Cara Membuat Form Pendaftaran Online di WordPress dengan Plugin

Sebagai pengguna WordPress, Anda patut mengetahui cara membuat form pendaftaran online di WordPress dengan plugin. Pengguna internet tentu sudah tidak asing lagi dengan WordPress. WordPress memang merupakan CMS (Content Management System) yang paling populer untuk saat ini. Seperti website penulis artikel banyak yang menggunakan platform wordpress, hal ini berkat kemudahan fitur yang tersedia di dalamnya.

cara membuat form pendaftaran online di WordPress

Tak heran jika banyak sekali pengguna internet yang memanfaatkan teknologi WordPress. Baik itu pemula yang masih belajar dalam mengelola website. Atau bahkan para professional sekalipun yang telah berpengalaman dan berkecimpung di dunia internet selama bertahun-tahun. Namun popularitas WordPress sebagai CMS terbaik memang bukan tanpa alasan.

Ada beberapa fitur menarik yang ditawarkan di WordPress untuk memberi kemudahan pengguna. Salah satunya adalah pembuatan formulir pendaftaran. Anda bisa mempelajari cara membuat form pendaftaran online di WordPress dengan langkah yang sederhana namun teruji. Meski demikian, formulir pendaftaran default dari WordPress memang kurang menarik.

Jika Anda ingin membuat form pendaftaran online yang tampilannya lebih menarik dan professional, maka hal itu bisa dipelajari. WordPress menyediakan banyak plugin termasuk plugin untuk membuat kustomisasi formulir yang jauh lebih bagus. Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa Anda ikuti di CMS WordPress.

Membuat Form WordPress dengan Plugin RegistrationMagic

Cara membuat form pendaftaran online di WordPress yang pertama, Anda dapat menggunakan plugin RegistrationMagic. Ini merupakan plugin WordPress yang memungkinkan pengguna menyusun sebuah form pendaftaran atau lainnya dengan memanfaatkan form builder. Fitur ini mudah digunakan sehingga ramah untuk pemula sekalipun.

Jika menggunakan plugin ini, Anda dapat meletakkan form di posisi manapun sesuai dengan keinginan, yaitu memakai widget atau shortcode. Plugin ini cukup populer dan banyak digunakan karena tersedia banyak fitur menarik. Misalnya social media integration pembayaran, notifikasi email, external integration, keamanan, desain tak terbatas, dan sebagainya.

Mungkin anda tertarik membaca artikel kami mengenai cara uninstal wordpress di cPanel dengan cepat dan mudah

Selain cara membuat form pendaftaran online di WordPress, plugin yang satu ini juga bisa dipakai untuk berbagai jenis formulir lainnya. Fitur unggulan yang tersedia di plugin ini bisa dipakai tak hanya untuk membuat formulir pendaftaran online. Tetapi juga dapat mendukung pengelolaan pengguna, analisis rasio form, download, dan yang lainnya.

Denganadanya bantuan plugin yakni RegistrationMagic, kini Anda dapat membuat form dengan tampilan yang lebih menarik. Tentunya berbeda jika harus memakai form WordPress default. Kesan eksklusif dan professional akan terpancar apabila Anda dapat mengatur sendiri tampilan form sesuai kebutuhan dan karakter pengelola website.

Fitur yang Tersedia di RegistrationMagic

RegistrationMagic adalah plugin WordPress yang dikembangkan dengan menggunakan CSS3. Inilah yang membuat plugin tersebut lebih responsive dalam hal tampilan. Menariknya, tampilan pun bisa disesuaikan dengan ukuran screen perangkat Anda. Berikut adalah beberapa fitur unggulan yang dimiliki plugin RegistrationMagic.

1. Fitur Analytics

Cara membuat form pendaftaran online di WordPress menggunakan plugin RegistrationMagic memungkinkan pengguna melakukan analisis berupa monitoring atau pelacakan. Monitoring ini berkaitan dengan aktivitas formulir. Antara lain meliputi informasi tentang IP address pengguna, sistem operasi, alamat, waktu pengiriman, bahkan hingga nama browser serta data lainnya.

2. Fitur Keamanan

Plugin yang satu ini juga telah didukung dengan fitur keamanan alias security cukup mumpuni. Fitur ini berguna untuk memperkuat keamanan dan mencegah adanya serangan spam. Spam tersebut bisa saja masuk dengan memanfaatkan integrasi Banned IP, email, custom password, Google reCaptcha, dan sebagainya.

3. Fitur Integrasi dengan Sosial Media

Fitur menarik lainnya untuk cara membuat form pendaftaran online di WordPress dengan plugin ini adalah Social Media Integration. Fitur ini memungkinkan pengaktifan login media sosial ke website Anda. Dengan begitu, pengguna jasa artikel akan lebih mudah masuk karena bisa menggunakan akses media sosial. Seperti Twitter, Facebook, Instagram, dan sebagainya.

4. Fitur Pembayaran

Fitur unggulan berikutnya dari RegistrationMagic adalah memungkinkan penerimaan pembayaran (payments). Jika Anda ingin mengenakan sejumlah biaya saat pengisian formulir pendaftaran, pembayaran bisa dilakukan secara langsung. Jenis pembayaran yang bisa dipakai yaitu dari Stripe, PayPal, Authorize.net. Jadi, baik Anda maupun pengguna terdaftar akan termudahkan.

Cara Menggunakan RegistrationMagic untuk Membuat Form Pendaftaran

Cara membuat form pendaftaran online di WordPress dengan RegistrationMagic, pertama klik menu “Registration Form”, lalu sudah tersedia contoh form yang bisa langsung dipakai. Namun Anda juga bisa membuat form sendiri dengan memilih menu “New Form”. Berikutnya Anda menjumpai popup lalu isikan nama formulir beserta jenisnya.

Setelah dilengkapi lalu pilih ‘Save’. Kemudian, Anda sudah bisa memakai form builder. Fungsinya untuk menambahkan widget, field, dan desain formulir lalu arahkan mouse dan klik ‘Fields’. Berikutnya Anda akan masuk ke menu ‘Fields Manager’ di mana beragam Field bisa ditambahkan melalui menu ‘Add Fields’.

Step selanjutnya Anda akan menjumpai popup yang isinya beberapa fields seperti username, email, password, text area, checkbox, dan beberapa yang lain. Pilih fields yang Anda inginkan dengan klik, lalu pilih ‘Add Form’. Fields yang telah dipilih tersebut dapat diubah atau diatur letaknya sesuai keinginan.

Selain fields, Anda bisa menambahkan beragam widget dengan cara pilih opsi ‘MagicWidget’. Beberapa widget yang bisa ditambahkan antara lain Heading, Paragraph, Spacing, Link, dan masih banyak lagi. Pilih widget berdasarkan kebutuhan dan atur sesuai keinginan. Sebelum menerbitkannya, periksa kembali dengan memilih menu ‘Preview’.

Kualitas website salah satunya bisa dinilai dari konten. Jadikan konten website Anda bermutu dengan menggandeng penulis handal. SahabatArtikel adalah jasa penyedia artikel semua niche yang terjamin mutunya serta harga penulis artikel yang terjangkau. Hubungi 0857-7777-5545 melalui telepon/SMS/WA untuk kebutuhan konten artikel Anda. Cara membuat form pendaftaran online di WordPress sangat mudah untuk Anda coba dan aplikasikan.

Scroll to Top