, pemerintah. Yang pasti, dari segi update konten itu perbedaan blog dan website sangat besar sekali. Dalam blogging itu selalu dilengkapi dengan jadwal update secara rutin atau berkala.

Sehingga sifatnya lebih dinamis karena selalu diupdate dalam waktu tertentu. Bagaimanapun juga update konten merupakan nyawa sebuah blogging sehingga ini penting sekali. Sementara untuk web itu kebanyakan isinya berupa informasi layanan atau produk. Jadi tidak harus di update setiap waktu.

Kecuali bila ada perubahan informasi layanan atau produknya, maka web membutuhkan update. Jadi bila dilihat dari segi kontennya, sudah jelas web itu sifatnya statis juga tidak dinamis. Karena tidak harus selalu di update secara rutin setiap waktu.

Perbedaan Blog dan Website Dilihat dari Gaya Bahasanya

Ditinjau dari arah komunikasinya, blogging itu sifatnya lebih interaktif. Karena dalam hal ini pembacanya boleh meninggalkan komentar pada setiap artikel yang diposting. Sementara untuk arah komunikasi web itu berbeda serta sifatnya hanya 1 arah saja. Karena umumnya di dalam halamannya tidak ada kolom komentarnya.

Sehingga bila ditinjau dari gaya bahasanya sudah jelas berbeda. Untuk gaya bahasa yang digunakan pada blogging itu variatif serta tidak terbatas. Anda bisa memakai bahasa formal serta informal karena tidak ada batasan tertentu yang mengatur dalam pembuatan artikelnya.

Umumnya blog sering menggunakan kata ganti kedua, Anda, lu, dan kamu agar isinya terlihat semakin personal. Sehingga pembaca artikelnya tidak merasa bosan saat berkunjung ke halamannya. Sementara gaya bahasa pada web itu lebih formal serta profesional. Karena umumnya digunakan untuk formal.

Yaitu untuk kebutuhan lembaga pendidikan, instansi pemerintah, perusahaan, dan organisasi. Sehingga setelah melihat perbedaan dari keduanya, sekarang Anda tinggal memilih platform yang paling sesuai dengan kebutuhan. BIla ingin berbagi pengalaman, opini, dan cerita, maka kegiatan blogging sangat cocok untuk Anda.

Anda bisa memulai dari platform yang gratisan sampai berbayar. Namun bila tujuannya untuk kebutuhan formal seperti perusahaan, bisnis, lembaga, dan organisasi, maka web sangat cocok sekali. Karena sifatnya lebih formal, statis, dan gaya bahasanya juga sesuai dengan kebutuhan.

Jika kesulitan mengisi kontennya, silakan hubungi SahabatArtikel via WA/SMS/telp ke 0857-7777-5545. Kami menawarkan jasa penulisan artikel untuk mengisi konten web atau blog dengan tema apapun kecuali jasa artikel judi tidak kami terima. Jadi setelah memahami perbedaan blog dan website di atas, Anda tidak pusing lagi mengisi kontennya sesuai kebutuhan.